Belajar Berdasar Regulasi Diri dan Dukungan Sosial sebagai Prediktor Prestasi Belajar Matematika

Ilham Khaliq, Asmadi Alsa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi prestasi belajar matematika berdasar belajar regulasi diri (BBRD) dan dukungan sosial. Subjek penelitiannya adalah 138 siswa
SMK jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK “A” di Situbondo, Jawa Timur. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala belajar berdasar regulasi diri, skala
dukungan sosial, dan dokumentasi hasil belajar matematika. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis regresi dua prediktor melalui perangkat lunak SPPS. Hasil analisis regresi
mempreoleh nilai F regresi=70,161; R 2 =0,510 dengan p<0,01. Ini berarti bahwa belajar berdasar regulasi diri dan dukungan sosial secara bersama-sama dapat memprediksi
prestasi belajar siswa. Namun, ketika dilihat secara parsial, ternyata belajar berdasar regulasi diri tidak berkorelasi dengan prestasi belajar matematika siswa ( r=0,151, t=1,770; p>0,05). Hal ini berbeda dengan dukungan sosial yang berkorelasi positif dengan prestasi belajar
matematika (r=0,619; t=10,182; p<0,01).

Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.22146/gamajop.7345

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Psikologi