MERINTIS PARADIGMA PEMBELAJARAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI

Nasarius Sudaryono
(Submitted 29 September 2015)
(Published 29 September 2015)

Abstract


Akhir-akhir ini dunia pendidikan dasar dan menengah diramaikan oleh dua isu utama. Isu pertama ialah Manajemen Berbasis Sekolah. Inti isu ini ialah idealisme agar setiap sekolah mengembangkan sendiri manajemennya dengan memperhatikan kebutuhan-kebutuhan stakeholders, dan tidak lagi secara penuh bergantung pada birokrasi pemerintah. Melalui model manajemen tersebut, masing-masing sekolah diharapkan mampu membangun akuntabilitas publiknya, hingga setiap unsur yang terlibat dapat pula dilibatkan baik dalam gagasan maupun pembiayaan pendidikan. Isu kedua ialah rencana diberlakukannya Kurikulum Berbasis Kompetensi mulai tahun 2004 nanti. Pada saat ini persiapan pemberlakuan kurikulum tersebut telah sampai pada tahap piloting draft kurikulum di beberapa sekolah di tanah air.


Full Text: PDF

DOI: 10.22146/bpsi.7452

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2015 Buletin Psikologi