The Effect of Cooperative Learning on Learning Motivation: A Meta-Analysis
Abstract
Keywords
DOI: 10.22146/buletinpsikologi.59583
References
Adliyani, Z. O. N. (2015). Pengaruh Perilaku Individu terhadap Hidup Sehat. Jurnal Majority, 4(7), 109–114.
Ahmad, F. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Terpadu Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Tabulahan Kab. Mamasa. Sainsmat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 5(2), 137–142. https://doi.org/https://doi.org/10.35580/sainsmat5232412016
Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratid/KTI). Kencana. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/pe.v1i02.39
Alghamdy, R. Z. (2019). EFL Learners’ Reflections on Cooperative Learning: Issues of Implementation. Theory and Practice in Language Studies, 9(3), 271–277.
Anggraini, I. S. (2016). Motivasi Belajar dan Faktor-faktor yang Berpengaruh: Sebuah Kajian pada Interaksi Pembelajaran Mahasiswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(2), 168–181. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/pe.v1i02.39
Asih, T. (2018). Perkembangan Tingkat Kognitif Peserta Didik di Kota Metro. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2(1), 9–17. https://doi.org/https://doi.org/10.32502/dikbio.v2i1.909
Cleopatra, M. (2015). Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2), 168–181. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v5i2.336
Darmawan, D. M. (2018). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT. Basic Education, 7(13), 1281–1290.
Daud, F. (2012). Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Motivasi Belajar terhadap Hasul Belajar Siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 19(2), 243–255.
Dhitaningrum, M., & Izzati, U. A. (2013). Hubungan antara Persepsi Mengenai Dukungan Sosial Orang Tua dengan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Gondang Kabupaten Tulungagung. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 1(2).
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93–196. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Feist, J., & Feist, G. J. (2008). Theories Of Personality. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ghaith, G. M. (2018). Teacher Perceptions of the Challenges of Implementing Concrete and Conceptual Cooperative Learning. Issues in Educational Research, 28(2), 385–404. https://www.iier.org.au/iier28/ghaith.pdf
Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 81–86.
Hamzah, U. S., & Nasri, N. M. (2020). Persepsi Murid terhadap Pembelajaran Kooperatif dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris Sekolah Rendah. International Journal of Modern Education, 2(7), 128–140.
Hanafy, M. S. (2017). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5
Hergenhahn, B. R., & Olson, M. H. (2015). Theories of Learning. Jakarta: Kencana.
Hidayati, L. A., Kharisma, I., & Satriani, I. (2018). Students ’Perception in Applying Cooperative Learning in Efl Classroom. Eternal English, Teaching, Learning, and Research Journal, 4(1), 16–30.
Himawan, P., M., R. M., A., R. N., & S., N. M. (2018). Model Pembelajaran Kelompok Sistem Perilaku: Behavior System Group Learning. Universitas Negeri Yogyakarta.
Indriani, A. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Kelas V terhadap Prestasi Belajar Matematika di SD Negeri Bejirejo Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 134–139. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jipm.v4i2.848
Ismawati, N., & Hindarto, N. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Struktural Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(1), 38–41. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpfi.v7i1.1067
Istanti, R. (2015). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Gadingan. Basic Education, 5(12), 1–8.
Jamal, S. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 2 Srumbung. Social Studies, 6(4), 469–479.
Laila, N., Hariyono, & Sumarmi. (2017). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(2), 123–129.
Mawarsih, S. E., Susilaningsih, & Hamidi, N. (2013). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri Jumapolo. Jupe-Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(3).
Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4), 441–451. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i4.156
Nurnawati, E., Yulianti, D., & Susanto, H. (2012). Peningkatan Kerjasama Siswa SMP melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Think Pair Share. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 1(1), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/upej.v1i1.764
Page, M. J., McKenzie, J. E., Bossuyt, P. M., Boutron, I., Hoffmann, T. C., & Mulrow, C. D. (2021). The PRISMA 2020 Statement: an Updated Guideline for Reporting Systematic Reviews. International Journal of Surgery, 88(105906). https://doi.org/10.1016/j.ijsu.2021.105906
Pakarya, Y. (2008). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif pada Pembelajaran Sejarah. Jurnal Inovasi, 5(2).
Putri, S. R. (2018). Pengaruh Penerimaan Oleh Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMP dan SMA Muhammadiyah Se-Kota Binjai. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 1(3), 1105–1111. https://doi.org/https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v1i3.2251
Qudsyi, H., Indriaty, L., Herawaty, Y., Saifullah, Khaliq, I., & Setiawan, J. (2011). Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA. Proyeksi: Jurnal Psikologi, 6(2), 34–49. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30659/jp.6.2.34-49
Rahman, M. F. (2014). Pengaruh Dukungan Orang Tua dan Fasilitas Belajar di Sekolah terhadap Prestasi Belajar melalui Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Ungaran. Economic Education Analysis Journal, 3(2), 410–417.
Raksun, A. (2009). Implementasi Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram pada Matakuliah Biologi Dasar. Jurnal Pijar MIPA, 4(1), 6–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29303/jpm.v4i1.175
Retnawati, H., Apino, E., Kartianom, Djidu, H., & Anazifa, R. D. (2018). Pengantar Meta Analisis. Yogyakarta: Parama Publishing.
Rini, D. S., & Amin, S. M. (2013). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Berbasis Tutor Sebaya pada Materi Himpunan di Kelas VII-G SMPN 1 Semanding Kab. Tuban. Jurnal Matematika, 2(2).
Rosita, I., & Leonard. (2015). Meningkatkan Kerja Sama Siswa melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v3i1.108
Saputra, H. D., Ismet, F., & Andriza. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25–30. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168
Sujiantari, N. K., Sujana, I. N., & Zukhri, A. (2016). Pengaruh Reward dan Punishment terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS (Studi pada SMP Negeri 1 Singaraja Kelas VIII Tahun Ajaran 2015/2016). Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 7(2), 2012. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpe.v7i2.7573
Sulasmi, N. M., Lasmawan, I. W., & Landrawan, I. W. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn di Kelas X 2 SMA Negeri 2 Banjar Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 2(1), 1–12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jpku.v2i1.615
Sulfemi, W. B. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Berbantu Audio Visual dalam Meningkatkan Minat, Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 4(1), 13–19. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v4i1.1204
Sulistyo, I. (2016). Peningkatan Motivasi Belajar dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif TGT pada Pelajaran PKN. Jurnal Studi Sosial, 4(1), 14–19.
Suparno, P. (2001). Teori Perkembangan Kognitif. Kanisus.
Suparta, D. G., Lasmawan, I. W., & Marhaeni, A. A. I. N. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make a Match terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan Dasar Genesha, 5(1), 1–12.
Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1), 73–82. https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.144
Susilo, Y. (2013). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Tegether (Nht) Materi Ajar Perbandingan dan Fungsi Trogonometri pada Siswa Kelas X. MATHEdunesa, 2(2).
Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Prestasi Pustaka Publisher.
Wedyawati, N., & Lisa, Y. (2019). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Deepublish.
Widoyoko, S. E. P., & Rinawat, A. (2012). Pengaruh Kinerja Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(2), 278–289. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v5i2.1563
Widyati, W. (2014). Belajar dan Pembelajaran Perspektif Teori Kognitivisme. Jurnal Biologi Science & Education, 3(2), 177–187. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33477/bs.v3i2.521
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Buletin Psikologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.