Implementasi Penerapan WHO Code Dalam Pembatasan Produk Penganti ASI Susu Formula Studi Kasus PT. Tigaraksa Satria, Tbk Cabang Yogyakarta

https://doi.org/10.22146/bkm.45212

ronny soviandhi(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak:

 

  • Judul 

Implementasi Penerapan WHO Code Dalam Pembatasan Produk Penganti ASI Susu Formula Studi Kasus PT. Tigaraksa Satria, Tbk Cabang Yogyakarta  

  • Tujuan 

Untuk melihat implementasi penerapan WHO Code Pemasaran produk Pengganti ASI susu formula oleh PT. Tigaraksa Satria Cabang Kota Yogyakarta terhadap channel-channelnya

  • Metode 

Peneletian Kualitatif dengan studi kasus mengenai implementasi penerapan WHO Code Pemasaran Produk Pengganti ASI susu formula oleh PT. Tigaraksa Satria Cabang Kota Yogyakarta. Deep interview dengan aktor-aktor implementator kebijkan.

  • Hasil 

Implementasi penerapan WHO Code Code Pemasaran Produk Pengganti ASI susu formula oleh PT. Tigaraksa Satria Cabang Kota Yogyakarta sudah dilaksanakan dengan baik kepada channel-channelnya ini dibuktikan dengan tanda terima surat pemberitahuan WHO Code dan wawancara dengan buyer dan user

  • Kesimpulan 

Implementasi penerapan WHO Code Pemasaran Produk Pengganti ASI susu formula oleh PT. Tigaraksa Satria Cabang Kota Yogyakarta agar lebih maksimal dengan perlu adanya dukungan dari aktor-aktor yang bertanggung jawab pada produksi (principal), distributor, petugas kesehatan dan masyarakat user

  • Keywords 

Implementasi, WHO Code, Susu Formula


Keywords


Implementasi, WHO Code, Susu Formula



References

Aristiati, K., & Hamam, S. (2015). What Works to Improve Duration of Exclusive Breastfeeding : Lessons from the Exclusive Breastfeeding Promotion Program in Rural I ndonesia. Maternal and Child Health Journal, 1515– 1525. https://doi.org/10.1007/s10995-014-1656-z

Hidayana, I., Februhartanty, J., & Parady, V. A. (2016). Violations of the International Code of Marketing of Breast-milk Substitutes : Indonesia context, 20(1), 165–173. https://doi.org/10.1017/S1368980016001567

Piwoz, E. G., & Huffman, S. L. (2015). The Impact of Marketing of Breast-Milk Substitutes on WHO-Recommended Breastfeeding Practices, 36(4), 373–386. https://doi.org/10.1177/0379572115602174

Rina, B., Spagnoletti, M., Bennett, L. R., Kermode, M., Rina, B., Spagnoletti, M., … Kermode, M. (2018). Moralising Rhetoric and Imperfect Realities : Breastfeeding Promotions and the Experiences of Recently Delivered Mothers in Urban Yogyakarta , Indonesia Moralising Rhetoric and Imperfect Realities : Breastfeeding Promotions and the Experiences of Recently Delivered. Asian Studies Review, 42(1), 17–38. https://doi.org/10.1080/10357823.2017.1407291

Research, Sigma. 2017. Perilaku Penggunaan Susu Formula di Indonesia. Diunduh dari: http://sigmaresearch.co.id/perilaku-penggunaan-susu- formula-di-indonesia-2017/

Roesli, Utami. 2013. Pengenalan Kode Pemasaran Pengganti Asi Internasional. Diunduh dari : http://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/pengenalan-kode- pemasaran-pengganti-asi-internasional

WHO. (1981). International Code of Marketing of World Health Organization.

WHO. (2018). MARKETING OF BREAST-MILK SUBSTITUTES : NATIONAL IMPLEMENTATION OF THE INTERNATIONAL CODE STATUS REPORT 2018.



DOI: https://doi.org/10.22146/bkm.45212

Article Metrics

Abstract views : 961 | views : 2640

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Berita Kedokteran Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Berita Kedokteran Masyarakat ISSN 0215-1936 (PRINT), ISSN: 2614-8412 (ONLINE).

Indexed by:


Web
Analytics Visitor Counter