Intervensi kampanye isi piringku pada siswa-siswi SD dalam upaya memperbaiki status gizi

https://doi.org/10.22146/bkm.45166

Vina Mahardika Kencana(1), Fadhilatul Karimah(2*)

(1) Universitas Gadjah Mada
(2) Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang: Indonesia masih menghadapi permasalahan gizi yang berdampak serius terhadap kualitas sumber daya manusia (SDM). Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Tahun 2013, secara nasional prevalensi kurus (menurut IMT/U) pada anak usia 5-12 tahun adalah 11,2 %. Prevalensi anak usia 5-12 tahun dengan status sangat kurus paling tinggi berada di wilayah Nusa Tenggara Timur yaitu sebanyak 7,8%. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan mengkampanyekan Isi Piringku.

Isi: Melalui kegiatan Ekspedisi Nusantara Jaya 2018 yang dinaungi oleh Kementerian Koordinator Kemaritiman Republik Indonesia, penulis tergabung dalam Tim UGM Divisi Kesehatan untuk melaksanakan pengabdian masyarakat di Kecamatan Hawu Mehara Kabupaten Sabu Raijua Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kegiatan diawali dengan assesment tinggi badan dan berat badan siswa-siswi kelas 4 sampai 6 SD yang ada di 4 Sekolah Dasar. Hasil assesment menunjukkan bahwa rata-rata tinggi badan siswa-siswi yaitu 126 cm dengan rata-rata berat badan 23,42 kg. Berdasarkan hasil assesment, maka penulis bersama tim memutuskan untuk melakukan kampanye Isi Piringku ke sekolah-sekolah tersebut. Kegiatan dilakukan sesuai dengan kondisi yang ada dengan memperhatikan sasaran seperti sosialisasi gizi seimbang dengan contoh sumber makanan yang tersedia di wilayah tersebut, menyanyikan lagu edukatif, bermain permainan edukatif dan membagikan stiker, sehingga siswa-siswi mudah memahami dengan baik.

Lesson Learned: Selama pelaksanaan kegiatan, tim mengalami beberapa kendala seperti terbatasnya transportasi, komunikasi/bahasa dan media kampanye. Namun demikian, kendala tersebut dapat diatasi dengan adanya dukungan dari pihak sekolah maupun masyarakat setempat. Hal ini membuktikan bahwa partisipasi masyarakat dan pihak-pihak terkait sangat berpengaruh terhadap keberhasilan suatu kegiatan maupun program.


Keywords


Gizi kurang; Isi Piringku



References

Riset Kesehatan Dasar Tahun 2013 Pedoman Gizi Seimbang



DOI: https://doi.org/10.22146/bkm.45166

Article Metrics

Abstract views : 4322 | views : 4360

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Berita Kedokteran Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Berita Kedokteran Masyarakat ISSN 0215-1936 (PRINT), ISSN: 2614-8412 (ONLINE).

Indexed by:


Web
Analytics Visitor Counter