Meningkatkan literasi mengurangi stigma tuberkulosis

https://doi.org/10.22146/bkm.44034

Ida Nur Faizah(1*)

(1) Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Purpose: Indonesia sebagai negara peringkat ke dua tertinggi tuberkulosis di dunia menjadikan masyarakat rentan terserang penyakit menular. Kurangnya pemahaman mengenai tanda dan gejala, serta pengobatan tuberkulosis membuat peningkatan stigma di masyarakat semakin meluas. Indonesia dengan budaya sosial yang tinggi beresiko membentuk stigma yang mampu menigkatkan penundaan diagnostik dan ketidakpatuhan pengobatan. Hal ini dapat mempengaruhi status mental pasien TB untuk mengalami ketakutan sehingga dapat memunculkan gangguan psikosomatik, depresi hingga berujung pada kematian karena tidak adanya pengobatan. Tujuan penelitian ini adalah memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang gejala dan penanganan untuk deteksi dini, serta membantu pasien TB mendapat dukungan dalam pengobatan lewat supportive system dalam masyarakat.

Content: Intervensi komunitas diberikan lewat pelatihan kepada kader kesehatan pada tiap dusun dalam wilayah kecamatan untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat mengenai gejala, penularan, pengobatan dan pencegahan, serta materi tentang stigma tuberkulosis dan penanggulangan lewat gerakan budaya 5S (senyum, salam, sapa, sopan dan santun) kepada penderita TB. Pemberian materi dapat menggunakan psikodrama agar pesan yang tersampaikan lebih mengena.

Lesson learnt: Setiap masyarakat Indonesia berhak mendapat penanganan kesehatan  yang layak. Stigma dapat menurunkan tingkat kesehatan lewat penundaan diagnosis dan penanganan. Penyuluhan kepada masyarakat lewat kader mampu mengurangi perluasan risiko penularan penyakit TB. Indonesia berbudaya lewat gerakan 5S menguatkan budaya gotong royong yang selama ini tertanam. Psikodrama sebagai salah satu terapi jiwa mampu mengetuk hati masyarakat untuk menurunkan stigma.


Keywords


stigma; tuberkulosis; psikodrama; kader kesehatan




DOI: https://doi.org/10.22146/bkm.44034

Article Metrics

Abstract views : 270

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Berita Kedokteran Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Berita Kedokteran Masyarakat ISSN 0215-1936 (PRINT), ISSN: 2614-8412 (ONLINE).

Indexed by:


Web
Analytics Visitor Counter