Tenaga kesehatan sebagai contoh perilaku hidup sehat di masyarakat: penelitian kualitatif

https://doi.org/10.22146/bkm.40537

Agustina Arundina Triharja Tejoyuwono(1*)

(1) Universitas Gadjahmada/Universitas Tanjungpura
(*) Corresponding Author

Abstract


Objective : Kode etik profesi dokter, ahli gizi dan perawat secara jelas menyatakan kewajibannya untuk menjadi contoh dalam menjalankan perilaku hidup yang sehat di masyarakat, yang diartikan dengan menerapkan aktivitas fisik dan mengkonsumsi makanan yang seimbang. Akan tetapi, berdasarkan empat penelitian di Indonesia ditemukan bahwa kebiasaan olahraga dan konsumsi sayur dan buah pada tenaga kesehatan masih rendah, hal ini dianggap akan berakibat pada pelayanan kesehatan yang diberikan. Penelitian ini mendeskripsikan pandangan tenaga kesehatan dan masyarakat terhadap peran tenaga kesehatan sebagai contoh perilaku hidup sehat.   

Methods: Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2016 dengan pendekatan kualitatif fenomenologi. Wawancara mendalam pada 5 informan dari profesi dokter, perawat dan ahli gizi, dan 1 kali diskusi kelompok terarah pada masyarakat yang diwakili oleh 5 orang Kader Posbindu di daerah Sayegan.

Results            : Peran sebagai contoh dianggap sebagai sebuah pilihan bukan merupakan kewajiban, walaupun mereka menyadari bahwa tenaga kesehatan adalah lini terdepan dalam memberikan contoh perilaku hidup sehat dan perilaku mereka akan ditiru oleh masyarakat. Pendapat tenaga kesehatan ini disetujui oleh masyarakat dan diperkuat bahwa kebiasaan hidup sehat seharusnya dipraktikkan terlebih dahulu dan dilakukan bukan karena pencitraan maupun paksaan, akan tetapi karena rasa tanggungjawab dan komitmen. Berdasarkan hasil pengamatan seluruh informan, perilaku tenaga kesehatan saat ini masih belum sehat dinilai dari pemilihan jenis makanan, olahraga, merokok dan membersihkan rumah. Tenaga kesehatan yang bekerja di puskesmas juga dirasakan lebih memiliki pengaruh yang kuat sebagai contoh perilaku hidup sehat di masyarakat daripada yang bekerja di rumah sakit.

Conclusion : Menerapkan perilaku hidup sehat seharusnya dilakukan terlebih dahulu oleh tenaga kesehatan, sebagai seorang profesional di bidang kesehatan yang dicontoh dan ditiru oleh masyarakat. Oleh karena itu, perlu dilakukan penguatan dan strategi peningkatan peran tenaga kesehatan yang tepat sebagai contoh perilaku hidup sehat di masyarakat.

 


Keywords


Tenaga Kesehatan, Contoh, Perilaku Hidup Sehat, Kualitatif




DOI: https://doi.org/10.22146/bkm.40537

Article Metrics

Abstract views : 2562 | views : 1186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Berita Kedokteran Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Berita Kedokteran Masyarakat ISSN 0215-1936 (PRINT), ISSN: 2614-8412 (ONLINE).

Indexed by:


Web
Analytics Visitor Counter