Journal History

Berita Kedokteran Masyarakat adalah jurnal ilmiah di bidang Kesehatan Masyarakat yang diterbitkan sejak tahun 1985 oleh Prodi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada yang bekerja sama dengan Perhimpunan Dokter Kedokteran Komunitas dan Kesehatan Masyarakat Indonesia (PDK3MI) dan Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI).

Jurnal Berita Kedokteran Masyarakat (BKM) diterbitkan empat bulan sekali sejak terbit tahun 1985, kemudian sejak tahun 2016 (Volume 32) BKM diterbitkan setiap bulan/12 kali dalam satu tahun. BKM pada tahun 2012 sampai tahun 2015 pernah vakum tidak menerbitkan artikel karena adanya transisi pengelola jurnal sehingga pada tahun 2016 BKM kembali aktif dengan menambahkan frekuensi terbit menjadi 12 edisi atau terbit setiap bulan.

Sejak Januari 2018, Berita Kedokteran Masyarakat sudah tersedia online dengan nomor ISSN 2614-8412 (online) sehingga para penulis dan peneliti bisa lebih mudah mengakses hasil-hasil penelitian yang telah dipublikasikan di Berita Kedokteran Masyarakat. Selain itu, pengiriman artikel penelitian ke Berita Kedokteran Masyarakat hanya dapat dilakukan melalui sistem daring (online submission).

Artikel yang terbit di jurnal ini telah melalui proses review secara blind review oleh satu/ dua orang reviewer/ mitra bebestari. Para reviewer kemudian membuat keputusan berdasarkan rekomendasi dengan beberapa kemungkinan: ditolak, revisi mayor, revisi minor, atau diterima. 

 

Berita Kedokteran Masyarakat terlah terindeks di

  1. Indonesia Publication Index (IPI)
  2. Google Scholar
  3. Microsoft Academic
  4. Crossref