Studies of Blood Pressure in Primary School Children in a Rural Area in Indonesia



A. Samik Wahab A. Samik Wahab(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Telah diukur tekanan darah pada 506 anak sekolah yang berumur antara 6-14 tahun dan terdiri atas 227 anak laki-laki dan 279 anak wanita. Sampel ini diambil secara duster dan acak dari suatu populasi anak sekolah di pedesaan. Tekanan darah ini diukur pada anak sekolah clari 17 sekolah dasar kecamatan Sewon, Bantu!, Daerah lstimewa Yogyakarta. 17 sekolah ini merupakan sampel dari seluruh sekolah dasar yang ada di kecamatan Sewon.
Alat yang dipakai untuk mengukur adalah sphygmomanometer bahan air raksa, dan pengukuran dilakukan oleh hanya sacs orang. Semua anak mula•mula diukur tekanan darahnya pada posisi duduk, kemudian pada posisi telentang.
Hasilnya pada posisi duduk tekanan darah sistolik berbeda secara bermakna antara anak lakilaki dan wanita, kecuali pada anak umur 6 tahun. Demikian juga tekanan darah diastolik, kecuali pada anak umur 14 tahun.
Tekanan darah pada posisi duduk dan tidur berbeda bermakna balk pada laki-laki maupun pada wanita.

Key Words: blood pressure - rural primary school children - systolic pressure - diastolic pressure





Article Metrics

Abstract views : 156 | views : 123




Copyright (c)



View My Stats

 

Creative Commons License
Journal of the Medical Sciences (Berkala Ilmu Kedokteran) by  Universitas Gadjah Mada is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.ugm.ac.id/bik/.