Holistic Approach in Traditional and Modern Medicine



T. Jacob T. Jacob(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Uraian ini meneatat adanya perhatian yang meningkat terhadap pengobatan tradisional di dunia didalam dasawarsa terakhir, dan berbagai macam reaksi yang timbul terhadap kebangkitan itu dari kalangan kedokteran modern. Penulis menganggap aspek holisma sebagai hal yang.ter• penting pada pengobatan tradisional yang harus diambil oleh kedokteran modern, .diantara berbagai perbedaan yang terdapat diantara kedua system itu.
Aspek ini menjadi lebih penting, karena adanya hyperspesialisasi dan modemisasi dalam kedokteran, massifikasi pelayanan kesehatan serta industrialisasi, dan terurama terasa dalam kedokteran populasi dan kedokteran pedesaan. Dengan pengharripiran holistis, pasien baik berupa individu maupun populasi dilihat sekurang.kurangnya pada tiga peringkat system hayat.
Holisma juga akan melihat manusia sebagai makhluk biokultural yang berevolusi dan memperlakukan tiap-tiap pasien secara unik dan with. Holisma tak dapat tidak akan memperhatikan ethika kedokteran dan keadilan distributif dalam pelayanan kesehatan. Berbagai proses dalam berhadapan dengan penyakit sejak dari diagnosis sampai rehabilitasi akan dilihat dalam matrix yang Inas. Hal ini akan mempengaruhi dan perlu dicerminkan dalam pendidikan kedokteran.

Key Words: holism - traditional medicine - modern medicine - concept of disease - traditional





Article Metrics

Abstract views : 178 | views : 105




Copyright (c)



      

Creative Commons License
Journal of the Medical Sciences (Berkala Ilmu Kedokteran) by  Universitas Gadjah Mada is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.ugm.ac.id/bik/.