Gnathostoma spinigerum and Human Gnathostomiasis



Marsetyawan Soesatyo Marsetyawan Soesatyo(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


G. spinigerum adalah sejenis Nematoda yang hidup sebagai parasit pada Carnivore seperti kucing, anjing, harimau dsb. Infeksi pada manusia banyak terjadi di kalangan masyarakat penggemar makan ikan air tawar mentah atau setengah matang, yang mengandung larva infektif G. spinigerumtingkat rig-a.
Manusia merupakan incidental host, sehingga tidak memungkinkan perkembangan larva cacing menjadi bentuk dewasa, tetapi larva ini di dalam tubuh manusia dapat bermigrasi ke seluruh organ dan menimbulkan gejala-gejala penyakit yang berbeda-beda, tergantung pada organ apa yang terserang. lnfeksi G. spinigerum pada sistem saraf pusat umumnya bersifat fatal, dengan gejala khas myeloensefalitis eosinofilik.
Sam ini belum ada obat yang bersifat efektif terhadap cacing Mi. Usaha menanggulangi penyakit ini hanyalah mencegah penyebaran dari second intermediate host ke manusia.

Key Words: Cnathostoma spinigerum - fresh-water fish - CNS-gnathostomiasis -myeloencephalitis - Nematoda





Article Metrics

Abstract views : 2091 | views : 534




Copyright (c)



View My Stats

 

Creative Commons License
Journal of the Medical Sciences (Berkala Ilmu Kedokteran) by  Universitas Gadjah Mada is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.ugm.ac.id/bik/.