Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Bakti Budaya: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Author Guidelines [Ketentuan Penulis]

  1. Menghasilkan naskah yang berkontribusi secara intelektual, baik pada gagasan, konsep, maupun teori dalam kaitannya dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan hilirisasi hasil  penelitian.
  2. Menyatakan bahwa naskah yang diserahkan adalah orisinal/milik sendiri atau kelompok penulis (jika ditulis secara bersama penulis lain) sebagai pemegang hak cipta.
  3. Naskah yang ditulis oleh lebih dari satu penulis harus ditentukan secara jelas terkait dengan penulis pertama, penulis koresponden, dan urutan selanjutnya sesuai dengan tingkat kontribusinya demi menghindari perselisihan tentang atribusi kredit akademik.
  4. Menyatakan bahwa naskah yang dikirim belum pernah dipublikasikan dan tidak sedang dalam proses untuk dipublikasikan di jurnal lain.
  5. Mengirimkan naskah yang sama ke beberapa jurnal dalam waktu yang relatif bersamaan adalah hal yang tidak etis.
  6. Penulis bertanggung jawab secara publik terhadap isi  naskah yang diterbitkan.
  7. Penulis menyampaikan sumber dana kegiatan jika ada.
  8. Setiap konflik kepentingan yang terkait dengan proses penulisan naskah harus dinyatakan dengan jelas.
  9. Penulis harus menghubungi pemimpin redaksi jika setelah mengirimkan naskah menemukan kesalahan pada teks artikel tersebut.

Article Guidelines [Ketentuan Umum Naskah]

  1. Naskah yang dimuat merupakan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat atau hilirisasi hasil penelitian.
  2. Naskah belum pernah dipublikasikan.
  3. Naskah ditulis dalam format ukuran A4 dengan spasi 1.0 dan menggunakan jenis huruf Garamond  dan disesuaikan dengan templat Jurnal Bakti Budaya.
  4. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia dengan menggunakan ragam bahasa ilmiah.
  5. Panjang naskah 6000-8000 kata, termasuk daftar pustaka dan lampiran.
  6. Apabila di dalam naskah terdapat foto atau gambar, dimohon menyertakan berkas (file) foto dan gambar dengan resolusi 72 dpi dan ukuran dimensi 800 x 600 pixel.
  7. Naskah dikirim dalam bentuk softcopy dan dengan format .doc atau .docx ke pos-el: baktibudaya.fib@ugm.ac.id.

Article Writing Structure [Sistematika Penulisan]

  1. Judul ditulis dengan padat dan ringkas.
  2. Nama, afiliasi, dan segala atribut penulis tidak perlu dicantumkan di dalam artikel.
  3. Abstrak disertakan dalam bahasa Indonesia dan Inggris, sebanyak 150-200 kata
  4. Kata kunci (keywords) ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris tidak lebih dari 5 kata.
  5. Tubuh naskah terdiri dari:
  • Pendahuluan: Bagian Pendahuluan berisi tentang identifikasi permasalahan lapangan, batasan masyarakat sasaran, dan relevansi program.
  • Pedekatan Pelaksanaan Program: Bagian ini mencakup uraian tentang pendekatan yang digunakan dalam pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat, misalnya pendekatan PRA (Participatory Rural Appraisal), pendampingan, service learning program, capacity building, atau pendekatan lainnya. Selain itu, dalam bab ini juga dijabarkan prosedur/tahap-tahap pelaksanaan program yang dilaksanakan.
  • Pelaksanaan Program: Bagian ini merupakan deskripsi rinci tentang pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat yang telah dilaksanakan di lapangan.
  • Refleksi Capaian Program: Bagian ini adalah uraian reflektif terhadap capaian hasil kegiatan PkM yang telah dilaksanakan. Demikian pula, bagian ini membahas secara rinci seberapa jauh keberhasilan dan tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaannya, baik secara metodologis maupun kemanfaatan kegiatan PkM bagi masyarakat sasaran.
  • Penutup: Kesimpulan terhadap pelaksanaan kegiatan PkM, antara lain: tingkat ketercapaian kegiatan PkM, dampak dan manfaat kegiatan PkM yang sudah terlihat, dan rekomendasi yang dapat diberikan bagi kegiatan serupa atau lanjutan di masa depan.
  • Daftar Pustaka: Ditulis mengikuti format APA (American Psychological Association). Sangat direkomendasikan kepada penulis untuk menggunakan Software Zotero atau Mendeley untuk mengelola penulisan Daftar Pustaka ini.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Naskah belum pernah diterbitkan dan tidak sedang dalam proses editorial jurnal lain.
  2. Naskah dikirimkan dalam format .doc atau .docx.
  3. Sertakan tautan situs web pada dalam sumber referensi jika ada.
  4. Naskah mengikuti gaya selingkung dan format penulisan referensi sesuai kriteria yang ditentukan dalam Author Guidelines dan template.
  5. Naskah merupakan luaran dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang telah diolah sedemikian rupa hingga berwujud artikel ilmiah.
  6. Naskah yang diserahkan adalah orisinal/milik sendiri sebagai pemegang hak cipta.
 

Copyright Notice

Terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan oleh penulis ketika menerbitkan artikel di Bakti Budaya: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, yakni sebagai berikut.

  • Penulis sepenuhnya setuju untuk menyerahkan publikasi artikel mereka ke Bakti Budaya: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0. Dengan demikian, para pembaca diizinkan untuk mengakses dan memanfaatkan karya tersebut dengan mencantumkan kepengarangan dan kredit publikasi dalam Jurnal ini.
  • Penulis diizinkan untuk membagikan karya secara online (repositori institusi atau lama web) dengan menyediakan referensi lengkap kepada Bakti Budaya: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat sehingga terwujud pertukaran pemikiran dan kutipan yang lebih luas dari artikel yang diterbitkan. (Dampak Akses Publik)
Creative Commons License Bakti Budaya: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat dilisensikan dengan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License atas seluruh karya di dalam laman website ini.

 

Privacy Statement

Bakti Budaya: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat menjamin bahwa data penulis, baik berupa posel, telepon, maupun alamat hanya akan digunakan untuk kepentingan publikasi di jurnal Bakti Budaya dan tidak akan diberikan kepada pihak lain dengan alasan apa pun.