Analisis Resiko Fuel System Terhadap Kasus Low Power Engine Performance pada Unit Asphalt Finisher di PT. PP Presisi

  • Reza Ananda Widada
  • Braam Delfian Prihadianto
  • Setyawan Bekti Wibowo
  • Harjono Harjono
Kata Kunci: Asphalt Finisher, Sistem Bahan Bakar, Kegagalan Kerja, Metode Kualitatif, Fault Tree Analysis, Analisis kegagalan

Abstrak

Sistem bahan bakar (fuel system) sangat berperan penting pada unit Asphalt Finisher BOMAG BF 800 C yang beroperasi di pekerjaan pengaspalan jalan. Performa engine dari unit Asphalt Finisher BOMAG BF 800 C akan menurun apabila tidak dilakukan pemeriksaan pada sistem bahan bakar dengan segera. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis sistem bahan bakar (fuel system) yang menjadi penyebab terjadinya low power engine performance pada unit Asphalt Finisher BOMAG BF 800 C. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah metode kualitatif dengan menggunakan analisis Fault Tree Analysis (FTA) dan Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) serta metode kuantitatif dengan menghitung mean time to failure (MTTF) dan mean time to repair (MTTR) sesuai dengan rekam jejak penggunaan dan perbaikan unit Asphalt Finisher BOMAG BF 800 C. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dinyatakan bahwa nilai RPN injektor bahan bakar adalah 324 dan filter bahan bakar adalah 168. Penghitungan tersebut yang membuat komponen-komponen tersebut menjadi komponen terkritis dalam kasus low power engine performance. Interval kegiatan perawatan yang ditentukan pada injektor bahan bakar adalah 84 jam dan filter bahan bakar adalah 35 jam.

Diterbitkan
2024-08-16
Bagaimana cara mengutip
Widada, R. A., Prihadianto, B. D., Wibowo, S. B., & Harjono, H. (2024). Analisis Resiko Fuel System Terhadap Kasus Low Power Engine Performance pada Unit Asphalt Finisher di PT. PP Presisi. Jurnal Teknologi Dan Rekayasa Alat Berat, 1(2), 23-29. https://doi.org/10.22146/jtrab.v1i2.11051