Listen to Music, Brighten Your Mood: Digital Library Recreation Via Spotify

  • Santi Delliana Universitas Kalbis, Jakarta, Indonesia
  • Enjela Pratiwi Universitas Kalbis, Jakarta, Indonesia
  • Fredi Wahyu Wasana Universitas Kalbis, Jakarta, Indonesia
  • Erlina Kusuma Sari Universitas Kalbis, Jakarta, Indonesia

Abstract

Generasi Z, yang tumbuh di era digital, menghadapi tekanan dan tantangan kesehatan mental. Musik diakui sebagai penenang stres dan pengatasi tekanan psikologis. Spotify, dengan lebih dari 500 juta pengguna aktif, memungkinkan pemilihan playlist sesuai suasana hati. Playlist menenangkan membantu meningkatkan konsentrasi dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Musik juga meningkatkan motivasi dan semangat belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Wawancara semi-struktur dan analisis konten dari narasi pengguna Spotify perpustakaan. Teknik purposive sampling digunakan untuk pemilihan lima (5) informan. Data wawancara dikategorikan dengan menggunakan open coding. Hasil menunjukkan bahwa pemanfaatan playlist Spotify di perpustakaan dapat memengaruhi suasana hati dan motivasi belajar pengguna. Ini dapat diimplementasikan sebagai fungsi rekreasi digital perpustakaan, melibatkan interaksi antara pengguna dan perpustakaan. Spotify yang mudah diakses dan menarik dapat menjadi alternatif rekreasi digital yang menarik bagi pengguna perpustakaan.

Published
2024-11-28
How to Cite
Delliana, S., Pratiwi, E., Wasana, F. W., & Sari, E. K. (2024). Listen to Music, Brighten Your Mood: Digital Library Recreation Via Spotify. Media Informasi, 33(2), 170-180. https://doi.org/10.22146/mi.v33i2.14752