Kepribadian Tokoh Utama Pada Cerpen Nāfiżah fī ad-Daur al-Khāmis wa aṡ-Ṡalāsīn Karya Najīb Mahfūz (Kajian Psikologi Sastra)

  • Adinda Damayanti Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Muhammad Walidin
  • Ulil Albab

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepribadian tokoh utama pada cerpen Nāfiżah fῑ ad-Daur al-Khāmis wa Ṡalāṡῑn karya Najib Mahfuz dengan menggunakan teori psikoanalisis Sigmund Freud. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan psikologi sastra. Hasil penelitian sebagai berikut: Kepribadian tokoh utama dipengaruhi oleh id, ego, dan superego. Id menunjukkan bahwa tokoh utama memiliki kepribadian yang sombong, tidak bertanggung jawab, penakut, emosional, dan nekat. Ego tokoh utama cenderung lemah sehingga membuatnya menjadi pribadi yang bimbang. Superego muncul ketika tokoh utama merasakan empati dan menasehati salah satu tamu undangannya untuk tidak bunuh diri. Ego dan superego tidak dapat menjalankan fungsinya untuk menghambat keinginan id yang mendorong tokoh utama untuk melakukan hal-hal buruk dan nekat. Kepribadian yang tetapkan pengarang pada tokoh utama cerpen Nāfiżah fῑ ad-Daur al-Khāmis wa Ṡalāṡῑn karya Najib Mahfuz telah sesuai dengan indikator fungsi id, ego, dan superego.  Pengarang menempatkan kepribadian tokoh utama sesuai dengan aspek id berupa tindakan yang buruk dan agresif. Aspek ego terlihat melalui pengambilan keputusan. Kemudian, aspek superego terdapat pada perilaku yang berkaitan dengan norma dan nilai moral.

Author Biography

Muhammad Walidin
  •  

References

Bartens, Kees (2005). Psikoanalisis Sigmund Freud. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Bustam, dan Betty Mauli Rosa (2015). Sejarah Sastra Arab dari Beragam Perspektif. Yogyakarta: Deepublish.
Freud, Sigmund (1923). The Ego and The Id. London: The International Psycho-analytical Library.
Freud, Sigmund (1913). The Interpretation of Dreams. New York: The Macmillan Company.
Hall, Calvin S (2019). Psikologi Freud. Yogyakarta: IRCiSoD.
Hamdi, Muhamad (2016). Teori Kepribadian: Sebuah Pengantar. Bandung: Alfabeta.
Mahfuz, Najib (1971). Syahr al-’Asal. Kairo: Darul Shuruq.
Minderop, Albertine (2011). Psikologi Sastra: Karya Sastra, Metode, Teori, dan Contoh Kasus. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Osborn, Reuben (2021). Marx and Freud. Yogyakarta: IRCiSoD.
Kusumajati, Aryani (2008). ‘Al-Qis}ah Al Qas}i>rah Mauqifu Wada’ Li Naji>b Mahfu>z (Dirasah Tahliliyah Sikolojiyah)’. UIN Sunan Kalijaga. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1275/.
Milson, Menahem (1972). ‘An Allegory of The Social and Cultural Crisis in Egypt: Walid Al-Ana by Najib Mahfuz’, International Journal of Middle East Studies, 3.3, 324–47. https://www.jstor.org/stable/162802.
Nurudin, Muhammad (2015). ‘Pemikiran Nasionalisme Arab Gamal Abdel Nasser Dan Implikasinya Terhadap Persatuan Umat Islam Di Mesir’, ADDIN, 9.1. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Addin/article/view/607.
Situmorang, Dina Evianna (2022). Thesis: Id Dominant of The Main Character 'Gone Girl' by Gillian Flynn: Psychological Approach. Batam: UPB. http://repository.upbatam.ac.id/1604/. Diakses pada 20 Juni 2023.
Widayadi, Tri (2008). ‘Al-Qis}ah Al Qas}i>rah “Syahr Al-Ab Mahfu>z (Dirasah Tahliliyah Sikolojiyah)’. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1196/.
Published
2023-12-31
How to Cite
Adinda Damayanti, Muhammad Walidin, & Ulil Albab. (2023). Kepribadian Tokoh Utama Pada Cerpen Nāfiżah fī ad-Daur al-Khāmis wa aṡ-Ṡalāsīn Karya Najīb Mahfūz (Kajian Psikologi Sastra) . Middle Eastern Culture & Religion Issues, 2(2), 193-211. https://doi.org/10.22146/mecri.v2i2.9601