Eksistensi Perempuan Dalam Novel Jumhuriyyatu Ka’anna Karya Alaa al-Aswany: Kajian Feminisme Eksistensialis Simone De Beauvoir

  • Nafila Azzahra Program Studi Kajian Budaya Timur Tengah, Universitas Gadjah Mada
Keywords: Feminisme, Eksistensi, Perempuan, Gender, Jumhuriyyatu Ka’anna

Abstract

Pembahasan mengenai permasalahan perempuan selalu menjadi topik menarik untuk diperbincangkan bagi banyak pihak. Tindakan diskriminatif dan marginalisasi perempuan bahkan sudah tidak asing terdengar dari seluruh lapisan masyarakat yang tak hanya terbatas pada dunia empiris, melainkan juga ditemukan dalam dunia literer.  Berangkat dari problematika tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk ketidakadilan sosial dan diskriminasi terhadap perempuan yang terjadi dalam novel Jumhuriyyatu Ka’anna karya Alaa al-Aswany sebagai refleksi problematika perempuan di dunia nyata serta mengetahui bentuk-bentuk perlawanan yang dilakukan para tokoh perempuan guna mewujudkan eksistensi dirinya. Sumber data utama pada penelitian ini diambil dari novel Jumhuriyyatu Ka’anna karya Alaa al-Aswany yang dikaji dengan pendekatan feminisme eksistensialis Simone de Beauvoir dan dianalisis dengan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya ketidakadilan sosial terhadap tokoh-tokoh perempuan berupa stereotip masyarakat yang membatasi gerak kaum perempuan, subordinasi perempuan, dan objektifikasi perempuan. Adapun bentuk perlawanan untuk menegaskan eksistensi diri tokoh-tokoh perempuan dalam novel dilakukan dengan cara bekerja, menjadi agen intelektual, menolak subordinasi, serta menjadi sosok berpengaruh di masyarakat. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman, khususnya kepada para perempuan untuk dapat mewujudkan eksistensi dirinya di masyarakat.

References

Al-Aswany, Alaa. (2018). Jumhuriyyatu Ka’anna. Beirut: Dar al-Adab.

Anwar, Ahyar. (2015). Teori Sosial Sastra. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Barker, Chris. (2004). Cultural Studies: Teori dan Praktek. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Beauvoir, Simone de. (1956). The Second Sex. (Parshley H.M., Penerjemah). London: Lowe and Brydone LTD.

Creswell, John W. (2013). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Israpil. (2017). Budaya Patriarki dan Kekerasan Terhadap Perempuan (Sejarah dan Perkembangannya). Pusaka: Jurnal Khazanah Keagamaan, Vol 5(2), 141-150.

Khurosan, Herpin Nopiandi. (2020). Performativitas Identitas Gender dan Seksualitas dalam Novel Imarah Yakubian karya Ala Al-Aswani. Jurnal Mimesis, Vol 1(2), 1-20.

Munaris, dan Joko Setyo Nugroho. (2021). Feminisme Eksistensialis dalam Novel Drupadi Karya Seno Gumira Ajidarma. Jurnal Litera, Vol 20 (2), 299-312.

Prameswari, N. P. L. M., Nugroho, W. B., & Mahadewi, N. M. A. S. (2019). Feminisme eksistensial Simone de Beauvoir: Perjuangan perempuan di ranah domestik. Jurnal Ilmiah Sosiologi, 1(2), 1-13.

Purnami, Kristanti dan Dedi Pramono. (2021). Eksistensi Perempuan dalam Novel Kitab Omong Kosong karya Seno Gumira Ajidarma: Kajian Feminisme Eksistensialis Simone de Beauvoir. Jurnal Mimesis, Vol 2(1), 54-62.

Sugihastuti, dan Suharto. (2016). Kritik Sastra Feminis: Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Syah, Firman, dkk. (2021). Eksistensi Perempuan Mesir dalam Novel Perempuan di Titik Nol karya Nawal El-Saadawai. Jurnal Az-Zahra, Vol 1(2), 66-77.

Tong, Rosemarie. (2009). Feminist Thought: A More Comprehensive Introduction. Colorado: Westview Press.

Published
2022-12-30
How to Cite
Azzahra, N. (2022). Eksistensi Perempuan Dalam Novel Jumhuriyyatu Ka’anna Karya Alaa al-Aswany: Kajian Feminisme Eksistensialis Simone De Beauvoir. Middle Eastern Culture & Religion Issues, 1(2), 116-132. https://doi.org/10.22146/mecri.v1i2.6382