Kata Tabu dalam Video PUBG Indonesia Kebodohan Bermain Saat Karantina: Bentuk, Fungsi dan Penyebab

  • Hafizh Qurrota Ayun Magister Bahasa dan Sastra Arab, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: PUBG, Wardhaugh, Timothy Jay

Abstract

Penelitian ini mengambil objek material video Youtube berjudul PUBG Indonesia Kebodohan Bermain Saat Karantina. Pemilihan objek disebabkan adanya penggunaan kata tabu dalam interaksi antar tokoh yang ada dalam video. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan jenis-jenis kata tabu pada video, fungsinya dan penyebab digunakannya kata tabu. Pada penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak dan catat. Dalam video ini didapati lima puluh data kata tabu, dengan acuan pengelompokan kata tabu yang disusun oleh Timothy Jay. Adapun untuk mengetahui fungsi dari kata tabu penelitian ini mengacu pada pandangan Wardhaugh tentang macam-macam fungsi kata tabu. Dan untuk menjawab apa penyebab dari penggunaan kata tabu, peneliti menganalisis dengan pendekatan yang dirumuskan Timothy Jay. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, terdapat lima jenis kata tabu yaitu sexual references, scatological referents and disgusting object, animal names, insulting references to perceived pyschological or socisal deviations dan offensive slang. Kedua, fungsi penggunaan kata tabu adalah untuk menghina dan mencari perhatian. Ketiga, adapun penyebabnya adalah ekspresi emosi, candaan dan keakraban.

References

Sudaryanto. 1990 Menguak Fungsi Hakiki Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
Allan, Kate dan Kate Burritdge, Forbiden Words Taboo and The Censoring of Language, New York: Cambridge University Press.
Manopo, Jesika Regina, 2014. Kata-Kata Tabu dalam Film Bad Teacher Karya Lee Eisen Berg dan Genen Stupnitsky Suatu Analisis Sosiolinguistik, Manado: Universitas Sam Ratulangi.
Wahyuni, Wika, Mahyuni dan Johan Mahyudi, September 2019. Ekspresi Tapu Bahasa Wanita pada Status dan Komnetar di Jejaring Sosial Instagram, Lingua Vol. 16 No 2.
Sari, Rini Purnama, 2012. Kata-kata Tabu dalam Novel Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas Karya Eka Kurniawan Tinjauan Antropolinguistik, UNESA Vol. 1 No. 1
Ratna, Nyoman Kuntha, 2015. Teori Metode dan Teknik Penelitian Sastra, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Trudgill, Peter, 1974. Sociolinguistics: An Introduction, Hardmonsworth: Pinguin Books.
Wardhaugh, Roland, 2006. An Introduction to Sociolinguistics, New York: Basil Blackwell.
Jay, Timothy, 2009. The Utility and Ubidquity of Taboo Words. Jurnal Prespective of Psychological Science vol. 4 no. 2.
Pautan Video:
Milhyha. 2020. PUBG Indonesia Kebodohan Bermain Saat Karantina . https://www.youtube.com/watch?v=TQv68wtddMw di akses pada 17 Januari 2021.
Inews Sore, 2019. MUI Kaji Game Terkait Kekerasan Seperti PUBG . https://www.youtube.com/watch?v=xyjj8Zm-zq4 di akses pada 17 Januari 2021.
Published
2023-03-22
How to Cite
Qurrota Ayun, H. (2023). Kata Tabu dalam Video PUBG Indonesia Kebodohan Bermain Saat Karantina: Bentuk, Fungsi dan Penyebab. Deskripsi Bahasa, 6(1), 28-37. https://doi.org/10.22146/db.v6i1.7061