Penamaan Objek Wisata di Wilayah Kabupaten Kuningan Jawa Barat

  • Didit Aditya Linguistics Master Program, Universitas Gadjah Mada
Keywords: Penamaan, Wisata, Kuningan

Abstract

Kabupaten Kuningan terletak di ujung timur provinsi Jawa Barat, tepatnya berada di kaki gunung Ciremai yang merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat. Secara geografis letak Kabupaten Kuningan sangat strategis karena berada di perbatasan antara dua provinsi yaitu provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah. Keindahan panorama alam, keunikan seni dan budayanya sebagai daya tarik bagi para wisatawan. Didukung dengan akses yang mudah serta infrastruktur yang memadai, Kabupaten Kuningan menjadi daerah tujuan wisata yang menarik. Dengan potensi wisata yang berlimpah keindahan alam pegunungan dan keunikan seni budaya sebagai potensi wisata, pemerintah Kabupaten Kuningan terus berupaya melakukan promosi melalui berbagai media. Pada sector wisata Kuningan merupakan salah satu wilayah yang memiliki banyak potensi alam. Di wilayah ini terdapat banyak objek wisata dengan pusatnya Gunung Ciremai sebagai salah satu Taman Nasional, pemandian air panas, wisata budaya, wisata sejarah, wisata religi dan lain-lain. Penamaan objek wisata merupakan salah satu hal terpenting yang tidak bisa dilewatkan begitu saja, nama yang menarik bahkan unik merupakan salah satu faktor yang akan membuat wisatawan penasaran dan tertarik untuk berkunjung. Objek penelitian yang digunakan adalah nama-nama objek wisata yang ada di wilayah Kabupaten Kuningan dengan analisis yang digunakan adalah etnosemantik untuk mengungkap asal usul dan latar belakang penamaan objek wisata di Kabupaten Kuningan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk satuan kebahasaan dalam penamaan, proses penamaan dan dinamika nama-nama objek wisata di wilayah Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kualitatif melalui observasi dan wawancara yang mendalam kepada beberapa informan dan objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk nama-nama objek wisata di Kabupaten Kuningan mempunyai bentuk kebahasaan tersendiri, yang meliputi Bahasa Sunda, Bahasa Indonesia, dan beberapa menggunakan bahasa Inggris. Nama-nama objek wisata juga dipengaruhi oleh tiga aspek dalam penamaan, yaitu: aspek perwujudan, aspek kemasyarakatan, dan aspek kebudayaan. Makna yang terkandung dalam nama-nama objek wisata di wilayah Kabupaten Kuningan lebih banyak dikarenakan unsur kebudayaan. Terdapat dinamika nama-nama objek wisata di Kabupaten Kuningan dengan tujuan untuk menarik wisatawan.

References

Chaer, Abdul. 2007. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Kosasih, Dede. 2010. Kosmologi Sistem Nama Diri (antroponim) Masyarakat Sunda: dalam Konstelasi Perubahan Struktur Sosial Budaya”. Seminar Hari Ibu. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Djajasudarma, Fatimah. T. 1993. Semantik 1: Pengantar ke Arah Ilmu Makna. Bandung: PT. Eresco.
Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Mardhoniawati, Alifa. 2016. “Toponimi Desa-Desa di Lampung: Sebuah Kajian Linguistik Antropologi”. (Tesis Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada). Yogyakarta.
Ogden, C. K. & Richards, I. A. 1923. The Meaning of Meaning. 8th Ed. New York, Harcourt, Brace & World, Inc.
Sudaryanto. 1986. Metode Linguistik Bagian Pertama Ke Arah Memahami Metode Linguistik. Yogyakarta: UGM Press.
Sudaryanto. 1988. Metode Linguistik Bagian Kedua Metode dan Aneka Teknik Pengumpulan Data. Yogyakarta: UGM Press.
Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistis. Yogyakarta: USD Press
Sudaryat, Yayat, dkk. 2009. Toponimi Jawa Barat (Berdasarkan cerita Rakyat). Bandung: Dinas Pariwiata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat.
Permadi, Tedi. 2012. “Toponimi Jalan Raya di Bandung”. Bandung: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas Pendidikan Indonesia.
Wijana, I Dewa Putu. 2015. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.
Wijana, I Dewa Putu. 2016. Metode Linguistik: Identifikasi Satuan-Satuan Lingual. Yogyakarta: A.Com Advertising Yogyakarta.
Published
2020-10-31
How to Cite
Aditya, D. (2020). Penamaan Objek Wisata di Wilayah Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Deskripsi Bahasa, 3(2), 170-181. https://doi.org/10.22146/db.v3i2.4091