Ranah Sumber Konseptualisasi Kemenangan Pascapemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019 dalam Media Sosial Twitter

  • Astrid Yulinda Putri Student of Department of Languages and Literatures, Universitas Gadjah Mada
Keywords: metafora, metafora konseptual, ranah sumber, kemenangan

Abstract

Metafora konseptual merupakan bentuk kebahasaan berupa ekspresi linguistik yang digunakan sebagai alat untuk melihat dan memahami sesuatu. Hal tersebut berhubungan erat dengan bahasa dan pikiran tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilator belakangi oleh pemetaan pola pikir masyarakat tentang kemenangan pascapemilihan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia tahun 2019 dalam media sosial
twitter. Adanya konseptualisasi dari satu masyarakat dengan masyarakat lain mengenai konsep kemenangan merupakan hasil dari cara berpikir secara kognitif. Masyarakat membangun konsep abstrak berupa kemenangan dalam media sosial twitter, dengan konsep lain yang lebih konkret atau biasa disebut dengan ranah sumber. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ranah sumber pada konseptualisasi kemenangan
pascapemilihan. Data dalam penelitian ini diambil dari cuitan (tweet) masyarakat Indonesia yang menggunakan media sosial twitter mengenai kemenangan. Pengambilan data dibatasi pascapemilihan dari tanggal 17 April 2019 hingga 30 Juni 2019. Berdasarkan pengamatan dan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia memetakan metafora kemenangan dalam berbagai konseptualisasi yang diwujudkan melalui ranah sumber. Berdasarkan 112 data yang telah dianalisis, selanjutnya diklasifikasikan menjadi sembilan ranah sumber metafora kemenangan, yaitu (1) manusia; (2) bangunan; (3) makanan; (4) cahaya; (5) alat; (6) permainan dan pertandingan; (7) perjalanan;(8) harta; dan (9) agama. Intensitas data didominasi oleh ranah sumber manusia serta permainan dan pertandingan, sedangkan intensitas yang paling sedikit ranah sumber agama dan bangunan.

Published
2019-10-07
How to Cite
Putri, A. Y. (2019). Ranah Sumber Konseptualisasi Kemenangan Pascapemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019 dalam Media Sosial Twitter. Deskripsi Bahasa, 2(2), 128-135. https://doi.org/10.22146/db.v2i2.352