Ekonomi Kreatif sebagai Poros Pengembangan Pariwisata di Kecamatan Kledung dan Bansari, Kabupaten Temanggung

https://doi.org/10.22146/jnp.60401

Esti Cemporaningsih(1*), Destha Titi Raharjana(2), Janianton Damanik(3)

(1) Pusat Studi Pariwisata, Universitas Gadjah Mada
(2) Pusat Studi Pariwisata, Universitas Gadjah Mada
(3) Pusat Studi Pariwisata, Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya potensi wisata dan ekonomi kreatif di Kledung dan Bansari, Temanggung yang beragam. Namun sayangnya pengelolaan yang dilakukan sejauh ini terkesan apa adanya tanpa konsep, arah, dan strategi yang jelas. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mensinergikan pengelolaan berbagai potensi wisata dan ekonomi kreatif tersebut supaya lebih dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar. Penelitian ini didekati secara deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, survey, observasi, dan FGD. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara rasional berdasarkan pola logika berfikir terntentu. Setelah itu data dikaitkan dengan gambaran perkembangan ekonomi kreatif sebagai penggerak pariwisata di lokasi tersebut. Pada akhirnya, hasil analisis akan diformulasikan untuk menarik kesimpulan terkait strategi pengembangan pariwisata berdasarkan ekonomi kreatif. Hasil penelitian ini adalah; 1) kopi Kledung dan keseinan Bansari adalah klaster ekonomi kreatif dengan pengelolaan yang cukup baik di antara klaster lain; 2) orientasi pengembangan pariwisata didasarkan pada penguatan sektor ekonomi kreatif sebagai titik tumpunya; 3) rendahnya kompetensi SDM menjadi fokus utama dalam pengembangan pariwisata berbasis ekonomi kreatif. Akhir penelitian ini menyimpulkan bahwa pegelolaan pariwisata dan ekonomi kreatif belum tersinergikan dengan optimal. Keadaan tersebut kemudian membawa implikasi terhadap formulasi konsep, arah dan strategi yang secara faktual tertuang dalam dokumen visi, misi, tujuan, dan sasaran pengembangan pariwisata berbasis ekonomi kreatif. Dokumen tersebut akan menjadi dasar para stakeholder terkait dalam pengembangan pariwisata berbasis ekonomi kreatif agar fokus dan terarah sehingga akan mendekatkan pada kesejahteraan.

 

Abstract

This research was motivated by the various tourism potential and creative economy in Kledung and Bansari, Temanggung. But unfortunately the management that has been carried out so far has been impressed without a clear concept, direction and strategy. Therefore, this study aims to synergize the management of various tourism potentials and the creative economy so that it can provide more welfare for the surrounding community. This research is approached descriptively qualitatively. Data obtained through in-depth interviews, surveys, observations, and FGD. The data obtained were then analyzed rationally based on certain logical patterns of thinking. After that the data is linked to the description of the development of the creative economy as a driver of tourism in that location. In the end, the results of the analysis will be formulated to draw conclusions regarding the tourism development strategy based on the creative economy. The results of this study are; 1) Kledung coffee and Kledung Bansari coffee are creative economy clusters with fairly good management among other clusters; 2) tourism development orientation is based on strengthening the creative economy sector as its fulcrum; 3) the low competency of human resources is the main focus in developing tourism based on the creative economy. The end of this study concludes that the management of tourism and the creative economy has not been optimally synergized. This situation then has implications for the formulation of concepts, directions and strategies which are factually contained in the document of the vision, mission, goals and objectives of tourism development based on creative economy. This document will be the basis for relevant stakeholders in developing tourism-based creative economy so that it is focused and directed so that it will draw closer to welfare.

Keywords


ekonomi kreatif; pariwisata; klaster ekonomi; rantai ekonomi; creative economy; tourism; economic cluster; economic chain

Full Text:

PDF


References

Corte, V., Sciarelli, M., Cascella, C., & Del Gaudio, G. (2015). Customer Satisfaction in Tourist Destination: The Case of Tourism Offer in The City of Naples. Journal of Investment and Management, 4, 39–50. https://doi.org/10.11648/j.jim.s.2015040101.16

Damayanti, M., & Latifah, L. (2015). Strategi Kota Pekalongan Dalam Pengembangan Wisata Kreatif Berbasis Industri Batik. Jurnal Pengembangan Kota, 3(2), 100. https://doi.org/10.14710/jpk.3.2.100-111

Dijk, M. P. V., & Sverrisson, Á. (2003). Enterprise Clusters in Developing Countries: Mechanisms of Transition and Stagnation. Entrepreneurship & Regional Development, 15(3), 183–206.

El Hasanah, L. L. N. (2018). Pengembangan Wirausaha Muda Ekonomi Kreatif Berbasis Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Studi Pemuda, 4(2), 268. https://doi.org/10.22146/studipemudaugm.36812

Fitriana, A. N., Noor, I., & Hayat, A. (n.d.). Studi tentang Industri Kreatif Sektor Kerajinan di Kota Batu. Jurnal Administrasi Publik, 2(2), 281–286.

Google Images. (n.d.). Tagline Wisata Daerah—Google Search. Retrieved February 15, 2020, from https://www.google.com/search?safe=strict&q=tagline+wisata+daerah&tbm=isch&source=univ&client=firefox-b-d&sa=X&ved=2ahUKEwjd0tes0NLnAhXayzgGHYvYDscQsAR6BAgKEAE

Howkins, J. (2001). The Creative Economy: How People Make Money from Ideas. Allen Lane.

Kusnandar, V. B. (2019). Jumlah Perjalanan Wisatawan Nusantara 2018 Tumbuh 12% | Databoks. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/07/03/jumlah-perjalanan-wisatawan-nusantara-2018-tumbuh-12

Meng, F., Tepanon, Y., & Uysal, M. (2008). Measuring Tourist Satisfaction by Attribute and Motivation: The Case of a Nature-Based Resort. Journal of Vacation Marketing, 14, 41–56. https://doi.org/10.1177/1356766707084218

Pitana, I. G. (2005). Sosiologi Pariwisata: Kajian Sosiologis Terhadap Struktur, Sistem, dan Dampak-Dampak Pariwisata. Andi.

Suwantoro, G. (2004). Dasar-Dasar Pariwisata. Andi.

Suwena, I. K., & Widyatmaja, I. G. N. (2017). Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata (Revisi). Pustaka Larasan.

Wulandari, L. W. (2014). Pengembangan Pariwisata Ekonomi Kreatif Desa Wisata Berbasis Budaya Sebagai Niche Market Destination (Studi Kasus Pengembangan Desa Wisata di Kabupaten. Aplikasi Bisnis, 16(9), 2140–2167.

Yoeti, O. A. (2008). Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. PT. Pradnya Paramita.

Yoon, Y., & Uysal, M. (2005). An Examination of The Effects of Motivation and Satisfaction on Destination Loyalty: A Structural Model. Tourism Management, 26(1), 45–56.



DOI: https://doi.org/10.22146/jnp.60401

Article Metrics

Abstract views : 3629 | views : 2947

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Jurnal Nasional Pariwisata

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 

PUSAT STUDI PARWISATA – Universitas Gadjah Mada, 

Bulaksumur Blok D-8, Caturtunggal, Depok, Sleman YOGYAKARTA, 55281

Telp. (0274) 564138 Faks. (0274) 564138

Email: pusparjnp@ugm.ac.id