Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Paradigma: Jurnal Multidispliner Mahasiswa Pascasarjana?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

     Penulis diminta untuk mengirimkan naskah elektronik secara online melalui https://jurnal.ugm.ac.id/paradigma/login. Pastikan artikel yang anda kirimkan memiliki topik penelitian yang sesuai dengan fokus dan topik Paradigma: Jurnal Multidipliner Mahasiswa Pascasarjana (Silahkan baca Focus and Scope). Naskah di luar topik dan ruang lingkup akan dikembalikan kepada penulis sebelum proses review.

  1. Naskah ditujukan kepada redaksi dengan surat pengantar yang menyatakan bahwa naskah tersebut tidak pernah dan tidak akan dipublikasikan di jurnal lain serta tidak terdapat benturan kepentingan atas nama penulis dan dana penelitian.
  2. Naskah diketik dengan program pengolah kata Microsoft Word, format satu kolom, rata kiri-kanan (justify), spasi tunggal (single), dan menggunakan font Times New Roman 12 (kecuali judul dan abstrak).
  3. Naskah menggunakan kertas ukuran A4 dengan panjang 8-12 halaman (termasuk gambar dan tabel)
  4. Naskah dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Setiap manuskrip harus disertai abstrak dengan jumlah kata 200-300 kata. Abstrak dilengkapi dengan maksimal lima kata kunci.
  5. Template lengkap artikel Jurnal Paradigma dapat diunduh disini

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Artikel yang akan dikirim belum pernah dipublikasikan sebelumnya, juga tidak dalam pertimbangan jurnal lain untuk dipublikasikan. Untuk membuktikan orisinalitas, Anda harus memberikan scan lembar orisinalitas yang telah ditandatangani di atas materai. Anda dapat mengunggah file ini dalam prosedur pengiriman sebagai file pendukung.
  2. Artikel dapat dikirim dalam format Microsoft Word.  Jika mengirimkan ke bagian peer-review dari jurnal, petunjuk dalam memastikan double-blind review telah diikuti.
  3. Jurnal Paradigma menyarankan untuk menggunakan aplikasi khusus sitasi (seperti Mendeley, Endnote maupun Bibliography di Ms. Word). Jika ada, URL untuk referensi harus tersedia. Untuk format kutipan dan referensi, ada dapat menggunakan aplikasi dekstop anda tentang manajemen referensi yang dapat diakses di website mendeley.
  4. Artikel menggunakan teks spasi tunggal (Single-spaced); ukuran font 12 pt; diutamakan menggunakan teks miring (italic) daripada teks garis bawah (kecuali untuk alamat URL); dan semua ilustrasi, gambar, dan tabel diletakkan di dalam teks pada titik yang sesuai, bukan di bagian akhir naskah.
  5. Teks artikel telah mematuhi persyaratan gaya dan bibliografi yang dijelaskan dalam pedoman penulis (Author Guidelines) yang terdapat dalam jurnal
  6. Jika artikel dikirimkan ke bagian reviewer jurnal, harap dipastikan mengikuti aturan blind review (menghapus identitas penulis maupun reviewer)
 

Copyright Notice

Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:

  1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulis dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat Pengaruh akses terbuka).

 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan dalam situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan yang disebutkan dalam jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau kepada pihak lain mana pun.