Editorial Policies

Focus and Scope

Pada terbitan pertama ini kami mengundang para Mahasiswa Pascasarjana di seluruh Indonesia untuk mempublikasikan tulisan-tulisannya di Paradigma: Jurnal Multidisipliner Mahasiswa Pascasarjana berupa artikel konversi dari thesis/disertasi, artikel penelitian, tinjauan pustaka, dan laporan kasus dalam berbagai bidang sebagai berikut:

  1. Sosial dan Politik
  2. Ekonomi dan Bisnis
  3. Hukum
  4. Kesehatan
  5. Lingkungan

 

Section Policies

Articles

Editors
  • Zilal Ajidin
  • Farisa Luthfiana
  • Yeni Marcelawati
  • Nur Siregar
  • Dida Wandayati
Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Review

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

PROSES REVIEW DAN KEPUTUSAN EDITORIAL

_______________________________________

Seluruh artikel yang dikirimkan ke Paradigma: Jurnal Multidisipliner Mahasiswa Pascasarjana harus memenuhi persyaratan-persyaratan yang telah ditentukan oleh editor junal (lihat Author Guideline). Artikel-artikel tersebut direview secara independen oleh dua atau lebih reviewer eksternal dalam bentuk Double-blind Review (kedua pihak tidak mengetahui identitas masing-masing). Reviewer dapat merekomendasikan untuk publikasi tanpa revisi, dengan revisi mayor/minor, atau ditolak. Keputusan artikel dapat dipublikasikan atau ditolak ditentukan berdasarkan pertimbangan dan rekomendasi reviewer. Dalam kondisi tertentu, editor mungkin memerlukan peninjauan lain sebelum membuat keputusan.

 

Sebagai catatan, proses review artikel membutuhkan waktu sekitar 3-4 minggu. Kami menghimbau para penulis untuk melacak status secara mandiri dan memeriksa email anda secara berkala. Semua komunikasi yang sesuai untuk proses ini akan diberitahu melalui email. Jika status artikel anda belum berubah, mohon tunggu sampai statusnya berubah.

 

 

 

Open Access Policy

Paradigma: Jurnal Multidisipliner Mahasiwa Pascasarjana menyediakan akses terbuka langsung ke isinya. Ini membawa prinsip bahwa membuat penelitian gratis (download) dan tersedia untuk umum mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.

 

Frekuensi Penerbitan

Jurnal Paradigma menerbitkan jurnal dua kali dalam satu tahun, yakni edisi Mei dan Oktober.

 

Etika Publikasi

Pernyataan ini mengklarifikasi perilaku etis dari semua pihak yang terlibat dalam tindakan menerbitkan artikel di Paradigma: Jurnal Multidisipliner Mahasiswa Pascasarjana, termasuk penulis, editor, peer-reviewer, dan penerbit (Unit Jurnal Paradigma Himpunan Mahasiswa Pascasarjana UGM). Pernyataan etika publikasi ini merujuk pada Committee on Publication Ethics (COPE).

Secara spesifik, berikut adalah uraian tentang etika publikasi yang setidaknya harus dipatuhi dalam proses editorial pengelolaan Jurnal Paradigma.


Pedoman Etika untuk Publikasi Jurnal

Penerbitan artikel di Paradigma: Jurnal Multidipliner Mahasiswa Pascasarjana merupakan landasan penting dalam pengembangan jaringan pengetahuan yang koheren dan berkualitas. Ini merupakan cerminan langsung dari kualitas karya penulis dan institusi pengelolanya. Artikel peer-review mendukung dan menjunjung tinggi metode ilmiah. Oleh karena itu, penting untuk menyepakati standar perilaku etis yang diharapkan untuk semua pihak yang terlibat dalam tindakan penerbitan: penulis, editor jurnal, peer reviewer, penerbit dan masyarakat.

Keputusan Penerbitan

Pimpinan editor Paradigma: Jurnal Multidisipliner Mahasiswa Pascasarjana bertanggung jawab untuk memutuskan artikel mana yang akan diterbitkan di jurnal tersebut. Keputusan tersebut didasarkan pada rekomendasi dari anggota dewan editorial dan reviewer jurnal. Jurnal yang akan diterbitkan harus mematuhi persyaratan hukum yang akan berlaku terkait fitnah, pelanggaran hak cipta, dan plagiarisme. Pimpinan editor berunding dengan tim editorial dan reviewer dalam membuat keputusan ini.

Hak Cipta dan Perizinan

Jurnal Paradigma mewajibkan penulis sebagai pemegang hak untuk menandatangani Perjanjian Penerbitan Kontributor Jurnal untuk semua artikel yang kami terbitkan. Perjanjian Penerbitan Kontributor Jurnal Paradigma adalah perjanjian lisensi di mana penulis memegang hak cipta atas hasil penelitiannya tetapi memberikan Jurnal Paradigma hak dan lisensi tunggal dan eksklusif untuk menerbitkan untuk jangka waktu hukum penuh hak cipta. Pengecualian mungkin ada di mana penyerahan hak cipta diperlukan atau ditentukan oleh pengelola selain Jurnal Paradigma. Dalam hal ini, hak cipta atas hasil penelitian akan dialihkan dari penulis kepada masyarakat.

Tanpa Diskriminasi

Editor dan reviewer mengevaluasi manuskrip untuk konten intelektual tanpa memperhatikan ras, jenis kelamin, orientasi seksual, keyakinan agama, asal etnis, kewarganegaraan, dan / atau filosofi politik penulis. 

Kerahasiaan

Tim editorial dan reviewer tidak boleh mengungkapkan informasi apa pun tentang naskah yang dikirimkan kepada siapa pun selain penulis, reviewer, calon reviewer, tim editorial, dan penerbit yang sesuai. 

Pengungkapan dan Konflik Kepentingan

Materi yang diungkapkan dalam naskah yang tidak diterbitkan, tidak boleh digunakan oleh salah satu anggota dewan editorial dan reviewer dalam penelitian mereka sendiri

 

Peran Penulis

Standar Penyajian Data

Penulis harus menyajikan laporan akurat tentang pekerjaan yang dilakukan serta pembahasan objektif tentang signifikansinya. Data yang mendasari dalam artikel harus disajikan secara akurat. Sebuah artikel harus berisi detail dan referensi yang cukup untuk memungkinkan orang lain mereplikasi pekerjaan jika memungkinkan. Pernyataan yang dimanipulasi atau secara sengaja tidak akurat merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

Akses dan Retensi Data

Penulis mungkin diminta untuk memberikan data mentah dalam artikel yang dikirimkan untuk tinjauan editorial. Penulis harus siap memberikan data tersebut dalam waktu yang telah ditentukan.

Orisinalitas dan Plagiarisme

Penulis harus memastikan bahwa artikel atau karya yang mereka tulis  sepenuhnya asli, dan jika penulis telah menggunakan karya dan / atau kata-kata orang lain bahwa ini telah dikutip atau disitasi dengan tepat. Artikel yang ditemukan dengan masalah seperti itu secara otomatis ditolak dan penulis akan mendapat teguran.

Publikasi Berganda, Berlebihan, atau Bersamaan

Ketika sebuah artikel diserahkan untuk kemungkinan publikasi, penulis diharuskan membuat pernyataan tertulis bahwa makalah tersebut belum pernah diterbitkan dan tidak dalam pertimbangan untuk diterbitkan pada jurnal lain. Penyerahan artikel secara bersamaan dianggap tidak etis dan oleh karena itu tidak dapat diterima.

Pengakuan Sumber

Diperlukan pengakuan yang tepat atas pekerjaan orang lain. Penulis harus mengutip publikasi yang relevan pada penelitian penulis saat ini.

Kepenulisan Artikel

Kepenulisan harus dibatasi pada mereka yang telah memberikan kontribusi signifikan pada penelitian yang dilaporkan dalam artikel. Penulis terkait memiliki tanggung jawab untuk terus mengirimkan rekan penulis dengan proses review. Jika diterima, semua penulis wajib memberikan pernyataan yang ditandatangani bahwa karya penelitian adalah karya penelitian asli mereka.

Bahaya dan Subjek Manusia atau Hewan

Jika pekerjaan tersebut melibatkan bahan kimia, prosedur atau peralatan yang memiliki bahaya yang tidak biasa yang melekat dalam penggunaannya, penulis harus dengan jelas mengidentifikasi hal ini dalam artikel.

Pengungkapan dan Konflik Kepentingan

Semua penulis harus mengungkapkan dalam artikel mereka setiap konflik kepentingan finansial atau substantif lainnya yang dapat ditafsirkan untuk mempengaruhi hasil atau interpretasi artikel mereka. Semua sumber dukungan keuangan untuk proyek harus diungkapkan.

Kesalahan Mendasar dalam Karya yang Diterbitkan

Ketika seorang penulis menemukan kesalahan atau ketidakakuratan yang signifikan dalam karyanya yang diterbitkan, adalah kewajiban penulis untuk segera memberi tahu editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk mencabut atau memperbaiki artikel tersebut.

  

Peran Reviewer

Kontribusi untuk Keputusan Editorial

Jurnal ini menggunakan proses review double-blind. Para reviewer memberikan masukan kepada pemimpin redaksi dalam membuat keputusan editorial. Pemimpin redaksi berkomunikasi dengan penulis, sesuai kebutuhan, dan membantu mereka dalam meningkatkan kualitas artikel penelitian mereka.

Ketepatan Waktu

Tim editor jurnal berkomitmen untuk memberikan ulasan tepat waktu kepada penulis. Jika reviewer tidak menyerahkan laporannya tepat waktu, makalah tersebut segera dikirim ke reviewer berkualifikasi lainnya.

Kerahasiaan

Konten naskah diperlakukan dengan sangat rahasia. Jurnal ini menggunakan proses buta ganda (double blind). Kecuali untuk editor-in-chief, editor dan reviewer tidak dapat mendiskusikan makalah dengan orang lain, termasuk penulis.

Standar Objektivitas

Editor dan reviewer diharuskan mengevaluasi makalah berdasarkan kontennya. Komentar dan tanggapan review harus menghargai penulis. Reviewer harus memberikan alasan terhadap keputusan dan rekomendasi mereka.

Pengakuan Sumber
Reviewer harus mengidentifikasi karya terbitan relevan yang belum dikutip oleh penulis. Pernyataan apapun berupa observasi, derivasi, atau argumen yang telah dilaporkan sebelumnya, harus disertakan dengan kutipan yang relevan. Reviewer diharapkan dapat berkomunikasi dengan editor untuk setiap kesamaan atau tumpang tindih antara naskah yang sedang dipertimbangkan dan naskah lain yang diterbitkan yang mereka ketahui secara pribadi.

Pengungkapan dan Benturan Kepentingan

Informasi atau ide istimewa yang diperoleh melalui peer review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk kepentingan pribadi. Reviewer tidak boleh mempertimbangkan manuskrip yang memiliki konflik kepentingan akibat persaingan, kolaboratif, atau hubungan atau koneksi lain dengan penulis, perusahaan, atau lembaga yang terkait dengan naskah artikel tersebut.