Herpes associated erythema multiforme, drug-induced erythema multiforme atau oral erythema multiforme?

https://doi.org/10.22146/mkgk.65734

Agam Ferry(1*), Tenny Setiani Dewi(2)

(1) Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat
(2) Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat
(*) Corresponding Author

Abstract


Diagnosis erythema multiforme (EM) diklasifikasikan menjadi tipe mayor dan minor. Erythema multiforme dapat dipicu oleh obat (drug-induced erythema multiforme/DIEM) atau infeksi virus herpes simplex (herpes associated erythema multiforme/HAEM), dengan dua gambaran utama: lesi target tipikal atau atipikal pada kulit dan nekrosis sel satelit atau epitelium yang luas. Oral erythema multiforme (OEM) dimasukkan dalam klasifikasi diagnosis EM kategori ketiga selain tipe mayor dan minor dengan gambaran klinis berupa ulserasi pada bibir dan mukosa intraoral khas EM, tanpa disertai lesi target di kulit. Studi kasus ini bertujuan membahas kemungkinan HAEM, DIEM dan OEM sebagai diagnosa terhadap lesi bibir khas EM. Seorang wanita, 14 tahun, datang ke Poli Ilmu Penyakit Mulut Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSUPN) Dr. Hasan Sadikin Bandung setelah sebelumnya dirujuk dari bagian Bedah Mulut dengan diagnosa suspek EM. Pada pemeriksaan ekstraoral terlihat lesi krusta berwarna coklat kehitaman pada bibir atas dan bawah, yang diakui pasien muncul setelah mengkonsumsi obat untuk penyakit kulit yang dideritanya dan mengganggu aktivitas bicara serta makan. Pasien diterapi menggunakan salep steroid racikan selama 1 minggu disertai instruksi untuk menghentikan pemakaian obat untuk penyakit kulitnya. Pasien memperlihatkan perbaikan yang signifikan pada kunjungan kontrol 1 minggu. Diagnosis suspek DIEM dan suspek lesi oral terkait hipersensitivitas ditegakkan pada pasien ini berdasarkan pertimbangan adanya pengaruh medikasi untuk pengobatan kelainan kulit yang dideritanya. Hasil pemeriksaan IgE negatif dan IgG anti HSV-1 yang reaktif serta hasil observasi pada kunjungan kontrol lebih lanjut, juga mengarahkan penegakkan diagnosis HAEM dan OEM. Penting mendiagnosa EM dengan baik, agar mampu melakukan tatalaksana dini yang tepat, untuk mendapatkan prognosis yang baik.

Keywords


diagnosa; erythema multiforme; hipersensitivitas; oral

Full Text:

PDF


References

1. Neville BW, Damm DD, Allen CM, Bouquot J. Oral and maxillofacial pathology, 3rd ed. Saunders; 2009.

2. Joseph TI, Vargheese G, George D, Sathyan P. Drug induced oral erythema multiforme: a rare and less recognized variant of erythema multiforme. J Oral Maxillofac Pathol. 2012; 16(1): 145-148.

3. A Simbli M. Erythema Multiforme: challenging diagnosis for internist. J Clin Case Reports. 2013; 3(7).

4. Ayangco L, Rogers RS. Oral manifestations of erythema multiforme. Dermatol Clin. 2003; 21(1): 195-205.

5. Burnett JW, Laing JM, Aurelian L. Acute skin eruptions that are positive for herpes simplex virus DNA polymerase in patients with stem cell transplantation: a new manifestation within the erythema multiforme reactive dermatoses. Arch Dermatol. 2008; 144(7): 902-907.

6. Kennett S. Erythema multiforme affecting the oral cavity. Oral Surg Oral Med Oral Pathol. 1968; 25(3): 366-373.

7. Bean SF, Quezada RK. Recurrent oral erythema multiforme: clinical experience with 11 patients. JAMA. 1983; 249(20): 2810-2812.

8. Scully C, Bagan J. Oral mucosal diseases: erythema multiforme. Br J Oral Maxillofac Surg. 2008; 46(2): 90-95.

9. Bajaj P, Sabharwal R, Mohammed RP, Garg D, Kapoor C, Bajaj Professor P. Erythema multiforme classification and immunopathogenesis. J Adv Med Dent Scie. 2013; 1(2): 40-47.



DOI: https://doi.org/10.22146/mkgk.65734

Article Metrics

Abstract views : 4062 | views : 13983

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 MKGK (Majalah Kedokteran Gigi Klinik) (Clinical Dental Journal) UGM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently, Majalah Kedokteran Gigi Klinik indexed by:


View my stats

site
stats