Pengaruh mutu pelayanan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Terakreditasi dan bersertifikat ISO di Kota Banda Aceh
Suryadi Suryadi(1*), Aida Rachmiana(2)
(1) Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesianiry Banda Aceh
(2) Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
2 SuryadiReferences
1. Rosmayati S, Maulana A. Peluang dan tantangan ekonomi bisnis dan kesehatan
di era society 5.0. Coopetition J Ilm Manaj. 2024; 15(1): 113-130.
doi: 10.32670/coopetition.v15i1.4124
2. Muttaqin LH, Haekal M, Ibrahim I, Utami RT. Challenges and strategies for establishing
inclusive school in Indonesia: Aligning Islamic values with inclusive education principles.
Edukasi Islam J Pendidik Islam. 2023; 12(03): 2547-2560. doi: 10.30868/ei.v12i03.5021
3. Supadmo D, Triadi I. Akses terhadap layanan kesehatan di indonesia sebagai bagian hak
asasi manusia dalam konteks kesehatan bagi Warga Kurang Mampu. Causa J Huk dan
Kewarganegaraan. 2024; 9(3):51-60.
4. Aribowo K, Purwanda E, Rahmi AS. Hubungan kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan
loyalitas pasien. J Akuntansi, Manaj dan Ilmu Ekon. 2024;5(1):58-68.
5. Hidayati AH, Widyawati TI, Aditya T. Local government policy in improving access to
mental health services in Tangerang City (Case Study of Karawaci Baru Health Center).
Hulondalo J Ilmu Pemerintah dan Ilmu Komun. 2024; 3(2): 109-123.
doi: 10.59713/jipik.v3i2.971
6. Ayuningtyas D, Misnaniarti M, Rayhani M. Analisis situasi kesehatan mental pada masyarakat di Indonesia dan Strategi Penanggulangannya. J Ilmu Kesehat Masy. 2018; 9(1). doi: 10.26553/jikm.2018.9.1.1-10
7. Suryawati C, Nandini N, Handayani N. Kepuasan pasien terhadap layanan puskesmas BLUD di Kota Semarang. J Manaj Kesehat Indones. 2019; 7(1): 39-45.doi: 10.14710jmki.7.1.2019.39-45
8. Rachmiana A. Factors influencing nursing job satisfaction in state and private hospitals in
Banda Aceh Indonesia. Int J Humanit Technol Civiliz. 2020: 38-56.
doi: 10.15282/ijhtc.v5i1.4818
9. Jaya MKA, Dewi NLS, Rudiartha IGLM. Perbandingan kualitas layanan kefarmasian di Puskesmas Berstandar ISO dan Non-ISO Kota Denpasar. J Farm Udayana. 2021;
10(1): 48. doi: 10.24843/jfu.2021.v10.i01.p06
10. Nadiyah SNA, Prayoga D. Transformasi digital sebagai bagian dari strategi pemasaran
rumah sakit: literature review. Media Publ Promosi Kesehat Indones. 2024; 7(2): 265-
272. doi: 10.56338/mppki.v7i2.4283
11. Sembiluh D, Sulistiadi W. Analisis implementasi pemasaran digital di rumah sakit
pada pandemi COVID-19: Literatur Review. Media Publ Promosi Kesehat Indones. 2022;
5(3): 224-232. doi: 10.56338/mppki.v5i3.2135
12. Suryanto D. Pengaruh Kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada PT.
BCA Finance Cabang Bukit Tinggi. J Econ Bussines Account. 2019; 2(2): 236-247.
doi: 10.31539/costing.v2i2.566
13. Prihatiningrum AA, Zuraidah E. Analisa kualitas layanan aplikasi mobile banking
pada nasabah Bjb Cabang Tangerang menggunakan metode servqual. J Inf Syst
Res. 2022; 3(4): 367-373. doi: 10.47065/josh.v3i4.1653
14. Agusdiana A. Analisis pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan
pasien ruang penyakit dalam di RSUD Dr. Fauziah Bireuen. J Rekam Med. 2021; 2(2):
101-115. doi: 10.33085/jrm.v2i2.4879
15. Laksono S. Kesehatan digital dan disrupsi digital pada layanan kesehatan di Rumah
Sakit. J Kebijak Kesehat Indones. 2022; 11(1). doi: 10.22146/jkki.63254
16. Haryeni, Yendra N. Dampak dimensi SERVQUAL terhadap kepuasan pasien, komunikasi word of mouth, dan repurchase intentions pada rumah sakit swasta di Kota Padang. J Menara Ilmu. 2020; 14(2):66-79.
17. Razali SCU. The effects of service quality on patient’s satisfaction in Pusat Kesehatan
Masyarakat (PUSKESMAS). Int J Humanit Technol Civiliz. 2020: 9-22.
doi: 10.15282/ijhtc.v5i1.4814
18. Dewi MA. Pengaruh Penerapan Iso 9001:2008, Motivasi, Kemampuan, dan Lingkungan Kerja
Terhadap Kinerja Karyawan Puskesmas Surabaya Dengan Employee Engagement
Sebagai Variabel Moderating. Makro J Manaj dan Kewirausahaan. 2018;3(1):1-21.
doi:10.36467/makro.2018.03.01.01
19. Savitri C, Faddila SP, Irmawartini, et al. Statistik Multivariat Dalam Riset. Vol 11. Widina Bhakti Persada Bandung; 2021. http://webs.ucm.es/info/biomol2/Tema 01.pdf%0Ahttp://dx.
doi.org/10.1016/j.addr.2009.04.004
20. Meutia R, Andiny P. Pengaruh kualitas pelayanan dan lokasi terhadap kepuasan
pasien Puskesmas Langsa Lama. Niagawan. 2019; 8(2): 121. doi: 10.24114/niaga.v8i2.14261
21. Amalia NM, DWP S, Santoso JTB. Pengaruh bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan
dan empati terhadap kepuasan Bumdes. Bus Account Educ J. 2020; 1(2): 170-180.
doi: 10.15294/baej.v1i2.42191
22. Saputro F, Jalari M. Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga terhadap
kepuasan pelanggan roti bakar. J Ris Manaj. 2023; 1(3): 266-285.
doi: 10.54066/jurma.v1i3.639
23. Gajewska T, Zimon D, Kaczor G, Madzík P. The impact of the level of customer satisfaction
on the quality of e-commerce services. Int J Product Perform Manag. 2019; 69(4): 666-
684. doi: 10.1108/IJPPM-01-2019-0018
24. Palese B, Usai A. The relative importance of service quality dimensions in E-commerce
experiences. Int J Inf Manage. 2018; 40: 132-140. doi: 10.1016/j.ijinfomgt.2018.02.001
DOI: https://doi.org/10.22146/mkgk.103521
Article Metrics
Abstract views : 151 | views : 101Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 MKGK (Majalah Kedokteran Gigi Klinik) (Clinical Dental Journal) UGM
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.