KAJIAN POLA PERKEMBANGAN FISIK KOTA SURAKARTA MELALUI CITRA SPOT DAN LANDSAT TM

https://doi.org/10.22146/mgi.13252

Valentina Arminah Arminah(1*)

(1) Fakultas Geografi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK Surakarta merupakan Kotamadya yang sedang giat melaksanakan pembangunan dan hal ini berpengaruh pada perkembangan fisik kota. Perkembangan fisik kota merupakan indikator untuk mengetahui kecenderungan pertambahan pembangunan fisik kota Surakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketepatan data yang diperoleh secara interpretalip serta mengkaji pola perkebangan fisik kota Surakarta melalui citra penginderaan jauh. Metode yang diterapkan, untuk mengumpulkan data dilakukan dengan teknik interpretasi secara digital citra SPOT' 86 dan Landsat TM' 96. Analisis temporal dan keruangan dengan teknik tumpang susun dilakukan untuk mengetahui arch perkembangan fisik kota Surakarta. Proses klasifikasi berdasar besarnya nilai pantulan, untuk menghindari kesukaran indentifikasi dilakukan "cropping" untuk liputan fisik kota lama pada citra. Jumlah piksel yang tidak terklaskan sebesar 1,8% pada citra SPOT dan 0,7% pada Landsat TM, proses ini menghasilkan 5 klas penggunaan lahan yaitu sawah, legal, lahan terbuka, air dan permukiman dengan ketepatan interpretasi mencapai 95%. Melalui analisis keruangan dan teknik tumpang susun diperoleh hasil bahwa dalam kurun waktu 10 tahun telah terjadi perkembangan fisik kota Surakarta seluas 17,17 km2.
Kenyataan menunjukkan bahwa dengan menggunakan citra SPOT dan Landsat TM perkembangan fisik kota Surakarta dapat dikaji melalui aspek tinier dan tersebar, teori pola perkembangan fisik kota yang dapat diterapkan adalah pole memanjang mengikuti teori "Ribbon Development" dan tersebar mengikuti terori "Leap Frog".

Keywords


citra SPOT; Landsat TM; perkembang kota; Kota Surakarta




DOI: https://doi.org/10.22146/mgi.13252

Article Metrics

Abstract views : 1005 | views : 468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Majalah Geografi Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 

Accredited Journal, Based on Decree of the Minister of Research, Technology and Higher Education, Republic of Indonesia Number 30e/KPT/2018

Volume 31 No 2 the Year 2017 for Volume 35 No 2 the Year 2021

ISSN  0215-1790 (print) ISSN 2540-945X  (online)

 

website statistics Statistik MGI