Perbandingan Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kesehatan Menurut Aksesbilitas Wilayah (Kasus Kecamatan Sungai Lilin Dan Kecamatan Tungkal Jaya Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan)

https://doi.org/10.22146/mgi.13116

Mirna Taufik(1*), Dewi Haryani Susilastuti(2), Andri Kurniawan(3)

(1) Fakultas Geografi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta Indonesia
(2) Fakultas Geografi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta Indonesia
(3) Pasca Sarjana, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK Sebagai penyelenggara pelayanan publik, pelayanan puskesmas di Kecamatan Sungai Lilin dan Kecamatan Tungkal Jaya selama ini masih banyak dikeluhkan oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Sungai Lilin dan Puskesmas Tungkal Jaya berdasarkan aksesibilitas wilayah. Penelitian ini menggunakan desain penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Lokasi penelitian di Desa Sungai Lilin dan desa Suka Damai. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara menggunakan kuesioner dan observasi. Secara umum hasil analisis menunjukkan bahwa sebagian besar masyarakat Sungai Lilin dan masyarakat Suka Damai belum puas terhadap pelayanan kesehatan yang di berikan oleh pihak puskesmas. Hal ini terjadi karena tingginya expektasi responden terhadap sebuah pelayanan. Perlu dibuat standar pelayanan puskesmas yang sesuai dengan kemampuan puskesmas, kebutuhan masyarakat dan kondisi lingkungan.

 

ABSTRACT As public service providers, health centers at Sungai Lilin and Tungkal Jaya district get complaints from the community. The purpose of the study is to measure level of satisfaction of cesers of community health centers of Sungai Lilin and Tungkal Jaya villages. The study combined guantitative descriptive and analytic approaches with cross sectional design Location of the study at Sungai Lilin and Suka Damai villages. Data were obtained through interview and observation. In general, the analysis shows that most people Sungai Lilin and community Suka Damai not satisfied with the health care that is provided by the clinic. Aspects that are still considered less than satisfactory service responsibility in Sungai Lilin and productivity services in the village Suka Damai. There is a strong negative relationship between service satisfaction with the level of education and income levels and Sungai Lilin Village Suka Damai. 


Keywords


aksesibilitas wilayah; Desa Suka Damai; Desa Sungai Lilin; kepuasan pasien; pelayanan kesehatan; accessibility region; Suka Damai villages; Sungai Lilin village; patien satisfaction; health services




DOI: https://doi.org/10.22146/mgi.13116

Article Metrics

Abstract views : 2237 | views : 1799

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Majalah Geografi Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 

Accredited Journal, Based on Decree of the Minister of Research, Technology and Higher Education, Republic of Indonesia Number 164/E/KPT/2021

Volume 35 No 2 the Year 2021 for Volume 39 No 1 the Year 2025

ISSN  0215-1790 (print) ISSN 2540-945X  (online)

 

website statistics Statistik MGI