ANALISIS KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI BANGSAL HEMODIALISIS RS. PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

https://doi.org/10.22146/farmaseutik.v10i1.24112

Jeriko Sinurat(1*), Abdul Karim Zulkarnain(2)

(1) Fakultas Farmasi, Universitas Gadjah Mada
(2) Fakultas Farmasi, Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Hemodialisis adalah salah satu unit pelayanan yang terdapat dalam rumah sakit yang memberikan pelayanan jasa kepada pasien gagal ginjal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien hemodialisis dan perbedaan tingkat kepuasan ditinjau dari profil pasien pada bangsal hemodialisis RSU PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Pengambilan sampel sebanyak 100 responden di dalam bangsal Hemodialisis dilakukan dengan metode purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan IKK (Indeks Kepuasan Konsumen) untuk menggambarkan tingkat kepuasan konsumen, chi square untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara karakteristik responden dengan tingkat kepuasan konsumen, uji t digunakan untuk membandingkan antara tingkat harapan dan tingkat kinerja. Hasil menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara harapan pasien dengan kinerja yang dilakukan oleh RSU PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Hasil uji IKK antara harapan dan kinerja menunjukkan kinerja yang dilakukan RSU PKU Muhammadiyah bagian ruang Hemodialisis telah memenuhi harapan pasien atas rumah sakit tersebut. Hasil uji Chi square menunjukkan perbedaan tingkat kepuasaan ditinjau dari profil pasien.

Keywords


Kepuasan Pasien; Hemodialisis; RS PKU Muhammadiyah

Full Text:

PDF



DOI: https://doi.org/10.22146/farmaseutik.v10i1.24112

Article Metrics

Abstract views : 3009 | views : 7904

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Majalah Farmaseutik Indexed by:

   
 
Creative Commons Licence
 
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.