Preservasi Pengetahuan Document Controller untuk Performa Organisasi

https://doi.org/10.22146/khazanah.34643

Rizkiana Karmelia Shaura(1*), Febriyanto Febriyanto(2), Hendra Kurniawan(3)

(1) Universita Indonesia
(2) Universitas Indonesia
(3) Universitas Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Kajian ini akan membahas mengenai preservasi pengetahuan seorang pegawai pengendali
dokumen atau yang dikenal “document controller” yang juga merangkap sebagai pustakawan pada
salah satu perusahaan di Indonesia.Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan preservasi
pengetahuan di PT. Transasia Resources oleh document controller. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi, sehingga mendapatkan data yang sesuai di lapangan melalui hasil pengamatan peneliti yang pernah bekerja di lembaga ini. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dalam melakukan preservasi pengetahuan, document controller sesuai dengan model knowledge management EFQM yang terdiri dari enablers dan results. Kesimpulannya, preservasi pengetahuan yang dilakukan oleh perusahaan sudah memiliki atribut utama knowledge management, budaya organisasi yang cukup baik, dan alat-alat yang digunakan dalam proses kegiatan organisasi adalah untuk meningkatkan efisiensi dan performa organisasi.

Keywords


document controller; manajemen pengetahuan; preservasi

Full Text:

PDF


References

Agrifoglio, Rocco. 2015. Knowledge Preservation Through Community of Practice: Theoretical Issues and Empirical Evidence. Switzerland : Springer.


Creswell, J. W. 2014. Research design : qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th). Sage Publications. USA Dalkir, Kimiz. 2011. Knowledge Management in Theory and Practice. The MIT Press. Cambridge, Massachusetts.


Davenport, T. H., & Klahr, P. 1998. Managing customer support knowledge. California
Management Review (40:3). California.


Desouza, Kevin C and Scott Paquette. 2011. Knowledge Management: an introduction.
Neal-Schuman Publisher. NewYork.


Feather, Jhon. 2003. International Encyclopedia of Information and Library Science.
Routledge. London and NewYork.


Ferdinandus, Elsina., Imron, Ali., dan Supriyanto, Achmad. 2015. Model Knowledge Management dalam Organisasi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Humaniora. 3(2), 106-115.


M, Alavi and Leidner, D. E. 2001. Review: Knowledge management and knowledge management systems: Conceptual foundations and research issues. MIS Quarterly (25:1). Published by Management Information Systems Research Center, University of Minnesota. Minnesota.


Nonaka, I., & Takeuchi, H. 1995. The knowledgecreating company: How Japanese companies create the dynamics of innovation. Oxford university press. New York.


Probst, G., Romhardt, K., & Raub, S. 2000. Managing knowledge: Building blocks for success. John Wiley& Sons Ltd. West Sussex.


Puryantini, Navik., Arfati, Rofikotul., dan Tjahjadi, Bambang. 2017. Pengaruh Knowledge Management terhadap Kinerja Organisasi Dimediasi Inovasi di Organisasi Penelitian Pemerintah. Berkala Akuntansi dan Keuangan Indonesia. 2(2), 21-36. Website PT. Transasia Resources. 2018. Diakses Pada 11 Mei 2018 melalui https://www.jobstreet.co.id/en/companies/720201-pt-transasia-resources


Peraturan Indonesia


Undang-Undang No. 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan.



DOI: https://doi.org/10.22146/khazanah.34643

Article Metrics

Abstract views : 4304 | views : 3736

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 The authors

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics

View My Stats