Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Khazanah: Jurnal Pengembangan Kearsipan?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

  1. Artikel belum pernah dipublikasikan dalam media lain dan tidak mengandung unsur plagiat.
  2. Artikel dapat memuat hasil penelitian, kajian maupun konseptual (lepas) dan aplikasi teori, studi pustaka, uji coba laboratorium, hasil seminar dan laporan kasus dalam bidang kearsipan. Artikel dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia sepanjang 20-25 halaman termasuk daftar pustaka, foto, gambar dan tabel, pada kertas A4 dengan margin atas dan kiri 4 cm, margin bawah dan kanan 3 cm. Artikel ditulis dengan menggunakan font Times New Roman, 12pt, dan spasi 1,5.
  3. Pada artikel dicantumkan Nama Penulis, apabila tulisan merupakan hasil penulisan kelompok maka urutan nama Penulis harus sudah berdasarkan kesepakatan semua penulis. Nama Penulis ditebalkan dan menggunakan font Times New Roman, 12pt.
  4. Artikel harus disertai alamat penulis meliputi: Nama lembaga asal penulis serta alamat email. Penulisan alamat untuk penulis artikel menggunakan Times New Roman ukuran font 12pt.
  5. Artikel harus disertai dengan INTISARI dalam Bahasa Indonesia dan ABSTRACT dalam Bahasa Inggris dengan jumlah kata maksimum 200 kata dalam satu paragraph, menggunakan Times New Roman ukuran font 12pt, spasi 1. Penulisan kata INTISARI  dan ABSTRACT menggunakan huruf kapital, Times New Roman ukuran font 12, ditebalkan dan dicetak miring untuk Bahasa Inggris. INTISARI dan ABSTRACT harus disertai dengan Kata Kunci dan Keywords masing-masing terdiri 3-5 kata disusun secara alfabet dengan spasi 1. Penulisan kata Kata Kunci menggunakan huruf kapital di awal kata, Times New Roman, ukuran font 12pt, dan ditebalkan. Untuk kata Keywords ditulis menggunakan huruf kapital di awal kata, Times New Roman, ukuran font 12pt, cetak tebal dan miring.
  6. Artikel terdiri dari PENGANTAR, PEMBAHASAN, dan KESIMPULAN.
  7. PENGANTAR ditulis huruf kapital, Times New Roman, ukuran font 12pt dan ditebalkan. Pengantar berisikan latar belakang masalah; rumusan masalah; tujuan dan manfaat penelitian; metodologi penelitian; dan kerangka pemikiran. Pengantar mengacu pada beberapa pustaka yang menjadi landasan atau alasan penelitian/kajian.
  8. PEMBAHASAN ditulis dengan huruf kapital, Times New Roman, ukuran font 12pt dan ditebalkan. Pembahasan meliputi: sajian secara bersistem, hanya data/informasi yang terkait dengan tujuan penelitian/kajian. Tujuan Pembahasan adalah untuk mengetahui sejauh mana hasil penelitian/kajian.
  9. KESIMPULAN diketik dengan huruf kapital, Times New Roman, ukuran font 12pt dan ditebalkan, berisi kesimpulan dan saran yang melebur tidak berdiri sendiri.
  10. Teknik Penulisan Kutipan
    Artikel yang menggunakan kutipan wajib mencantumkan sumbernya/sitasi, dengan menyebutkan nama penulis, tahun dan halaman yang dikutip. Adapun cara penulisan kutipan sebagai berikut:
    1. Kutipan Langsung

      Kutipan langsung merupakan pernyataan yang ditulis dalam susunan kalimat aslinya tanpa mengalami perubahan sedikitpun.

      Contoh:

      ”……………….pemusnahan arsip dilakukan secara total sehingga tidak dapat dikenal lagi baik isi maupun bentuknya”(Sugiarto dan Teguh Wahyono, 2015:96).

      Etty Indriati (2003:5) menyatakan bahwa:

      Tabel harus bisa berdiri sendiri tanpa teks. Oleh karenanya, satuan-satuan ukuran yang digunakan harus dicantumkan dalam tabel. Singkatan-singkatan yang ada perlu diterangkan pula kepanjangannya dibagian bawah tabel. Demikian pula judul tabel harus menggambanrkan variable-variabel yang ada dalam isi tabel.

      “Rudestam & Newton (1992) dalam Etty Indriati (2003:5) menekankan bahwa tugas penulisan hasil adalah untuk memberikan laporan yang lengkap secara singkat, jelas, sederhana tanpa harus mendiskusikan arti hasil penelitan atau mengulang semua informasi yang ada didalam tabel”.

      “Pedoman Tata Kelola Arsip sudah ada berupa pola klasifikasi dan peraturan Bupati Banyumas tetapi penataan belum sesuai dengan prosedur kearsipan”. (wawancara Bapak Karsidi, 23 Agustus 2017)

    2. Kutipan tidak langsung

      Kutipan tidak langsung merupakan pengungkapan kembali maksud penulisan dengan kata-kata penulis sendiri, yang dikutip hanya pokok-pokok pikiran atau ringkasan, kesimpulan dari sebuah tulisan.Contoh:

      Dibalik pertumbuhan itu, dalam konteks dunia akademis universitas dan perguruan tinggi, gelombang pasang dokumen di kita yang dihasilkan fakultas dan mahasiswa serta kebutuhan membuat dokumen-dokumen ini lebih banyak tersedia (Falk, 2003:375).

    3. Kutipan langsung dari internet

      Contoh:

      “Arsip tidak bisa lepas dari kegiatan administrasi, dalam arti kegiatan administrasi pasti akan menghasilkan arsip. Arsip tidak hanya dikelola dan disimpan oleh unit kerja atau lembaga kearsipan saja, namun seorang individu personal juga bisa melakukan kegiatan pengelolaan dan penyimpanan arsip”.(http://arsip.ugm.ac.id/2018/04/05/benchmarking-dari-rsup-dr-sardjito/, diakses tanggal 6 September 2018)

    4. Kutipan tidak langsung dari internet.

      Contoh:

      Menurut Absurditas Malka dalam blognya http://absurditasmalka.blogspot.co.id/2017/01/ cara-menulis-daftar-pustaka-dari-internet.html, kita boleh menjadikan informasi dari internet sebagai daftar pustaka.

  11. Teknik Penggunaan Foto, Tabel dan Gambar.

    Semua tabel, gambar dan foto yang digunakan dalam artikel harus disesuaikan dengan urutan 1 kolom atau ukuran penuh satu kertas, agar memudahkan bagi reviewer untuk mencermati makna gambar.


    Foto 1
    Keterangan Foto
    Sumber:………..……….


    Tabel 1

    Perbandingan Algoritma A dan Algoritma B

    Algoritma

    Waktu Proses

    Ketelitian

    Memori

    A

    120 ms

    98 %

    200 KB

    B

    105 ms

    95 %

    415 KB

    Sumber:…………………….………………………….



    Gambar 1
    Keterangan Gambar
    Sumber Gambar: ………...

    Cara penulisan sumber foto, tabel, dan gambar:

    • Jika sumber berasal dari data primer penulisan: data primer, tahun.

      Contoh: Data Primer, 2000.

    • Jika sumber berasal dari buku: nama penulis, tahun: halaman.

      Contoh: Joko, 1998:18.

    • Jika sumber berasal dari jurnal : nama penulis, tahun, nama jurnal, (edisi/volume), halaman.

      Contoh: Antok, 2001, Khazanah (2), 8-10.

    • Jika sumber berasal dari manuskrip/arsip: nama lembaga pemilik arsip/manuskrip, judul arsip, nomor arsip/manuskrip (jika ada).

      Contoh: Arsip UGM, Laporan Tahunan Rektor UGM 1993, AS1/IP.LU/1.
      Arsip UGM, Laporan Tahunan Rektor UGM 1993.

  12. Teknik Penulisan DAFTAR PUSTAKA

    Daftar Pustaka ditulis dengan huruf kapital, Times New Roman, ukuran font 12 dan ditebalkan. Berikut adalah contoh penulisan Daftar Pustaka:

    • Rujukan dari buku: Nama belakang, singkatan (inisial) nama depan dan tengah (jika ada), tahun penerbitan, judul buku (cetak miring), edisi buku, nama penerbit, kota penerbit.

      Yaya, R., A.E. Martawireja, dan A. Abdurahim. 2009. Akuntansi Perbankan Syariah: Teori dan Praktik Kontemporer. Edisi Pertama. Cetak Pertama. Salemba Empat. Jakarta.

      Merna T. Dan F.F. Al-Thani. 2008. Corporate Risk Management. 2nd ed. John Welly and Sons Ltd.England.

      Wiley, J. 2006. Contempory Financial Management.3rd ed. Mc. GrowHill. Los Angeles.

    • Rujukan dari Buku Teks Terjemahan: Nama belakang penulis asli, singkatan (inisial) nama depan dan nama tengah (jika ada), tahun penerbitan, judul buku asli (cetak miring), edisi/cetakan, nama penerbit, kota penerbit, nama penerjemah, tahun, judul buku (cetak miring), edisi/cetakan, nama penerbit, kota penerbit.

      Baudrillard, J. 1970. La Société de Consommation. Nottingham Trent University. Clifton Lane, Nottingham. Terjemahan J.P. Mayer dan B.S.Turner. 1998. The Consumer Society: Myths and Structure. Sage Publication Inc. Thousand Oaks. London.

      Cresswell, J.W.2008. Research Design: Qualitative , Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Third Edition. Sage Publication. California. Terjemahan A. Fawaid. 2010. Research Desaign: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Cetakan 1. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

      Kieso, D.E., J.J. Weygandt, dan T.D. Warfield.2007. Intermediate Accounting. Twelfth Edition. John Wiley & Sons, Inc.USA. terjemahan E. Salim. 2008. Akuntansi Intermediate. Edisi keduabelas. Jilid 2 Erlangga. Jakarta.

    • Rujukan Buku Terbitan Lembaga/Badan/Organisasi, aturan penulisannya: Nama Lembaga/ Badan/ Organisasi, tahun penerbitan, judul buku (cetak miring), edisi/cetakan, nama penerbit, kota penerbit.

      Badan Pusat Statistik. 2013. Laporan Bulan Data Sosial Ekonomi. Januari. BPS Jawa Timur. Surabaya.

      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2011. Pendidikan Anti korupsi untuk Perguruan Tinggi. Cetakan 1. Direktirat Jenderal Pendidikan Tinggi. Bagian Hukum Kepegawaian Jakarta.

      Lembaga Administrasi Negara RI. 2012. Laporan Akuntabilitas Kinerja Lembaga Administrasi Negara RI Tahun 2011. LAN. Jakarta.

    • Rujukan buku terbitan Lembaga/badan/Organisasi (Berisi Himpunan Peraturan, UU, dan sejenisnya). Aturan penulisannya: Nama lembaga/badan/organisasi, tahun penerbitan, judul peraturan/UU yang dirujuk (cetak miring), nomor atau seri peraturan/UU, edisi/cetakan, nama penerbit, kota penerbit.

      Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). 2011. Aset Tidak Lancar yang Dimiliki untuk Dijual dan Operasi yang Dihentikan. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No.58 (Revisi 2009),DSAK-IAI. Jakarta.

      Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Koperti) Wilayah VII Jawa Timur. 2012. Standar Nasional Pendidikan. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005. Sun-Bagian Akreditasi dan Publikasi Kopertis VII. Surabaya.

    • Peraturan, Undang-Undang, dan sejenisnya (cetak lepas, tidak berupa buku himpunan), aturan penulisannya sebagai berikut: nomor dan tahun peraturan/UU, judul peraturan/UU yang dirujuk (cetak miring), tanggal pengesahan/ penerbitan (jika ada), nomor lembaran negara (jika ada), organisasi penerbita (jika ada), kota tempat pengesahan/ penerbitan.

      Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional. 8 juli 2003. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 4301. Jakarta.

      Pernyatan Standar Akuntansi Keuangan No.58 (Revisi 2009) Aset Tidak Lancar yang Dimiliki untuk Dijual dan Operasi yang Dihentikan. Dewan Standar Akuntansi Keuangan-Ikatan Akuntan Indonesia. Jakarta.

    • Artikel dalam Jurnal aturan penulisanya: nama belakang, singkatan (inisial) nama depan dan nama tengah (jika ada), tehun penerbitan, judul artikel, nama jurnal (cetak miring), volume dan nomor jurnal (nomor jurnal dalam tanda kurung), nomor halaman artikel dalam jurnal.

       

      Riduwan, A., I. Triyuwono, G.Irianto, dan U. Ludigdo. 2010. Semiotika Laba Akuntansi: Studi Kritikal-Posmodernis Derridean. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia 7(1): 38-60.

      Veronica, S. Dan Y.S. Bachtiar. 2005. The Role of Governance in Preventing Misstated Financial Statement. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia 2(1): 159-173.

      Riduwan, A.2010. Etika dan Perilaku Koruptif dalam Praktik Manajemen Laba. Jurnal Akuntansi & Auditing Indonesia 14(2): 121-141.

    • Artikel Seminar/Simposium (dalam Prosiding), aturan penulisannya: nama belakang, singkatan (inisial) nama depan dan nama tengah (jika ada), tahun penerbitan, nama prosiding (cetak miring), nomor dan volume prosiding (jika ada, cetak miring), nomor halaman artikel dalam prosiding.

      Dewi, A.R.2003, Pengaruh Konservatisme Laporan Keuangan Terhadapa Earnings Response Coeficient. Prosiding Simposium Nasional Akuntansi VI Surabaya. Universitas Airlangga: 119-159.

    • Artikel Seminar/Simposium (Cetak Lepas), aturan penulisannya: nama belakang, singkatan (inisial) nama depan dan nama tengah (jika ada), tahun penerbitan, nama seminar/simposium (cetak miring), tanggal seminar/simposium, nomor halaman artikel.

      Kalana, L.S.Ngumar, dan L.B.Rihardjo.2012. Independensi Auditor Berbasis Kultur dan Filsafat Heerbert Blumer. Simposium Nasional Akuntansi XV Banjarmasin. 20-23 September: 1-25.

    • Artikel dalam Buku Antologi dengan Editor, aturan penulisan: nama belakang, singkatan (inisial) nama depan dan nama tengah (jika ada), tahun penerbitan, judul artikel, judul buku (cetak miring), nama editir buku, penerbit, kota penerbit.

      Azra, A. 2005. Pluralisme Islam Dalam Perpektif Historis. Dalam Nilai-nilai Pluralisme Islam:Bingkai Gagasan Yang berserak. Editor M. Sururin. Cetakan 1. Penerbit Nuansa. Bandung.

      Barth, M.E.2004. Fair Values and Financial Statement Volatility. Dalam The Market Dicipline Across Countries and Industries. Editor C. Borio, W.C.Hunter, G.G. Kaufman, dan K. Tsatsaronis. MIT Press. Cambridge.

    • Rujukan dari Skripsi/Tesis/Disertasi, aturan penulisan: nama belakang, singkatan (inisial) nama depan dan nama tengah (jika ada), tahun, judul skripsi/ tesis/ disertasi, skripsi/ tesis/ disertasi (cetak miring), nama program studi dan/ atau perguruan tinggi, kota tempat perguruan tinggi.

      Samsi, N. 2012. Pengaruh Pengalaman kerja, Independensi, dan Kompetensi terhadap Kualitas Hasil pemeriksaan dengan kepatuhan Etika Auditor sebagai Variabel Pemoderasi. Tesis. Program S2 Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA). Surabaya.

      Natsir, M. 2008. Studi Efektivitas mekanisme Transmisi Kebijakan Moneter di Indonesia Melalui Jalur Suku Bunga, Jalur Nilai tukar, dan Jalur Ekspektasi Inflasi Periode 1990: 2-2007:1. Disertasi. Program Pascasarjana Universitas Airlangga. Surabaya.

    • Rujukan dari artikel dari Internet, aturan penulisan: nama belakang, singkatan (inisial) nama depan dan nama tengah (jika ada), tahun, judul, alamat email (cetak miring), tanggal dan jam unduh.

      Yahya, H. 2005. Realitas dan Pancaindra Anda. http://www.pesanharunyahya.com dan info@harunyahya.com. 27 Januari 2008 (14:35).

    • Rujukan Makalah Pidato Ilmiah dan semacamnya, aturan penulisan: nama belakang, singkatan (inisial) nama depan dan nama tengah (jika ada), tahun, judul, sifat/tujuan makalah (cetak miring), nama kegiatan, tanggal kegiatan, kota tempat kegiatan.

      Takwim, B. 2005. Habitus: Perlengkapan dan Kerangka Panduan Gaya Hidup. Makalah Diskusi Panel. Extension Course Resistensi Gaya Hidup. Forum Studi Kebudayaan Institut Teknologi Bandung. 20 Mei. Bandung.

    • Rujukan Artikel dari Majalah atau Surat Kabar, aturan penulisan: nama belakang, singkatan (inisial) nama depan dan nama tengah (jika ada), tahun, judul artikel (cetak miring), nama majalah/surat kabar, tanggal, halaman, kota penerbit.

      Mangunwijaya, Y.B.1992. Pendidikan Manusia Merdeka. Harian kompas. 11 Agustus. Halaman 15. Jakarta.

    • Rujukan berita dari Majalah atau Surat Kabar, aturan penulisan: nama majalah/surat kabar, tahun, judul berita (cetak miring), nomor dan/atau volume (jika), tanggal, halamn, kota penerbit.

      Koran Tempo. 2002. Belajar dari Skandal Enron.5 Februari. Halaman 21. Jakarta.

      Majalah Tempo. 2002. Jatuhnya Enron. No.XXXVIII.23 Januari. Halaman 18. Jakarta.

    • Rujukan berita berasal dari Arsip atau Manuskrip, aturan penulisan: nama lembaga pemilik arsip atau manuskrip, judul arsip atau manuskrip, nomor arsip (jika ada).

      Arsip UGM, Kliping Media September 1998, AS1/PA.KM/129.

      Arsip UGM, Kliping Media September 1998.

  13. Penulis dapat mengirimkan naskah secara daring melalui https://jurnal.ugm.ac.id/khazanah , disertai foto profil dan curriculum vitae terbaru.
  14. Penyunting berhak menyeleksi dan mengedit naskah yang masuk. Kepastian pemuatan atau penolakan naskah akan diberitahukan kepada penulis. Prioritas pemuatan naskah didasarkan pada penilaian substansi dan urutan naskah yang masuk ke KHAZANAH: Jurnal Pengembangan Kearsipan. Substansi artikel sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Naskah yang tidak dimuat tidak akan dikembalikan.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam web Khasanah: Jurnal Pengembangan Kearsipan ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
  2. Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Khasanah: Jurnal Pengembangan Kearsipan berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
  3. Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.

  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.

 

Author Fees

This journal charges the following author fees.

Article Submission: 0.00 (IDR)
Authors are not required to pay an Article Submission Fee as part of the submission process.

Fast-Track Review: 0.00 (IDR)
With the payment of this fee, the review, editorial decision, and author notification on this manuscript is guaranteed to take place within 4 weeks.

Article Publication: 0.00 (IDR)
If this paper is accepted for publication, you will not be asked to pay an Article Publication Fee to cover publications costs.