Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Khazanah: Jurnal Pengembangan Kearsipan?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

  1. Artikel belum pernah dipublikasikan dalam media lain dan tidak mengandung unsur plagiat.
  2. Artikel dapat memuat hasil penelitian, kajian maupun konseptual (lepas) dan aplikasi teori, studi pustaka, uji coba laboratorium, hasil seminar dan laporan kasus dalam bidang kearsipan. Artikel dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia sepanjang 15-25 halaman termasuk daftar pustaka, foto, gambar/diagram dan tabel, pada kertas A4 dengan margin atas dan kiri 4 cm, margin bawah dan kanan 3 cm. Artikel ditulis dengan menggunakan font Times New Roman, 12pt, dan spasi 1,5.
  3. Pada artikel dicantumkan Nama Penulis, apabila tulisan merupakan hasil penulisan kelompok maka urutan nama Penulis harus sudah berdasarkan kesepakatan semua penulis. Nama Penulis ditebalkan dan menggunakan font Times New Roman, 12pt.
  4. Artikel harus disertai alamat penulis meliputi: Nama lembaga asal penulis serta alamat email. Penulisan alamat untuk penulis artikel menggunakan Times New Roman ukuran font 12pt.
  5. Artikel harus disertai dengan INTISARI dalam Bahasa Indonesia dan ABSTRACT dalam Bahasa Inggris dengan jumlah kata maksimum 200 kata dalam satu paragraph, menggunakan Times New Roman ukuran font 12pt, spasi 1. Penulisan kata INTISARI  dan ABSTRACT menggunakan huruf kapital, Times New Roman ukuran font 12, ditebalkan dan dicetak miring untuk Bahasa Inggris. INTISARI dan ABSTRACT harus disertai dengan Kata Kunci dan Keywords masing-masing terdiri 3-5 kata disusun secara alfabet dengan spasi 1. Penulisan kata Kata Kunci menggunakan huruf kapital di awal kata, Times New Roman, ukuran font 12pt, dan ditebalkan. Untuk kata Keywords ditulis menggunakan huruf kapital di awal kata, Times New Roman, ukuran font 12pt, cetak tebal dan miring.
  6. Artikel terdiri dari PENGANTAR, PEMBAHASAN, dan SIMPULAN.
  7. PENGANTAR ditulis huruf kapital, Times New Roman, ukuran font 12pt dan ditebalkan. Pengantar berisikan latar belakang masalah; rumusan masalah; tujuan dan manfaat penelitian; metode penelitian; dan kerangka pemikiran. Pengantar mengacu pada beberapa pustaka yang menjadi landasan atau alasan penelitian/kajian.
  8. PEMBAHASAN ditulis dengan huruf kapital, Times New Roman, ukuran font 12pt dan ditebalkan. Pembahasan meliputi: sajian secara bersistem, hanya data/informasi yang terkait dengan tujuan penelitian/kajian. Tujuan Pembahasan adalah untuk mengetahui sejauh mana hasil penelitian/kajian.
  9. SIMPULAN diketik dengan huruf kapital, Times New Roman, ukuran font 12pt dan ditebalkan, berisi kesimpulan dan saran yang melebur tidak berdiri sendiri.
  10. Teknik Penulisan Kutipan
    Penulisan kutipan dianjurkan menggunakan Mendeley Reference Management Tools. Artikel yang menggunakan kutipan wajib mencantumkan sumbernya/sitasi, dengan menyebutkan nama penulis, tahun dan halaman yang dikutip. Adapun cara penulisan kutipan apabila tidak menggunakan Mendeley Reference Management Toolsadalah sebagai berikut:
    1. Kutipan Langsung

      Kutipan langsung merupakan pernyataan yang ditulis dalam susunan kalimat aslinya tanpa mengalami perubahan sedikitpun.

      Contoh:

      ”……………….pemusnahan arsip dilakukan secara total sehingga tidak dapat dikenal lagi baik isi maupun bentuknya”(Sugiarto dan Teguh Wahyono, 2015:96).

      Etty Indriati (2003:5) menyatakan bahwa:

      Tabel harus bisa berdiri sendiri tanpa teks. Oleh karenanya, satuan-satuan ukuran yang digunakan harus dicantumkan dalam tabel. Singkatan-singkatan yang ada perlu diterangkan pula kepanjangannya dibagian bawah tabel. Demikian pula judul tabel harus menggambanrkan variable-variabel yang ada dalam isi tabel.

      “Rudestam & Newton (1992) dalam Etty Indriati (2003:5) menekankan bahwa tugas penulisan hasil adalah untuk memberikan laporan yang lengkap secara singkat, jelas, sederhana tanpa harus mendiskusikan arti hasil penelitan atau mengulang semua informasi yang ada didalam tabel”.

      “Pedoman Tata Kelola Arsip sudah ada berupa pola klasifikasi dan peraturan Bupati Banyumas tetapi penataan belum sesuai dengan prosedur kearsipan”. (wawancara Bapak Karsidi, 23 Agustus 2017)

    2. Kutipan tidak langsung

      Kutipan tidak langsung merupakan pengungkapan kembali maksud penulisan dengan kata-kata penulis sendiri, yang dikutip hanya pokok-pokok pikiran atau ringkasan, kesimpulan dari sebuah tulisan.Contoh:

      Dibalik pertumbuhan itu, dalam konteks dunia akademis universitas dan perguruan tinggi, gelombang pasang dokumen di kita yang dihasilkan fakultas dan mahasiswa serta kebutuhan membuat dokumen-dokumen ini lebih banyak tersedia (Falk, 2003:375).

    3. Kutipan langsung dari internet

      Contoh:

      “Arsip tidak bisa lepas dari kegiatan administrasi, dalam arti kegiatan administrasi pasti akan menghasilkan arsip. Arsip tidak hanya dikelola dan disimpan oleh unit kerja atau lembaga kearsipan saja, namun seorang individu personal juga bisa melakukan kegiatan pengelolaan dan penyimpanan arsip”.(http://arsip.ugm.ac.id/2018/04/05/benchmarking-dari-rsup-dr-sardjito/, diakses tanggal 6 September 2018)

    4. Kutipan tidak langsung dari internet.

      Contoh:

      Menurut Absurditas Malka dalam blognya http://absurditasmalka.blogspot.co.id/2017/01/cara-menulis-daftar-pustaka-dari-internet.html, kita boleh menjadikan informasi dari internet sebagai daftar pustaka.

  11. Teknik Penggunaan Foto, Tabel, Diagram dan/atau Gambar.

    Jumlah foto, tabel, diagram dan/atau gambar dalam satu naskah maksimal 6. Ukuran foto, gambar, atau digram maksimal 1/3 halaman, serta panjang tabel maksimal 2/3 halaman (dari atas ke bawah). Penggunaan foto, tabel, diagram dan/atau gambar wajib mencantumkan sumbernya. Berikut contoh penggunaan foto, tabel, diagram dan/atau gambar dalam sebuah artikel:


    Foto 1
    Keterangan Foto
    Sumber:………..……….


    Tabel 1
    Perbandingan Algoritma A dan Algoritma B

    Algoritma

    Waktu Proses

    Ketelitian

    Memori

    A

    120 ms

    98 %

    200 KB

    B

    105 ms

    95 %

    415 KB

    Sumber:…………………….………………………….



    Gambar 1
    Keterangan Gambar
    Sumber Gambar: ………...

    Sedangkan penulisan sumber foto, tabel, diagram dan/atau gambar dapat dilihat seperti contoh berikut ini:

    • Jika sumber berasal dari data primer penulisan: data primer, tahun.

      Contoh: Data Primer, 2000.

    • Jika sumber berasal dari buku: nama penulis, tahun: halaman.

      Contoh: Joko, 1998:18.

    • Jika sumber berasal dari jurnal : nama penulis, tahun, nama jurnal, (edisi/volume), halaman.

      Contoh: Antok, 2001, Khazanah (2), 8-10.

    • Jika sumber berasal dari manuskrip/arsip: nama lembaga pemilik arsip/manuskrip, judul arsip, nomor arsip/manuskrip (jika ada).

      Contoh: Arsip UGM, Laporan Tahunan Rektor UGM 1993, AS1/IP.LU/1.
      Arsip UGM, Laporan Tahunan Rektor UGM 1993.

  12. Teknik Penulisan DAFTAR PUSTAKA
    Dalam penulisan Daftar Pustaka, Khazanah: Jurnal Pengembangan Kearsipan mengikuti model penulisan APA 6th Edition (American Psychological Association). Peulisan Daftar Pustaka dianjurkan menggunakan Mendeley Reference Management Tools. Daftar Pustaka ditulis dengan huruf kapital, Times New Roman, ukuran font12 dan ditebalkan.  Unduh contoh penulisan Daftar Pustaka tanpa menggunakan Reference Management Tools (Mendeley, dsb) di sini.
  13. Penulis dapat mengirimkan naskah secara daring melalui https://jurnal.ugm.ac.id/khazanah , disertai foto profil dan curriculum vitae terbaru.
  14. Penyunting berhak menyeleksi dan mengedit naskah yang masuk. Kepastian pemuatan atau penolakan naskah akan diberitahukan kepada penulis. Prioritas pemuatan naskah didasarkan pada penilaian substansi dan urutan naskah yang masuk ke KHAZANAH: Jurnal Pengembangan Kearsipan. Substansi artikel sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Naskah yang tidak dimuat tidak akan dikembalikan.
Unduh Panduan Penulisan Khazanah: Jurnal Pengembangan Kearsipan di sini. Unduh Template Naskah Khazanah: Jurnal Pengembangan Kearsipan di sini.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Naskah bukan merupakan hasil dari bentuk perbuatan plagiasi.
  2. Naskah belum pernah dipublikasikan sebelumnya atau sedang dalam proses review pada jurnal yang lain.

  3. Naskah yang diunggah dalam format dokumen OpenOffice, Microsoft Word, atau RTF.
  4. Menggunakan aplikasi manajemen referensi (Mendeley) dan telah menyantumkan URLs yang digunakan sebagai bahan referensi (jika ada)
  5. Naskah telah menyesuaikan dengan panduan dan template yang telah ditetapkan Redaksi dalam Author Guidelines, yang dapat diakses pada laman About the Journal.
  6. Telah melaksanakan prosedur Ensuring a Blind Review untuk memastikan proses review dalam berjalan sebagaimana mestinya.
  7. Telah melengkapi informasi di profile seperti nomor telepon dan email yang aktif untuk memudahkan komunikasi dengan Redaktur
 

Copyright Notice

Penulis yang naskahnya diterbitkan menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Hak publikasi atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam web Khasanah: Jurnal Pengembangan Kearsipan ini dipegang oleh dewan redaksi dengan sepengetahuan penulis (hak moral tetap milik penulis naskah).
  2. Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Khasanah: Jurnal Pengembangan Kearsipan berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
  3. Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara cetak dan elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Selain tujuan tersebut, dewan redaksi tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.

  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.

 

Author Fees

This journal charges the following author fees.

Article Submission: 0.00 (IDR)
Authors are not required to pay an Article Submission Fee as part of the submission process.

Fast-Track Review: 0.00 (IDR)
With the payment of this fee, the review, editorial decision, and author notification on this manuscript is guaranteed to take place within 4 weeks.

Article Publication: 0.00 (IDR)
If this paper is accepted for publication, you will not be asked to pay an Article Publication Fee to cover publications costs.