Lembaga Kearsipan Perguruan Tinggi, Upaya Institusi Menjawab Tantangan Zaman

https://doi.org/10.22146/khazanah.22943

Herman Setyawan(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Setiap institusi mengalami perkembangan dari masa ke masa. Perkembangan ini diiringi oleh pertumbuhan volume arsip yang tercipta seiring aktivitas administratif yang dilakukan. Arsip yang tercipta berguna sebagai bukti kepemilikan aset, bahan evalusai, dan bahan pengambilan keputusan.

Meskipun arsip memiliki banyak fungsi vital, banyak institusi yang masih mengalami kesulitan dalam mengelola, begitu juga dengan arsip perguruan tinggi. Peran lembaga kearsipan bagi institusi perguruan tinggi bukan hanya meringankan beban dalam mengelola arsip, namun juga membantu institusinya dalam menjalani tuntutan kemajuan zaman yang semakin cepat berkembang.

Ini artinya lembaga kearsipan perguruan tinggi memiliki peran yang sangat strategis. Dalam rangka melaksanakan manajemen kearsipan, lembaga kearsipan perguran tinggi membutuhkan sistem kearsipan. Sistem tersebut seharusnya dijalankan oleh teamwork, dengan perencanaan-perencanaan yang matang, pelaksanaan yang solid, dan evaluasi yang terukur. Untuk menjalankan sistem tersebut dibutuhkan sumberdaya manusia yang andal, sarana dan prasarana yang memadai, dana yang mencukupi, serta adanya unit khusus yang bertugas mengelola arsip.


Keywords


lembaga kearsipan perguruan tinggi

Full Text:

PDF


References

-----------. Kamus Besar Bahasa Indonesia. [Online]. Tersedia di: http://kbbi.web.id/ diakses pada tanggal 2 Februari 2016 detiksport.com/sepakbola/ diakses pada 2 Februari 2016. The Liang Gie. 2000. Administrasi Perkantoran Modern. Yogyakarta: Liberty. Togar M Simatupang. 1995. Teori Sistem Suatu Perspektif Teknik Industri. Yogyakarta: Andi Offset. Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan.



DOI: https://doi.org/10.22146/khazanah.22943

Article Metrics

Abstract views : 4178 | views : 12657

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 The authors

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics

View My Stats