Peran “Sintalitas” dalam Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Pertanian Padi pada Kelompok Tani Sedyo Luhur di Boyolali

https://doi.org/10.22146/kawistara.74634

Dina Sulistyo Wibowo(1), Hermin Indah Wahyuni(2*), Ratih Ineke Wati(3)

(1) Universitas Gadjah Mada
(2) Universitas Gadjah Mada
(3) Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar belakang penelitian adalah terdapat pengadaan alat dan mesin pertanian (alsintan) oleh pemerintah, tetapi pemanfaatannya tidak efektif. Pemerintah juga menggelar sosialisasi UPJA, tetapi belum tumbuh di setiap kelompok tani (poktan). Masalah penelitian adalah tentang sintalitas Poktan Sedyo Luhur dalam optimalisasi pemanfaatan mesin tanam bibit padi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sintalitas Poktan Sedyo Luhur dalam optimalisasi pemanfaatan mesin tanam bibit padi. Metode yang digunakan adalah deskriptif secara kualitatif. Lokasi penelitian di Poktan Sedyo Luhur yang berlokasi di Desa Dibal Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Poktan Sedyo Luhur memiliki sintalitas dalam optimalisasi pemanfaatan mesin tanam bibit padi yang ditunjukkan melalui sifat sintalitas, sifat struktur, dan sifat populasinya. Sifat sintalitas ditunjukkan oleh Poktan Sedyo Luhur yang memiliki pengaruh baik bagi individu anggota maupun anggota bagian dari poktan dan poktan menjalin kerja sama dengan berbagai mitra dalam pengoptimalan pemanfaatan mesin tanam bibit padinya, tetapi jalinannya kurang baik dengan dinas pertanian. Sifat struktur poktan ditunjukkan oleh keberadaan seksi alsintan yang mengelola alsintan bertaraf UPJA dengan 75 persen anggota berperan dalam memanfaatkan alsintan tersebut. Poktan Sedyo Luhur juga mengelola mesin tanam bibit padinya yang disertai dengan batasan norma-norma. Sifat populasi poktan ditunjukkan oleh mayoritas anggota memiliki umur di atas 40 tahun dengan pekerjaan lain di luar pertanian. Poktan Sedyo Luhur harus meningkatkan hubungannya dengan dinas pertanian dan juga meregenerasi anggotanya.


Keywords


Kelompok Tani; Mesin Tanam Bibit Padi; Pemanfaatan; Optimalisasi; Sintalitas

Full Text:

PDF


References

Aldillah, R. (2016). Kinerja Pemanfaatan Mekanisasi Pertanian dan Implikasinya dalam Upaya Percepatan Produksi Pangan di Indonesia. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 34(2), pp: 163-177.

Alihamsyah, T. (2016). Mobilisasi Alsintan Berdasarkan Kalender Tanam pada Budidaya Padi di Kabupaten Grobogan,Jawa Tengah. Jurnal Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian,
19(2):177-188.

Anonim. (2019). Selain Dipakai Petani,Alsintan dari Kementan Bisa Disewakan. Diakses pada tanggal 7 April 2021, dari http://www.news.okezone.com.

Arifin, B. S. (2015). Dinamika Kelompok. Bandung: Pustaka Setia.

Budi. (2018). Peran Poktan/Gapoktan dalam mengelola UPJA. Diakses pada tanggal 7 April 2021, dari http://www.distan. bulelengkab.go.id.

Dictionary. (2022). Dictionary.com. Diakses pada tanggal 19 April 2022. http://www.dictionary.com/browse/syntality.

Fujiarta, P. I., Sarjana, I. D. G. R., dan Putra, I. G. S. A. P. (2019). Faktor yang Berkaitan
dengan Tahapan Adopsi Petani terhadap Teknologi Mesin Rice Transplanter. E-Jurnal Agribisnis dan Agrowisata, 8(1),pp: 29-38.

Hariadi, S. S. (2011). Dinamika Kelompok:Teori dan Aplikasinya untuk Analisis Keberhasilan Kelompok Tani sebagai Unit Belajar, Kerjasama, Produksi, dan Bisnis. Yogyakarta:Sekolah Pascasarjana, UGM.

Harisman, K. (2014). Pengaruh Kemampuan Kerja Sama Kelompok Tani Terhadap Penerapan Teknologi System of Rice Intensification (SRI) di Kabupaten Sumedang. ISSN 1979-8911 Edisi Agustus, 8(2), pp:217-228.

Hermanto, Ashari, H. Tarigan, F. B. M. Dabukke, dan A. R. Rachmita. (2018). Laporan Analisis Kebijakan: Optimalisasi Pemanfaatan Bantuan Alat dan Mesin Pertanian dan Dampaknya Terhadap Peningkatan Produksi. Jakarta: Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian
Sekretariat Jenderal Kementerian Pertanian.

Johnson, D. dan Johnson, F. (2014). Joining Together : Group Theory and Group Skills. England: Pearson Education Limited.

Kumar, A. A., Tewari, V. K., Maiti, J., dan Nare, B. (2015). Design and Selection of Agricultural Machinery Using a Quality Function Deployment Technique. CIGR Journal, 17(4): 91-99.

Mardikanto, T. (1996). Penyuluhan Pembangunan Kehutanan. Surakarta: UNS Press.

Mohamed, MA., Khiery, ANO., dan Rahama, AE. (2017). Optimization Model for Machinery Selection of Multi Crop Farms in Elsuki Agriculture Scheme. Turkish Journal of Agriculture-Food Science and Technology, 5(7): 739-744.

Mottaleb, A. A., Rahut, D. B., Ali, A., Gerard, B., dan Erenstein, O. (2016). Enhancing Smallholder Access to Agricultural Machinery Services: Lessons from Bangladesh. The Journal of Development Studies, 53(9), pp: 1502-1517.

Neuman, W.L. (2017). Metodologi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif Edisi 7. Jakarta: Indeks.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H. (2019). Mekanisasi Pertanian Dan Pengembangan Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA). Forum Penelitian Agro Ekonomi, 36(2): 117-128.

Widowati, E. H. 2019. Pemanfaatan Alsintan Persawahan di Jawa Tengah Relatif Efektif.
Diakses pada tanggal 7 April 2021. http://www.bappeda.jatengprov-.go.id.

Yanzina, E., Yanzin, V., Mamai, O., dan Parsova, V. (2019). Improving Efficiency of Agricultural Machinery Exploitation as Factor of Optimization Use of Agricultural Land. Engineering For Rural Development di Jelgava pada tanggal 22-24 Mei 2019: 117-122.



DOI: https://doi.org/10.22146/kawistara.74634

Article Metrics

Abstract views : 257 | views : 254

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Dina Sulistyo Wibowo; Hermin Indah Wahyuni; Ratih Ineke Wati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kawistara is published by the Graduate School, Universitas Gadjah Mada.