Pengaruh Komponen 4A terhadap Minat Berkunjung Kembali dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening pada Telaga Biru Cisoka, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten

https://doi.org/10.22146/kawistara.69846

Nurbaeti Nurbaeti(1), Myrza Rahmanita(2*), Amrullah Amrullah(3), Heny Ratnaningtyas(4), Elda Nurmalinda(5)

(1) Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti
(2) Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti
(3) Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti
(4) Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti
(5) Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atraksi, aksesbilitas, amenitas dan ancillary terhadap minat berkunjung kembali dengan kepuasan sebagai variabel intervening pada Telaga Biru Cisoka, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Metode penelitian ini menggunakan analisis jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah  kaum milenial yang mengunjungi Telaga Biru Cisoka, sedangkan sampel berjumlah 150 responden. Teknik  pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial hanya ancillary yang tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kaum milenial dan minat berkunjung kembali kaum milenial. Kemudian secara parsial secara parsial hanya ancillary tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung kembali kaum milenial melalui kepuasan kaum milenial. Telaga Biru Cisoka memberikan kepuasan dan minat kunjung kembali karena: (1) adanya atraksi alam berupa keindahan warna telaga dan atraksi buatannya meliputi wisata selfie, ayunan, jungkat-jungkit, flying fox, wahana bebek, penyewaan perahu; (2) karena adanya aksebilitas yang baik dan mudah dijangkau seperti kondisi jalan berbeton dan beraspal, jarak tempuh yang singkat, transportasi yang memadai; (3) adanya amenitas yang cukup meliputi area parkir cukup luas, air bersih yang sudah ada, warung makan. Untuk Pengelola Objek Wisata disarankan menambah atraksi baru, melengkapi dan mengelola serta merawat fasilitas.


Keywords


Komponen 4A Pariwisata; Kepuasan;Minat Berkunjung Kembali.

Full Text:

PDF


References

Alfitriani., Putri, W. A., & Ummasyroh. (2021). Pengaruh Komponen 4A Terhadap Minat Kunjung Ulang Wisatawan Pada Destinasi Wisata Bayt Al-Qur’an Al-Akbar Kota Palembang. Jurnal Aplikasi Manajemen & Bisnis, 1(2): 66-77. doi: https://doi.org/10.5281/zenodo.4697464

Alvianna, S., Patalo, R. G., Hidayatullah, S., & Rachmawati, I. K. (2020). Pengaruh Attraction, Accessibillity, Amenity, Ancillary Terhadap Kepuasan Generasi Millenial Berkunjung ke Tempat Wisata. Jurnal Kepariwisataan, 4(1): 53-59. doi:10.34013/jk.v4i2.41

Ariya, G., Wishitemi, B., & Sitati, N. (2017). Tourism Destination Attractiveness as Perceived by Tourists Visiting Lake Nakuru National Park, Kenya. International Journal of Research in Tourism and Hospitality (IJRTH), 3(4): 1-3. http://dx.doi.org/10.20431/2455-0043.0304001

Aulet, S., & Duda, T. (2020). Tourism Accessibility and Its Impact on the Spiritual Sustainability of Sacred Sites. Sustainability, 12: 2-19. doi:10.3390/su12229695

Chin, C-H., Law, F-Y., Lo, M-C., & Ramayah, T. (2018). The Impact of Accessibility Quality and Accommodation Quality on Tourists’ Satisfaction and Revisit Intention to Rural Tourism Destination in Sarawak: The Moderating Role of Local Communities’ Attitude. Global Business and Management Research: An International Journal, 10(2): 115-127.

Kirom, N. R., Sudarmiatin., & Putra, I. W. J. A. (2018). The Influence of Tourist Attractions Towards the Tourists’ Satisfaction. 1st IRCEB The First International Research Conference on Economics and Business: 270-288. doi: 10.18502/kss.v3i3.1889

La Are, R. (2018). Analysis Of Tourism Attraction, Accessibility, Amenities, and Ancillary Services Towards Loyalty with Customer Satisfaction as Intervening Variable in Betawi Setu Babakan Jakarta. Emerging Markets: Business and Management Studies Journal, 4(2), 40-50. doi: https://doi.org/10.33555/ijembm.v4i2.2

Lee, S-M., Honda, H. C., Ren, G., & Lo, Y.C. (2016). The Implementation of Green Tourism and Hospitality. Journal of Tourism & Hospitality, 5(4): 1-5. doi:10.4172/2167-0269.1000233

Mandic, A., Mrnjavac, Z. (2018). Tourism Infrastructure, Recreational Facilities and Tourism Development. Tourism and Hospitality Management, 24(1): 1-22. doi:10.20867/thm.24.1.12

Marpaung, H., & Sahla, H. (2017). Pengaruh Daya Tarik Dan Aksesibilitas Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Ke Air Terjun Ponot Di Desa Tangga Kecamatan Aek Songsongan Kabupaten Asahan. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu UNA: 1151-1160. doi: 10.31219/osf.io/mz5gy

Nafis, R. W., Sudarmiati., & Sutrisno. The Effect of Tourism Attractiveness and Destination Image on Revisit Intention Through Tourist Satisfaction (Study on Domestic Tourists of Mount Bromo, Malang, East Java). European Journal of Business and Management, 11(1): 92-97. doi: 10.7176/EJBM/11-11-12

Ningtiyas, E. A., & Alvianna, S. (2021). Analisis Pengaruh Attraction, Accessibility, Amenity, Ancillary terhadap Minat Berkunjung Wisatawan melalui Loyalitas Wisatawan sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Media Wisata, 19(1): 83-96. doi: https://doi.org/10.36276/mws.v19i1.379

Ningtiyas, E. A., Alvianna, S., Hidayatullah, S., Sutanto, D. H., Waris, A. (2021). Analisis Pengaruh Attraction, Accessibility, Amenity, Ancillary Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Melalui Loyalitas Wisatawan Sebagai Variabel Mediasi. Media Wisata, 19(1): 83-96. doi: 10.36275/mws

Nurbaeti., Rahmanita, M., Ratnaningtyas., & Amrullah. (2021). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Aksesbilitas, Harga Dan Fasilitas Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Objek Wisata Danau Cipondoh, Kota Tangerang. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 10(2): 269-278. doi: http://dx.doi.org/10.23887/jish-undiksha.v10i2.33456

Ramadhani, S. A., Setiawan, H., & Rini. (2021). Analisis Pengaruh Atraksi Wisata, dan Ancillary Service terhadap Minat Kunjung Ulang pada Objek Wisata Bukit Siguntang. Jurnal Terapan Ilmu Ekonomi Manajemen dan Bisnis (JTIEMB), 1(3): 124-134. http://jurnal.polsri.ac.id/index.php/jtiemb

Robustin, T. P., Sularso, R. A., Suroso, I., & Yulisetiarini. (2018). Contribution of Tourist Attraction, Accessibility and Amenities in Creating Tourist Loyalty in Indonesia. Journal of Business and Economics Review, 3(4): 92-98. doi:10.35609/jber.2018.3.4(3)

Simanihuruk, M. (2019). Tourist Attraction and Tourist Facilities Intentions to Visitor Satisfaction: Case of Sindang Barang Cultural Village. E-Journal of Tourism, 6(2): 210-224. doi: https://doi.org/10.24922/eot.v6i2.53472

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Surat Edaran Bupati Tangerang dengan Nomor: 443.2/2236-Bag.Um/2021 tentang penutupan obyek wisata di wilayah Kabupaten Tangerang.

Syahrial & Badollahi, M. Z. (2020). Development of a Community-Based Marine Tourism Attraction in the Samboang Beach in Bulukumba Regency. Journal La Bisecoman, 1(2): 1-9. doi: https://doi.org/10.37899/journallabisecoman.v1i2.83

Wiratini, N. N. A., Setiawina, N. D., & Yuliarmi, N. N. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Kunjungan Kembali Wisatawan Pada Daya Tarik Wisata di Kabupaten Badung. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 7(1): 279-308. doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2018.v07.i01.p10



DOI: https://doi.org/10.22146/kawistara.69846

Article Metrics

Abstract views : 2808 | views : 1916

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Heny Ratnaningtyas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kawistara is published by the Graduate School, Universitas Gadjah Mada.