Kontribusi Pemuda dalam Menjawab Permasalahan Sosial Ekonomi Pascabencana

https://doi.org/10.22146/studipemudaugm.36815

Ratna Istriyani(1*)

(1) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kudus
(*) Corresponding Author

Abstract


Bencana merupakan masalah serius sebab tidak hanya berdampak pada kerusakan fisik melainkan juga aset produktif atau sumber daya alam yang kemudian mempengaruhi aspek sosial ekonomi masyarakat. Krisis tersebut tidak cukup hanya diatasi dengan upaya pragmatis yaitu distribusi bantuan. Namun, butuh upaya solutif untuk mengatasi kevakuman aktivitas produktif masyarakat korban bencana. Salah satunya adalah mekanisme kewirausahaan sosial dengan didorong oleh aktor yang inovatif dalam meramu ide sesuai dengan masalah yang terjadi dan kapasitas lokal yang dapat diberdayakan. Pemuda dalam hal ini merupakan aktor potensial dan kreatif yang mampu menjawab kompleksitas masalah tersebut melalui social entrepreneurship. Hal itu tercermin dalam pengelolaan daerah terdampak bencana menjadi destinasi wisata di Umbulharjo Cangkringan yang kemudian dinamakan dengan wisata Volcano Tour.

 

Tim Volcano Tour adalah organisasi yang bergerak pada pengelolaan daerah terdampak bencana menjadi wisata. Tim tersebut diinisiasi dan dirintis oleh tokoh muda lokal, dengan melibatkan masyarakat lokal (korban bencana) agar dapat merasakan manfaat sosial maupun ekonomi. Dengan demikian, tokoh muda dalam hal ini berposisi sebagai social entrepreneur. Secara ekonomi, pengelolaan wisata erupsi menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat lokal. Secara sosial, pengelolaan wisata erupsi melalui Tim Volcano Tour mampu menjamin pemerataan akses ekonomi, mereduksi gesekan sosial yang sempat muncul, menciptakan kohesi sosial, dan perubahan mindset.


Keywords


social entrepreneurship; pemuda; volcano tour

Full Text:

PDF


References

Anonim. Potensi Bencana Indonesia (http://www.hpli.org/bencana.php dikutip pada 3 Agustus 2016 Pukul 21.07 WIB).

Asriani, Deshinta Dwi dan Dewi Cahyani Puspitasari. 2011. “Modal Sosial Kelompok Pemuda Dalam Proses Pemulihan Pasca Bencana” Pp 127-143 dalam Azca, Margono, dan Wildan. Pemuda Pasca Orba: Potret Kontemporer Pemuda Indonesia. Yogyakarta: YouSure Fisipol UGM.

Bornstein, David dan Susan Davis. 2010. Social Entrepreneurship (What Everyone Needs To Know. New York: Oxford University Press.

Bornstein, David. 2006. Mengubah Dunia: Kewirausahaan Sosial dan Kekuatan Gagasan Baru. Terjemahan Bambang Agung. Yogyakarta: InsistPress Nurani Dunia.

Cho, Albert Hyunbae. 2006. “Politics, Values, and Social Entrepreneurship: A Critical Appraisal” Pp 34-56 dalam Mair, Robinson, and Hockerts. Social Entrepreneurship. New York: Palgrave Macmillan.

Dhewanto, et. al,, dkk. 2013. Inovasi dan Kewirausahaan Sosial: Panduan Dasar Menjadi Agen Perubahan. Bandung: Alfabeta.

Effendi, Tadjuddin Noer. 1995. Sumber Daya Manusia, Peluang Kerja, dan Kemiskinan. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Haugh, Hellen. 2006. “Social Entreprise: Beyond Economic Outcomes and Individual Return” Pp 180-205 dalam Mair, Robinson, and Hockerts. Social Entrepreneurship. New York: Palgrave Macmillan.

International Journal of Tourism Research Vol.4 No.6 Tahun 2002.

Margono, Subando Agus 2011. “Pemuda dan Transformasi Pasca Orde Baru” Pp 3-17 dalam Azca, Margono, dan Wildan. Pemuda Pasca Orba: Potret Kontemporer Pemuda Indonesia. Yogyakarta: YouSure Fisipol UGM.

Perrini, Francesco and Clodia Vurro. 2006. “Social Entrepreneurship: Innovation and Social Change Across Theory and Practice” Pp 57-85 dalam Mair, Robinson, and Hockerts. Social Entrepreneurship. New York: Palgrave Macmillan.

Saifan, Samer Abu. 2012. Social Entrepreneurship: Definition and Boundaries. Diakses melalui http://timriview.ca/article/523 pada tanggal 21 Oktober 2014 pukul 10.18 WIB.

Satries, Wahyu Ishardino. 2009. “Peran Serta Pemuda Dalam Pembangunan Masyarakat”. Jurnal Madani Edisi I Mei 89-93.

Siraishi, Saya Sasaki. 2001. Pahlawan-Pahlawan Belia: Keluarga Indonesia Dalam Politik. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.



DOI: https://doi.org/10.22146/studipemudaugm.36815

Article Metrics

Abstract views : 6125 | views : 12354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Studi Pemuda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 


   Jurnal Studi Pemuda (Online ISSN 2527-3639Print ISSN 2252-9020)  is published by the Youth Studies Centre in collaboration with Faculty of Social and Political Science, Universitas Gadjah Mada.  

 

View My Stats