Jurnal Rekayasa Proses

Pengantar dari Redaksi

Secara konvensional, ilmu teknik kimia yang telah berkembang menjadi disiplin ilmu yang sangat matang, kebanyakan diasosiasikan dengan produksi komoditas-komoditas kimia berbasis minyak bumi. Industri kilang minyak dan petrokimia menjadi lahan utama aplikasi ilmu teknik kimia yang fokus utamanya adalah pada scale-up dan optimalisasi proses.

Perubahan besar telah terjadi secara global dengan dipicu oleh makin kerasnya kompetisi memperebutkan sumber daya minyak bumi yang semakin berkurang dan pangsa pasar yang semakin dijejali produsen-produsen komoditas sejenis. Dalam dekade pertama abad ke-21, juga mulai muncul masalah-masalah akibat keterbatasan sumber daya alam yang tidak terbarukan. Trend ilmu teknik kimia pun mengalami pergeseran dan perluasan dalam rangka penyesuaian dengan dinamika dunia industri. Pendekatan awal ilmu teknik kimia dalam rekayasa dan optimasi proses yang cenderung pada skala massal dan besar, saat ini juga berkembang ke arah sebaliknya, yaitu ke arah eksplorasi molekuler dan produksi eksklusif pada skala kecil dengan teknologi dan nilai produk sangat tinggi. Dengan reorientasi fokus ini, ilmu teknik kimia pun menjadi semakin luas aplikasinya, mencakup bidang-bidang industri kontemporer seperti material/biomaterial, bioteknologi, medis/farmasi, specialty chemicals, pangan, kosmetika, mikroelektronika, energi baru dan terbarukan, lingkungan, dan sebagainya.

Jurnal Rekayasa Proses (J. Rek. Pros)  diterbitkan oleh Departemen Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada sebagai jurnal ilmiah untuk mewadahi topik-topik terkini yang berkaitan dengan eksplorasi dan optimasi proses, baik pada skala besar maupun skala mikro. Terbitan pertama J. Rek. Pros telah dimulai di tahun 2007 dan berlanjut kontinyu sampai saat ini dengan terbitan dua volum per tahun. Bahasa resmi yang digunakan adalah Bahasa Indonesia, tetapi tidak menutup kemungkinan bagi artikel yang akan dipublikasikan dalam Bahasa Inggris sesuai dengan kaidah formal.

Artikel yang diterbitkan berupa review articles dan research papers. Penerimaan artikel dari penulis dan proses review dari dewan editor dilakukan menggunakan sistem jurnal online (https://jurnal.ugm.ac.id/jrekpros).

Artikel yang dimuat dalam Jurnal Rekayasa Proses adalah tulisan yang belum pernah dipublikasi dalam majalah ilmiah lainnya. Topik-topik yang merupakan fokus berupa bidang-bidang spesialisasi dalam payung rekayasa proses berikut ini:

  1. Kinetika dan katalis
  2. Sistem pemisahan dan purifikasi
  3. Rekayasa sistem proses (process system engineering)
  4. Teknologi minyak bumi, gas, dan batubara
  5. Teknologi partikel
  6. Teknik proses mineral
  7. Material dan biomaterial
  8. Rekayasa sumber daya hayati
  9. Biokimia dan teknik bioproses
  10. Biomolekuler dan rekayasa biologi
  11. Energi, air, lingkungan, dan keberlanjutan

Journal Homepage Image

Announcements

 

Call for Papers 2017

 
The executive team of JREKPROS (Jurnal Rekayasa Proses) invites authors to submit their articles here. Future Issues are for June (Vol. 11 issues 2) and November 2017 (Vol. 11,  issues 2)  
Posted: 2017-02-06 More...
 
More Announcements...

vol.9 no.1 (2015)

Table of Contents

Articles

Irma Atika Sari, Muhammad Mufti Azis, Siti Syamsiah, Sutijan
PDF
1-8
Harimurti Wicaksono, Sutijan, Ahmad Tawfiequrrahman Yuliansyah
PDF
9-15
Edwin Rizki Safitra, Budhijanto, Rochmadi
PDF
16-21
Zuliyana, Sang Kompiang Wirawan, Wiratni Budhijanto, Rochim Bakti Cahyono
PDF
22-27
Maulana Gilar Nugraha, Siti Syamsiah,, Agus Prasetya
PDF
28-35