Pelatihan Media Pembelajaran Lectora Inspire Model NBT–Plus pada Guru SMK di Kota Surakarta

https://doi.org/10.22146/jpkm.49308

Wiedy Murtini(1*), Hery Sawiji(2), Tri Murwaningsih(3), Nur Rahmi Akbarini(4)

(1) Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta
(2) Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta
(3) Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta
(4) Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Di era sekarang ini, guru dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan saat ini. Keterampilan dalam menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi sangat diperlukan bagi guru. Mempertimbangkan analisis kebutuhan, maka dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan bagi guru SMK tentang otomasi dan tata kelola perkantoran di Kota Surakarta. Tujuan pengabdian adalah untuk menambah pengetahuan guru dalam menggunakan media pembelajaran. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan rangkaian kegiatan yang meliputi tahapan persiapan, pelatihan, dan pemantauan. Tahap persiapan dilakukan melalui koordinasi tim pengabdian dan mitra, pelatihan dilakukan sepanjang hari dengan memberikan pemahaman tentang media pembelajaran di Lectora Inspire, dan tahap pemantauan dilakukan melalui WhatsApp group yang berfungsi untuk memantau pekerjaan dan memberi ruang kepada peserta untuk pembekalan informal. Output dari kegiatan pelatihan ini adalah peningkatan keterampilan guru dalam menggunakan media pembelajaran. Secara umum peserta diklat mengikuti kegiatan dengan antusias dan manfaat pelatihan ini terlihat dari 95% peserta yang mengatakan bahwa materi diklat relevan dengan kebutuhan peserta.

Keywords


Media pembelajaran; Lectora Inspire; Kemampuan guru

Full Text:

PDF


References

Akbarini, N.R., Murtini, W., & Rahmanto, A.N. (2018). The Effect Of Lectora Inspire-Based Interactive Learning Media In Vocational High School. Jurnal Pendidikan Vokasi, 8(1), 78—87.

Anitah, S. (2009). Media Pembelajaran. Surakarta: FKIP UNS.

Faruk, Alfensi. (2014). Development of Interactive Learning Media Based Lectora inspire in Discrete Method Course. In (Ed.) Proceeding of International Conference On Research, Implementation, And Education If Mathematics And Science UNY.

Mas’ud, M. (2014). Tutorial 1 Membuat Multimedia Pembelajaran dengan Lectora Inspire. Yogyakarta: Pustaka Shonif.

Murtini, W., Rapih, S., & Sawiji, H. (2017). Pemetaan Kompetensi Guru Administrasi Perkantoran Berbasis Uji Kompetensi Guru dan Alternatif Pemecahannya di Provinsi Jawa Tengah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Naz, A.A & Akbar, R.A. (2008). Use of Media for Effective Instruction its Importance: Some Consideration. Journal of Elementary Education, 18(1—2), 35—40.

Sharma, P. & Pandher, J.S. 2018. Quality of teachers in technicalhigher education institutionsin India. Higher Education, Skills and Work-Based Learning, 8(4), 511—52.

Smaldino S.E., Russell J.D, Heinich, R., & Molenda M. (2005). Instructional Technology and Media for Learning (8ed.). New Jersey: Merrill Prentice Hall.

UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Wati, E.R. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Yamin, M. (2013). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Yusutria. (2017). Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia. Jurnal Curricula, 2(1), 38—46.



DOI: https://doi.org/10.22146/jpkm.49308

Article Metrics

Abstract views : 1384 | views : 726

Refbacks





Copyright (c) 2020 Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement)

ISSN (print) 2460-9447ISSN (online) 2541-5883