RELATIONSHIP BETWEEN SELF-EFFICACY AND ACADEMIC RESILIENCE IN FIRST GRADES MEDICAL STUDENTS AT FACULTY OF MEDICINE UNIVERSITAS TANJUNGPURA

https://doi.org/10.22146/jpki.91895

Geo Susanto(1), Ita Armyanti(2*), Agustina Arundina Triharja Tejoyuwono(3)

(1) Faculty of Medicne Universitas Tanjungpura
(2) Faculty of Medicine Universitas Tanjungpura
(3) Faculty of Medicne Universitas Tanjungpura
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar belakang: Penelitian ini mengkaji peran efikasi diri sebagai faktor motivasi bagi perkembangan mahasiswa khususnya mahasiswa tahun pertama. Mahasiswa tahun pertama akan berhadapan dengan masalah penyesuaian diri terhadap lingkungan sosial baru dan masalah penyesuaian diri dengan sistem pembelajaran baru. Mahasiswa tahun pertama sebaiknya memiliki keyakinan diri dan resiliensi akademik yang baik untuk dapat bertahan menghadapi masalah-masalah dan menjalankan perkuliahaan dengan baik.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan efikasi diri dengan resiliensi akademik pada Mahasiswa Tingkat I Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura.

Metode: Penelitian ini merupakan studi analitik observasional dengan pendekatan potong lintang. Sebanyak 90 mahasiswa terpilih dengan teknik total sampling. Variabel diukur dengan menggunakan kuesioner General Self Efficacy Scale (GSES) dan Academic Resilience Scale (ARS-30). Analisis bivariat menggunakan uji korelasi Spearman’s rho.

Hasil: Hasil menunjukkan bahwa sampel didominasi memiliki tingkat efikasi diri yang tinggi (95,6%) dan mempunyai tingkat resiliensi akademik yang tinggi (87,8%).

Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan signifikan secara statistik antara efikasi diri dengan resiliensi akademik pada Mahasiswa Tingkat I Program Sarjana Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura. Uji korelasi Spearman’s rho 0,430 (sig>0,05; r = 0,084).

 

 


Keywords


efikasi diri, resiliensi akademik, mahasiswa kedokteran

Full Text:

PDF


References

DAFTAR PUSTAKA 1.Tanjung, R., Arifudin, O., Sofyan, Y., & Hendar, H. Pengaruh Penilaian Diri Dan Efikasi Diri Terhadap Kepuasan Kerja Serta Implikasinya Terhadap Kinerja Guru. J Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi). 2020: 4(1), 380-391. 2.Klassen, R. M., & Klassen, J. Self-efficacy beliefs of medical students: a critical review. Perspect Med Educ. 2018: 7(2), 76–82. 3.Maryam, S. Self efficacy anak didik pemasyarakatan di Lapas anak kelas IIA Blitar [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. 2015. 13. 4.Hasanah, U. Hubungan antara stres dengan strategi koping mahasiswa tahun pertama akademi keperawatan. J Wacana Kesehat. 2017: 2(1), 16-20. 5.Ayuningrum, P. D., Jumaini, J., & Agrina, A. Gambaran Efikasi Diri Pada Mahasiswa Baru Fakultas Keperawatan Unri Di Masa Pandemi Covid-19. J Ilm Keperawatan; 2022: 10(1), 73-83. 6.Ritonga, Marito. Pengaruh Dukungan Teman Sebaya Dan Efikasi Diri Terhadap Resiliensi Akademik Mahasiswa Stambuk 2019 Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Medan. [Skripsi]. Universitas Negeri Medan. 2020. 3. 7.Wulandari, W., & Kumalasari, D. Resiliensi Akademik Pada Mahasiswa: Bagaimana Kaitannya Dengan Dukungan Dosen?. J Psikol Malahayati, 2022: 4(1); 19-30. 8.Amelia, S., Asni, E., & Chairilsyah, D. Gambaran Ketangguhan Diri (Resiliensi) Pada Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Riau. J Online Mhs Fak Kedokteran Universitas Riau. 2014: 1(2); 1-9. 9.Hayat, A. A., Choupani, H., & Dehsorkhi, H. F. The mediating role of students' academic resilience in the relationship between self-efficacy and test anxiety. J Educ Health Promot. 2021: 10; 297. 10.Novrianto, R., Marettih, A. K. E., & Wahyudi, H. Validitas Konstruk Instrumen General Self Efficacy Scale Versi Indonesia. J Psikol. 2019: 15(1); 1-9. 11.Kumalasari, D., Luthfiyanni, N.A., & Grasiaswaty, N. Analisis Faktor Adaptasi Instrumen Resiliensi Akademik Versi Indonesia: Pendekatan Eksploratori dan Konfirmatori. J Penelitian dan Pengukuran Psikol. 2020: 9 (2), 84-95 12.Lestari, S. M. P., Oktia, D., & Sudiadnyani, N. P. Hubungan antara kemandirian dan penyesuaian diri dengan stres pada mahasiswa/i baru angkatan 2015 fakultas kedokteran umum Universitas Malahayati yang merantau di Bandar Lampung. J Med Malahayati, 2019: 3(2), 65-70. 13.Apriana, R. Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Kedokteran. J Med Hutama. 2020: 2(1), 382-389. 14.Sasmita, I. A. G. H. D., & Rustika, I. M. Peran efikasi diri dan dukungan sosial teman sebaya terhadap penyesuaian diri mahasiswa tahun pertama Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. J Psikol Udayana. 2015: 2(2), 280-289. 15.Saba RD. Hubungan self efficacy terhadap tingkat kecemasan mahasiswa tingkat pertama fakultas kedokteran universitas lampung. [Skripsi]. Fakultas Kedokteran: Universitas Lampung; 2018. 16.Afifah, N., Purna, R. S., & Sari, L. (2022). Peran Self-Efficacy Akademik terhadap Resiliensi Akademik pada Mahasiswa Tahun Pertama. CONSULENZA (Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi). 2022: 5(2), 217-225. 17.Solahudin, M., Sujiarto, H., Kosasih, U., Mudrikah, A., & Trisnamansyah, S. Peran Efikasi Diri Sebagai Mediasi Pengaruh Kemampuan Literasi Digital Terhadap Resiliensi Akademik Mahasiswa. RISALAH (Jurnal Pendidikan dan Studi Islam). 2022: 8(3), 597-572. Fajriati, N. Efikasi Diri Dan Dukungan Sosial Sebagai Prediktor Resiliensi Akademik Pada Mahasiswa Program Studi Kedokteran [Skripsi]. 2022



DOI: https://doi.org/10.22146/jpki.91895

Article Metrics

Abstract views : 84 | views : 54

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ita Armyanti, Geo Susanto, Agustina Arundina Triharja Tejoyuwono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia (The Indonesian Journal of Medical Education) indexed by:


JPKI Stats