PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN

https://doi.org/10.22146/jmpf.258

Laras Tri Saputri(1*), Achmad Fudholi(2), Sumarni Sumarni(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Dewasa ini setiap perusahaan dituntut untuk selalu sustainable dalam menghadapi dinamika lingkungan yang berubah. Salah satunya yaitu dengan mengelola sumber daya yang terdapat diperusahaan, terutama sumber daya manusia yang merupakan motor penggerak seluruh kegiatan perusahaan agar bekerja secara efektif dan efisien. Perusahaan perlu memotivasi dan menciptakan budaya organisasi yang baik agar karyawan mampu memiliki kinerja yang baik, terutama pada perusahaan yang bergerak dalam bidang pelayanan kepada masyarakat. Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten yang merupakan rumah sakit rujukan kabupaten Klaten yang memberikan pelayanan kepada masyarakat, yang mana karyawan dan pihak rumah sakit harus memiliki motivasi dan budaya organisasi yang baik guna memberikan kinerja yang baik bagi rumah sakit maupun masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan budaya organisasi terhadap kinerja di RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten.Penelitian merupakan penelitian deskriptif analitik dengan survey. Data diperoleh dengan alat ukur kuesioner dengan skala Likert. Pengambilan sampel dengan non-probability, metode purposive sampling dengankriteria inklusi karyawan tetap RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten, berusia 20-60 tahun, masa kerja minimal 1 tahun, dan bersedia menjadi responden. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 237 karyawan. Data dianalisis dengan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukan bahwa secara parsial ada pengaruh signifikan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan di RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten dengan nilaip < 0,05. Secara parsial ada pengaruh signifikan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan di RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten dengan nilai p < 0,05. Secara simultan motivasi kerja dan budaya organisasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan di RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten yang ditunjukan dengan nilai p < 0,05. Persamaan regresi yang diperoleh adalah Y=33,442 + 4,329X1 + 3,886X2.

 

Kata kunci: motivasi kerja, budaya organisasi, kinerja karyawan.


Full Text:

PDF


References

Arienawati, A. D., 2009, Analisis Pengaruh Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Instalasi Farmasi Happyland Medical Centre Yogyakarta, Tesis, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Herzberg, F., 1993, The Motivation To Work, John Wiley and Sons. Inc, New York.

Mathis, R.L, dan Jackson, J.H., 2002, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jilid 1 dan 2, Alih Bahasa: Bayu Brawira, Salemba Empat, Jakarta.

Miftah, T., 2003, Kepemimpinan Dalam Manajemen, Grafindo Perkasa, Jakarta.

Moeheriono, 2009, Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi, Ghalia Indonesia, Bogor.

Ompusunggu, D. R., 2011, Pengaruh Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Perilaku Inovatif Karyawan, Studi di RSU Universitas Kristen Indonesia Cawang Jakarta Timur, Tesis, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Priyatno, D., 2007, Mandiri Belajar SPSS Untuk Analisa Data dan Uji Statistik, Media Kom, Yogyakarta.

Rivai, V.,  Basri, 2005, Performance Appraisal: Sistem Yang Tepat Untuk Menilai Kinerja Karyawan Dan Meningkatkan Daya Saing Perusahaan, PT Rajagrafindo Persada, Jakarta.

Robbins, S. P., 2003,  Perilaku Organisasi, Jilid 1, Edisi Indonesia, PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.

Sekaran, U., 2006, Research Methods For Business, Metodologi Penelitian Untuk Bisnis, Salemba Empat, Jakarta.

Singh, A. Kr., Smrita, S., Nisha, G., Rajul, D., 1996, Impact of Work Culture on Motivation and Performance of Employees in Private Sector Companies, Journal of Public School of Business, University of Delhi, New Delhi.

Suryanegara. Shinta, W. dan Wika A., 2007, Analisis Hubungan Budaya Organisasi dan Kepemimpinan Terhadap Perilaku Karyawan Dalam Rangka Menjadi Rumah Sakit Umum Layanan Daerah, Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, Volume 10, 2:79-84. Tika, H. M. P., 2006, Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan, Aksara, Jakarta.

Timpe, A.D., 2002, Kinerja; Seri Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi 1, Diterjemahkan Oleh Sofyan Cikmat, Elex Media Komputindo, Jakarta.

Winanti, M. B., 2000, Pengaruh Budaya Organisasi dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. ATRI DISTRIBUTION, Tesis, Universitas Komputer Indonesia, Bandung.



DOI: https://doi.org/10.22146/jmpf.258

Article Metrics

Abstract views : 5362 | views : 18280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 JURNAL MANAJEMEN DAN PELAYANAN FARMASI (Journal of Management and Pharmacy Practice)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

©Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi
Faculty of Pharmacy
Universitas Gadjah Mada
Creative Commons License
View My Stats