PERAN INTERPROFESSIONAL EDUCATION TERHADAP PERSEPSI KETERLIBATAN APOTEKER DALAM KOLABORASI ANTAR PROFESI

https://doi.org/10.22146/jmpf.283

Dzikrina Ilmanita(1), M. Rifqi Rokhman(2*)

(1) Fakultas Farmasi, Universitas Gadjah Mada
(2) Fakultas Farmasi, Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Kolaborasi antar profesi mengharuskan semua profesi memiliki persepsi yang sama terhadap ranah masing-masing profesi termasuk ranahketerlibatan apoteker. Interprofessional education (IPE) dapat digunakan untuk menyamakan persepsi tersebut. Penelitian dilakukan untuk melihat peran IPE dalam mempengaruhi persepsi mahasiswa kesehatan terhadap keterlibatan apoteker pada kolaborasi antar profesi. Penelitian dilakukan pada Februari sampai Mei 2014 menggunakan rancangan cross sectional dengan alat ukur kuesioner pada satu univeritas yang sudah menerapkan IPE dan 1 universitas lainnya yang belum menerpkan IPE. Kuesioner mengukur tiga bentuk keterlibatan apoteker dalam kolaborasi antar profesi yaitu keterlibatan apoteker dalam IPE, kewenangan apoteker, dan tanggung jawab apoteker. Pengambilan sampel dengan metode kuota sampling ditetapkan 225 responden mahasiswa kesehatan yang terbagi menjadi kelompok yang sudah dan belum mendapatkan IPE. Data dianalisis menggunakan two way anova, one way anova,dan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa yang sudah mendapat IPE secara signifikan mempunyai tingkat kesetujuan yang lebih tinggi pada 84,6% pertanyaan tentang keterlibatan apoteker dalam kolaborasi antar profesi, 33,3% pertanyaan

tentang tanggung jawab apoteker, dan 33,3% pertanyaan tentang kewenangan apoteker. Mahasiswa kedokteran, kedokteran gigi maupun farmasi yang sudah mendapatkan IPE memiliki tingkat percaya diri yang homogen. Tingkat percaya diri mahasiswa farmasi yang sudah mendapat IPE lebih tinggi daripada mahasiswa farmasi yang belum mendapat IPE.

 

Kata kunci: kolaborasi antar profesi, interprofessional education, apoteker, mahasiswa kesehatan


Full Text:

PDF


References

Bandura, A., 1997, Self-Efficacy: The Exercise of Control, Worth Publishers, New York.

Curran, V.R., Mugford, J.G., Law, R.M.T, Macdonald, S., 2005, Influence of an Interprofessional HIV / AIDS Education Program on Role Perception, Attitudes, and Teamwork Skills of Undergraduate Health Sciences Students, Education for Health, 18(1), 32–44.

Dunlop, J.A., dan Shaw,  2002, Community  Pharmacists’  Perspectives  on Pharmaceutical  Care  Implementation  in  New  Zealand,  Pharmacy  World and Science, 24(6); 224-230.

Elliott, A.C., dan Woodward, W.A., 2007, Statistical Analysis Quick Reference Guidebook with SPSS Examples, Sage Publication, Inc., California. Gastelurrutia, M.A., Llimós, F.F., Delgado, P.G.,

Gastelurrutia, P., Maria, J., Benrimoj, S.I.,  2005, Barriers and Facilitators to the Dissemination and Implementation of Cognitive Services in Spanish Community Pharmacies, Pharmacy Practice,  3(2): 65 – 77.

Herring, R., Pengilley, C., Hopkins, H., Tuthill, B., Patel, N., Nelson, C., et al., 2013, Can an Interprofessional Education Tool Improve Healthcare Professional Confidence , Knowledge and Quality of Inpatient Diabetes Care: a Pilot Study?, Diabet Med, 3 (7): 864–870.

Kelly, D. V, Bishop, L., Young, S., Hawboldt, J., Phillips, L., dan Keough, T.M., 2013, Pharmacist and Physician Views on Collaborative Practice: Findings from the Community Pharmaceutical Care Project., Canadian Pharmacists Journal, 146(4), 218–26.

Law, A. V, Hata, M., Gupta, K.E., Hess, K.M., Klotz, R.S., Quang, 2013, Collaborative Pharmacy Practice: an Update, Integrated Pharmacy Research and Practice, 2(1), 1–16.

Loewen, P., Merrett, F., dan Lemos, J.D.E., 2010, Pharmacists, Perceptions of the Impact of Care They Provide, Pharmacy Practice, 8(2): 89–95.

Parsell, G., dan Bligh, J., 1999, The Development of a Questionnaire to Assess the Readiness of Health Care Students for Interprofessional Learning (RIPLS), Medical Education, 33(2): 95–100.

Pintrich, P.R., dan Schunk, D.H., 1996, Motivation in Education: Theory, Research, and Applications, Prentice Hall, Englewood Cliffs NJ.

Pojskic, N., MacKeigan, L., Boon, H., Ellison, P., Breslin, C., 2009, Ontario Family Physician Readiness to Collaborate with Community Pharmacists on Drug Therapy Management: Lesson for Pharmacist, Canadian Pharmacists Journal, 142(4), 39–50.

Pulford, B. D., & Colman, A. M, 1996, Overconfidence, base rates and outcome positivity/negativity of predicted events. British Journal of Psychology, 87(3), 431-445.

Raoo, S.R., 2008, Factors Influencing Perception, http://www.citeman.com/2849-factorsinfluencing-perception.html, diakses 4 Juli 2014.

Remington, T.L., Foulk, M., Williams, B.C., 2006, Evaluation of Evidence for Interprofessional Education, American journal of pharmaceutical education, 70(3), 66.

Rokhman, M.R., Utami, K.N. Dianastuti, N.A., 2012, Barrier, Fasilitator, dan Pemodelan Sikap Apoteker untuk Mengimplementasikan Pharmaceutical Care pada Farmasi Komunitas Daerah Yogyakarta, Laporan Penelitian, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Shrader, S., Thompson, A., Gonsalves, W., 2010, Assessing Student Attitudes as a Result of Participating in an Interprofessional Healthcare Elective Associated with a Student Run Free Clinic, J Res Interprof Pract Educ, 1(3), 1–13.

Vrontos, E.B., Kuhn, C.H., Brittain, K.L., 2011, Impact of Interprofessional Activities on Health Professions Students’ Knowledge of Community Pharmacists’ Role and Services, American journal of pharmaceutical education, 75(8): 1-6.

Winkle, L.J. Fjortoft, N.,  Hojat, M., 2011, Validation of an Instrument to Measure Pharmacy and Medical Students ’ Attitudes Toward Physician-Pharmacist Collaboration, American Journal of Pharmaceutical Education, 75(9): 1-6.



DOI: https://doi.org/10.22146/jmpf.283

Article Metrics

Abstract views : 1854 | views : 13767

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 JURNAL MANAJEMEN DAN PELAYANAN FARMASI (Journal of Management and Pharmacy Practice)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

©Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi
Faculty of Pharmacy
Universitas Gadjah Mada
Creative Commons License
View My Stats