ANALISIS PENGENDALIAN OBAT SITOSTATIKA DENGAN METODE EOQ DAN ROP

https://doi.org/10.22146/jmpf.194

Ercis Ercis(1*), Gunawan Pamudji Widodo(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tingginya jumlah pasien dan mahalnya harga obat sitostatika menjadikan obat sitostatika membutuhkan perhatian khusus dalam pengelolaanya di di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Efisiensi biaya untuk meningkatkan ketersediaan obat sitostatika dapat dilakukan melalui pengendalian dengan metode EOQ dan  ROP. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan  menganalisis pengendalian obat sitostatika dengan metode EOQ dan ROP di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Penelitian ini  menggunakan metode komparatif non eksperimental dengan pengambilan data obat sitostatika secara retrospektif tahun 2012. Data diperoleh melalui pengamatan langsung dan dari  dokumentasi Instalasi Farmasi, bagian keuangan, dan bagian logistik. Data dianalisis untuk mengetahui efisiensi biaya obat sitostatika dengan menggunakan metode EOQ dan ROP. Hasil penelitian selanjutnya diuji dengan menggunakan Paired-Sampel t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di RSUD Dr. Moewardi Surakarta pada tahun 2012 pengendalian obat  sitostatika menggunakan metode analisis EOQ diketahui dapat meningkatkan efisiensi biaya hingga sebesar Rp.224.845.245 atau 73% dari total cost kenyataan sebesar Rp.306.956.410 dalam  pengendalian persediaan obat. Analisis ROP menunjukkan bahwa obat sitostatika dapat dilakukan pemesanan kembali dan diketahui pada setiap item obat sitostatika memiliki ROP bervariasi.

Kata Kunci: pengendalian, sitostatika, metode EOQ, metode ROP


Full Text:

PDF


References

Ervianingsih., 2012, Evaluasi Penerapan Sistem Biaya Berbagi Kemoterapi Pasien Kanker Pada RSUD Dr. Moewardi di Surakarta Periode Februari-April 2012, Tesis, Pascasarjana Ilmu Farmasi Universitas Setia Budi, Surakarta.

Lutfa, U., dan Mariya, A., 2008, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecemasan Pasien Dalam Tindakan Kemoterapi Di Rumah Sakit Dr.Moewardi Surakarta, Berita Ilmu Keperawatan, Vol. 1 No.4, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Oktaviani, D., Dwiprahasto, I., dan Andayani, T.M., 2012, Analisis Biaya Pengobatan Kanker Serviks Sebagai Pertimbangan Dalam Penetapan Pembiayaan Kesehatan Berdasarkan INA-DRGs di RSUD Dr. Moewardi, Jurnal Manajemen Pelayanan Farmasi Vol.2 No.1, Fakultas Farmasi UGM, Yogyakarta.

Quick, J,D., Rankin, J.R., Laing, R.O., O’Connor, R.W., Hogerzeil, H.V., Dukes, M.N.G., dan Garnett, A., 1997, Managing Drug Supply : The Selection, Procurement, Distribution, And Use Of Pharmaceuticals In Primary Health Care, Second Edition, Connecticut, Kumarin Press Inc.



DOI: https://doi.org/10.22146/jmpf.194

Article Metrics

Abstract views : 8847 | views : 12642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2013 JURNAL MANAJEMEN DAN PELAYANAN FARMASI (Journal of Management and Pharmacy Practice)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

©Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi
Faculty of Pharmacy
Universitas Gadjah Mada
Creative Commons License
View My Stats