ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUANGAN PENYAKIT DALAM TERHADAP PELAYANAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT PERIODE DESEMBER 2011-FEBRUARI 2012

https://doi.org/10.22146/jmpf.198

Isnindar Isnindar(1*), Ilham Saputra(2), Robiyanto Robiyanto(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Rumah sakit merupakan fasilitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang senantiasa dituntut untuk melakukan peningkatan kualitas pelayanan untuk memenuhi kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis kepuasan pasien rawat inap di ruangan Penyakit Dalam terhadap pelayanan di Instalasi Farmasi RSUD dr. Soedarso Pontianak periode Desember 2011 – Ferbruari 2012. Responden dalam penelitian ini adalah pasien maupun keluarga pasien yang pernah mendapatkan pelayanan di Instalasi Farmasi RSUD dr. Soedarso Pontianak. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 172 orang. Proses pengumpulan data primer dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian dalam bentuk kuesioner dan  pengolahan data untuk mengetahui validitas dan reliabilitas kuesioner menggunakan program SPSS 17 forwindows. Variabel  bebas yang digunakan yaitu dimensi berwujud, dimensi keandalan, dimensi ketanggapan, dimensi jaminan, dan dimensi  empati. Sedangkan variabel terikatnya yaitu tingkat kepuasan  pasien rawat inap di ruangan Penyakit Dalam terhadap pelayanan  di Instalasi Farmasi RSUD dr. Soedarso. Analisis kepuasan pada  penelitian ini menggunakan model Weighted Servqual. Hasil  penelitian diperoleh indeks kepuasan secara keseluruhan sebesar  -0.92. Sedangkan indeks kepuasan untuk setiap dimensi adalah  sebagai berikut: -1.15 untuk dimensi jaminan, -0.91 dimensi  keandalan, -0.88 dimensi empati, -0.86 dimensi berwujud dan -0.76 untuk dimensi ketanggapan. Indeks kepuasan baik secara  keseluruhan maupun setiap dimensi menunjukkan nilai negatif  yang berarti pasien masih belum merasa puas terhadap pelayanan  di Instalasi Farmasi RSUD dr. Soedarso Pontianak.

 

Kata kunci: tingkat kepuasan, harapan, kenyataan, dimensi kepuasan


Full Text:

PDF


References

Aditama, T. Y., 2004, Manajemen Administrasi Rumah Sakit.(Edisi ke-2), (Edisi Kedua), Universitas Indonesia (UI Press), Jakarta, Hal. : 169-186.

Arikunto, S., 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. (Cetakan ke-13), (Edisi revisi ke-6), PT. Rineka Cipta, Jakarta, Hal. : 73, 130-131.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia, 2004, Keputusan Menteri Kesehatan RI No. 1027 Menkes/ SK/ IX/ 2004 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Di Apotek, Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia, 2004, Keputusan Menteri Kesehatan RI No. 1197 Menkes/ SK/ X/ 2004 Tentang Standar Pelayanan Farmasi Di Rumah Sakit, Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta.

Kotler, P. & Keller, K. L., 2007, Manajemen Pemasaran, (Edisi ke-12), (Jilid 1), PT Macanan Jaya Cemerlang, Jakarta, Hal. : 58.

Kotler, P. & Amstrong, G., 2001, Prinsip-Prinsip Pemasaran, (Edisi ke-8), (Jilid 1), (Alih bahasa: Damos Sihombing), Erlangga, Jakarta, Hal. : 13.

Notoatmodjo, S., 2002, Metode Penelitian Kesehatan, (Cetakan Ke-2), Jakarta: Rineka Cipta, Hal. : 79, 85, 88-89, 91.

Pohan, I.S., 2007, Jaminan Mutu Layanan Kesehatan Dasar-Dasar Pengertian dan Penerapan, Jakarta: EGC, Hal. : 53, 146.

Priyatno, D. 2010, Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS, (Cetakan ke-1), Yogyakarta: MadiaKom, 90, 97-98.

RSUD dr. Soedarso, 2010, Profil RSUD Dokter Soedarso Pontianak, Pontianak: TU RSUD dr. Soedarso, Hal. : 1-5.

Siregar, C.J.P., 2004, Farmasi Rumah Sakit Teori dan Penerapan, Jakarta: EGC, Hal. 8, 16-17, 25.

Soeroso, S. 2003, Manajemen Sumber Daya Manusia Di Rumah Sakit: Suatu Pendekatan Sistem, Jakarta: EGC, Hal. : 7.

Supranto, J. 2006, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan, Jakarta: Rineka Cipta, Hal. : 91, 156, 214, 239-242.

Suryawati, 2006, Penyusunan Indikator Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Di Provinsi Jawa Tengah, Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan Volume 09 Nomor 4, Melalui http : //www.usu digital library, Diakses September 2011.

Syarifudin, B. 2009, Panduan TA Keperawatan dan Kebidanan dengan SPSS, (Cetakan ke-1), Yogyakarta : Grafindo Litera Media, 5, 61-62.

Tjiptono, F. &Candra, 2005, Service, Quality,and Satisfaction, Yogyakarta: AndiOffset, Hal. : 22-30.

Utama, S. 2003, Memahami Fenomena Kepuasan Pasien Rumah Sakit, Melalui http : //www.usu digital library. Diakses September 2011.



DOI: https://doi.org/10.22146/jmpf.198

Article Metrics

Abstract views : 5977 | views : 21612

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2013 JURNAL MANAJEMEN DAN PELAYANAN FARMASI (Journal of Management and Pharmacy Practice)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

©Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi
Faculty of Pharmacy
Universitas Gadjah Mada
Creative Commons License
View My Stats