EVALUASI PHARMACY SUPPORT SYSTEM DALAM IDENTIFIKASI DRUG RELATED PROBLEMS PADA PASIEN KARDIOVASKULAR

https://doi.org/10.22146/jmpf.234

Deby Afriani Mpila(1*), Fita Rahmawati(2), Tri Murti Andayani(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengobatan pada penyakit kardiovaskular berpotensi menyebabkan drug related problems (DRPs). Software Pharmacy Support System (PSS) telah dikembangkan untuk mengidentifikasi DRPs potensial yang dapat membantu apoteker dalam mengambil keputusan klinik dan menghindari kejadian DRPs. Penelitian ini bertujuan untuk validitas software PSS melalui uji diagnostik dalam membantu apoteker mengidentifikasi DRPs potensial pada terapi pasien dengan penyakit kardiovaskular; dan untuk mengetahui perbedaan antara prevalensi dan jenis DRPs yang teridentifikasi oleh apoteker secara manual dan apoteker dengan bantuan PSS.
Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan rancangan cross-sectional yang dilakukan pada terapi pasien di Poliklinik Jantung RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Pengambilan data secara retrospektif pada bulan Mei 2015 dengan jumlah sampel sebanyak 200 pasien. Kriteria inklusi yaitu pasien yang berasal dari Poliklinik Jantung. Analisis data menggunakan analisis deskriptif crosstabs untuk mengetahui nilai diagnostik dan untuk mengetahui perbedaan prevalensi dan jenis DRPs dianalisis dengan goodness of fit.
Hasil penelitian menunjukkan PSS memiliki nilai sensitivitas yang baik (95%), tetapi nilai spesifisitasnya rendah (32%). Kategori DRPs interaksi obat, obat tidak efektif, dosis obat terlalu rendah, dosis obat terlalu tinggi dan interaksi obat dapat diidentifikasi secara optimal oleh apoteker dengan PSS (kisaran sensitivitas 90,48–100%). Namun, sistem ini kurang optimal pada kategori DRPs indikasi tanpa terapi (sensitivitas 43,39%). Terdapat perbedaan signifikan pada prevalensi dan jenis DRPs kategori indikasi tanpa terapi, dosis obat terlalu rendah, dosis obat terlalu tinggi dan reaksi obat yang tidak diinginkan (p < 0,05).

Kata kunci: pharmacy support system, drug related problems, penyakit kardiovaskular, resep rawat jalan


Full Text:

Untitled



DOI: https://doi.org/10.22146/jmpf.234

Article Metrics

Abstract views : 391 | views : 701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JURNAL MANAJEMEN DAN PELAYANAN FARMASI (Journal of Management and Pharmacy Practice)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

©Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi
Faculty of Pharmacy
Universitas Gadjah Mada
Creative Commons License
View My Stats