ANALISIS PROSES PENGELOLAAN OBAT RSUD DI JAWA TIMUR DENGAN PENDEKATAN LEAN HOSPITAL

https://doi.org/10.22146/jmpf.369

Novianti Fatli Azizah(1*), Wakhid Slamet Ciptono(2), Satibi Satibi(3)

(1) Magister Manajemen Farmasi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
(2) Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
(3) Fakultas Farmasi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Proses pelayanan yang efisien erat kaitannya dengan proses pengelolaan obat yang efisien. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi aktivitas serta menganalisis akar penyebab masalah dari waste kritis dengan menggunakan pendekatan lean hospital pada proses pengelolaan obat di sebuah Rumah Sakit Umum Daerah di Jawa Timur. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yaitu melalui observasi, wawancara dan penelusuran dokumen pada bulan November-Desember 2016 dan Januari 2017, untuk mendapatkan identifikasi aktivitas seleksi, pengadaan dan distribusi. Waste kritis diperoleh melalui kuesioner pembobotan waste dari penilaian seluruh petugas yang terlibat dalam proses, untuk dilakukan analisis lebih lanjut. Future state mapping dibuat dengan menghilangkan unsur waste dari proses pengelolaan obat. Hasil penelitian: Value stream mapping menunjukkan waste di setiap tahapan proses pengelolaan obat yaitu waste of defect, waste of waiting, waste of inventory, waste of transportation, waste of motion, waste of overprocessing, waste of overproduction, dan waste of human potential. Kesimpulan: Sebagian besar tahapan dalam proses pengelolaan obat memiliki value added activity kurang dari 50%. Analisis akar penyebab masalah dari waste kritis yaitu kesibukan dokter dalam pelayanan menyebabkan penundaan dalam pengisian formulir usulan dan tidak semua SMF memiliki sekretaris, perencanaan belum terfasilitasi oleh SIM, sistem yang memaksa input SPPH pada saat penyusunan PO e-purchasing, adanya perubahan harga obat yang mendadak, tidak adanya tenaga kasir di UPF, tidak ada pemisah resep di awal pelayanan, bentuk ruangan UPF 1 memanfaatkan fasilitas lama, CPO belum difasilitasi oleh SIM, mesin etiket hanya 1 unit dan belum optimal.


Keywords


Lean Hospital; Waste kritis; Pengelolaan Obat; Fishbone diagram; Critical Waste; Drug Management



References

1. Adellia Y, Setyanto NW, Farela C, Tantrika M. Pendekatan Lean Healthcare Untuk Meminimasi Waste Di Rumah Sakit Islam UNISMA Malang. J Rekayasa dan Manaj Sist Ind. 2014;2(2):292-301. jrmsi.studentjournal.ub.ac.id.

2. Al-Araidah O, Momani A, Khasawneh M, Momani M. Lead-time reduction utilizing lean tools applied to healthcare: the inpatient pharmacy at a local hospital. J Healthc Qual. 2010;32(1):59-66. doi:10.1111/j.1945-1474.2009.00065.x.

3. Alsultan MS, Khurshid F, Mayet AY, Al-Jedai AH. Hospital pharmacy practice in Saudi Arabia: Dispensing and administration in the Riyadh region. Saudi Pharm J. 2012;20(4):307-315. doi:10.1016/j.jsps.2012.05.003.

4. Bozdogan K. Towards an Integration of The Lean Enterprise System, Total Quality Management, Six Sigma and Related Enterprise Process Improvement Methods. Encyclcopedia Aerosp Eng. 2010;6:1-23. doi:10.1002/9780470686652.eae371.

5. Chiarini A. Waste savings in patient transportation inside large hospitals using lean thinking tools and logistic solutions. Leadersh Heal Serv. 2013;26(4):356-367. doi:10.1108/LHS-05-2012-0013.

6. Dart RC. Can lean thinking transform American health care? Ann Emerg Med. 2011;57(3):279-281. doi:10.1016/j.annemergmed.2010.11.027.

7. Duska LR, Mueller J, Lothamer H, Pelkofski EB, Novicoff WM. Lean methodology improves efficiency in outpatient academic Gynecologic Oncology clinics. In: Gynecologic Oncology. Vol 138. ; 2015:707-711. doi:10.1016/j.ygyno.2015.07.001.

8. Esmaeil Zadeh P, Tremblay MC. A review of the literature and proposed classification on e-prescribing: Functions, assimilation stages, benefits, concerns, and risks. Res Soc Adm Pharm. 2016;12(1):1-19. doi:10.1016/j.sapharm.2015.03.001.

9. Fine B, Golden B, Hannam R, Morra D. Leading Lean: A Canadian Healthcare Leader’s Guide. Healthc Q. 2009;12(3):32-41. doi:10.12927/hcq.2013.20877.

10. Graban M. Lean Hospitals: Improving Quality, Patient Safety, and Employee Engagement, Second Edition. Boca Raton: CRC Press; 2011.

11. Jackson TL. Standard Work for Lean Healthcare. New York: CRC Press; 2012.

12. Lanham A, Cochran GL KD. Electronic Prescriptions: Opportunities and Challenges for the Patient and Pharmacist. Adv Heal Care Technol. 2016;2:1-11. doi:https://doi.org/10.2147/AHCT.S64477

13. Mcdowell AL, Huang YL. Selecting a pharmacy layout design using a weighted scoring system. Am J Heal Pharm. 2012;69(9):796-804. doi:10.2146/ajhp100687.

14. Nancy. Pendekatan Lean Hospital Untuk Perbaikan Berkelanjutan (continuous Improvement) Proses Pelayanan Instalasi Farmasi RS Bethesda Yogyakarta. 2014.

15. Prasetya TLT, Kristin E, Lestari T. Waste in drug procurement process in pharmacy department Santa Maria hospital Pemalang, Indonesia. Int J Pharm Sci Rev Res. 2015;31(1):174-178.

16. Putri EI. Analisis Lean Six Sigma Perbekalan Farmasi di Gudang Farmasi RS PMI Bogor Tahun 2013. J Adm Rumah Sakit Indones. 2015;1(2):59-69.

17. Satibi. Manajemen Obat Di Rumah Sakit. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada Press; 2015.

18. Skeldon, S. C., Simmons, A., Hersey, K. et al. Lean Methodology Improves Efficiency in Outpatient Academic Uro-oncology Clinics. Urology. 2014;83(5):992-998. doi:10.1016/j.urology.2013.11.048.

19. Smith C, Wood S, Beauvais B. Thinking lean: implementing DMAIC methods to improve efficiency within a cystic fibrosis clinic. J Healthc Qual. 2011;33(2):37-46. doi:10.1111/j.1945-1474.2010.00130.x.

20. Tyler LS, Cole SW, May JR, et al. ASHP Guidelines on the Pharmacy and Therapeutics Committee and the Formulary System. Am J Heal Pharm. 2008;65(13):1272-1283. doi:10.2146/ajhp080086.




DOI: https://doi.org/10.22146/jmpf.369

Article Metrics

Abstract views : 4139 | views : 6406

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL MANAJEMEN DAN PELAYANAN FARMASI (Journal of Management and Pharmacy Practice)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

©Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi
Faculty of Pharmacy
Universitas Gadjah Mada
Creative Commons License
View My Stats