Analisis Kesulitan Penggunaan Partikel Wa, No, Ni, De pada Siswa MAN 1 Kebumen

https://doi.org/10.22146/jla.75070

Swari Araminta Safama(1), Lispridona Diner(2*)

(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Bahasa Jepang merupakan pelajaran bahasa asing yang ada di kelas bahasa dan budaya MAN 1 Kebumen. Kesulitan yang ditemukan adalah saat siswa mempelajari partikel wa, no, ni, de. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apa saja kesulitan dalam penggunaan partikel yang dialami siswa, faktor penyebab, dan cara untuk mengatasi kesulitan tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan metode penelitian deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa kesulitan penggunaan partikel wa, no, ni, de yang paling tinggi berdasarkan kelas adalah kesulitan menepatkan partikel dalam kalimat sebesar 87%, pada kelas X IBB. Kesulitan dalam penggunaan partikel ni sebesar 81%, pada kelas XI IBB dan kesulitan mengingat fungsi partikel (wa, no, ni, de) dan kesulitan penggunaan fungsi partikel de sebesar 92%, pada kelas XII IBB. Faktor internal dan faktor eksternal yang menyebabkan kesulitan diantaranya yaitu, siswa jarang mengulang kembali materi partikel (wa, no, ni, de) selepas pelajaran bahasa Jepang sebesar 69%, buku pelajaran yang digunakan kurang memberikan penjelasan yang cukup sebesar 59%, siswa yang kurang termotivasi saat belajar mengenai partikel (wa, no, ni, de) sebesar 58% dan yang terakhir ada cara mengajar guru yang kurang bervariasi sebesar 53%.


Keywords


analisis, kesulitan penggunaan, partikel wa, no, ni, de



References

Akira, Matsumura. 1988. Daijirin. Tokyo: Sanseidou Co, Ltd.

Ali, Muhammad. 1993. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung : Angkas.

Amalia, A. (2013). Analisis Kesalahan Partikel Mahasiswa Program Studi Sastra Jepang Universitas Nasional PASIM. Kagami: Jurnal Pendidikan dan Bahasa Jepang, 4(1), 30-45. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/kagami/article/download/19964/10154

Aprilianti, R., & Arianto, A. (2020). Interferensi Bahasa Indonesia dalam Penggunaan Partikel Bahasa Jepang Pada Karangan Mahasiswa STBA JIA. Ennichi, 1(1). http://ennichi.stba-jia.ac.id/index.php/ennichi/article/view/17

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Iwabuchi, Tadasu. 1989. Nihon Bunpoo Yoogo Jiten. Tokyo : Jidoo Gengo Kenkyuukai.

Marlina, L., & Zalman, H. (2019). Analisis Kesalahan Joshi Dalam Teks Sakubun Mahasiswa Tahun Masuk 2016 Progam Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang. Omiyage: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa Jepang, 2(2), 27-31. http://omiyage.ppj.unp.ac.id/index.php/omiyage/article/view/138

Okimori, T. (2010). Nihongo Raiburarii – Nihongo Gaisetsu.Tokyo: Asakura Shoten.

Renariah. 2005. Gramatika Bahasa Jepang. Bandung : jurnal Sastra Jepang Fakultas Sastra Universitas Kristen Maranatha vol. 4 no. 2.

Situmorang, Hamzon. 2007. Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Medan : USU Press.

Sudjianto, Dahidi. 2004. Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Jakarta : Kesaint Blanc.

______________. 2007. Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Jakarta : Kesaint Blanc.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.

_____________. 2014. Statistika untuk Penelitian. Alfabeta : Bandung.

Sutedi, Dedi. 2009. Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang. Bandung : UPI Press.

_______________. 2011. Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang. Bandung : UPI Press.

Takashi, Musuoka dan Takubo Yukinori. 1992. Kiso Nihongo Bunpou. Koishikawa: Kuroshio.

The Japan Foundation (2017, Juli). Survey Report on Japanese Language Education Abroad 2015. Tokyo: The Japan Foundation. Diakses pada 20 Juli 2020, dari https://www.jpf.go.jp/e/project/japanese/survey/result/



DOI: https://doi.org/10.22146/jla.75070

Article Metrics

Abstract views : 65

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Swari Araminta Safama, Lispridona Diner

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

_______________________________________________________________________________________________________________

JLA (Jurnal Lingua Applicata) with online ISSN 2598-0556 and print ISSN 2597-6117 is published by Universitas Gadjah Mada. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Built on the Public Knowledge Project's OJS 2.4.8.1. View website statistics.