Metode Mengajar Kendang Tunggal I Ketut Widianta

https://doi.org/10.22146/jksks.51868

I Putu Danika Pryatna(1*), I Gede Arya Sugiartha(2), Ni Made Arsiniwati(3)

(1) 
(2) Program Studi Pengkajian Seni Pasca Sarjana Institut Seni Indonesia Denpasar
(3) Program Studi Pengkajian Seni Pasca Sarjana Institut Seni Indonesia Denpasar
(*) Corresponding Author

Abstract


I Ketut Widianta adalah seorang seniman karawitan Bali yang menekuni ilmu kendang tunggal dan sekaligus memiliki metode mengajar yang unik. Penelitian ini sangat penting untuk dilakukan, mengingat I Ketut Widianta memiliki metode mengajar yang sangat berbeda dengan guru-guru kendang tunggal lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengungkap bagaimana metode mengajar beliau, dari metode mengajar yang biasa dan yang tidak biasa. Penelitian ini akan di analisis dengan metode deskriptif kualitatif, dalam implementasinya menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang dicapai dari penelitian ini adalah ditemukannya dua teknik mengajar yang dimiliki oleh I Ketut Widianta, yaitu teknik mengajar yang biasa dan tidak biasa. Teknik mengajar yang biasa diterapkan beliau dengan membagi kelas pengajaran menjadi beberapa jurusan, sedangkan teknik mengajar yang tidak biasa diterapkan beliau dengan menyuruh muridnya untuk memukul bantang kendang yang belum jadi.


Keywords


I Ketut Widianta, Kendang tunggal, Metode, Mengajar.



References

Bandem, I Made. Gamelan Bali Di Atas

Panggung Sejarah. Denpasar: Bp

Stikom Bali, 2013.
Irawan, Deddy. Paradigma Pendidikan

Seni. Yogyakarta: Thafa Media, 2017. Sadguna, I Gede Made Indra. Kendang Bebarongan Dalam Karawitan Bali Sebuah Kajian Organologi. Yoygyakarta: Penerbit Kanisius

(Anggota IKAPI), 2010.
Sugiartha, I Gede Arya. Kreativitas Musik

Bali Garapan Baru Perspektif Cultural Studies. Denpasar. Denpasar: UPT Penerbitan ISI Denpasar, 2012.

Sujarweni, V.Wiratna. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustakabarupress, 2014.

Suweca, I Wayan. “Dasar Kekendangan Gupekan Nunggal dalam Gamelan Bali.” Jurnal Bheri, Vol. 2, NO. 1 Sepetember. 2003 (halaman 31-43) Denpasar: Kampus ISI Denpasar.

Rai S, I Wayan. “Rwa Bhineda dalam Berkesenian Bali.” Jurnal Mudra, No.11 Agustus 2001 (halaman 147- 151). Denpasar: UPT. Penerbitan Institut Seni Indonesia Denpasar.

Bintaro T, A. Gathut. “Rencana dan Target Birama Sebagai Pemicu Optimalisasi Capaian Praktek Individual Vokal Klasik Di Jurusan Musik, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia, Yogyakarta.” Dalam Jurnal KAjian Seni, Volume 03, No. 01, Hal. 95-109.

Zulkarnaen,Wilma dan Zainal. Intuisi Musikal Sebagai Metode Penciptaan Lagu Istikharah Cinta Karya Yedo Kurniawan Dari Grup Sigma, Dumai. Dalam Jurnal Kajian Seni, Volume 04, No. 01, Hal. 92-102.



DOI: https://doi.org/10.22146/jksks.51868

Article Metrics

Abstract views : 3714 | views : 3351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Kajian Seni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This journal is published by Performing Arts and Visual Arts Studies, Graduate School, Universitas Gadjah Mada.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
statistics View My Stats