Pengembangan Video Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja Bagi siswa Sekolah Dasar di Kota Cirebon

https://doi.org/10.22146/jkr.65821

Dyah Widiyastuti(1*), Lia Nurcahyani(2)

(1) Centre of Excellence Health and Disaster Emergency (HADE) Center, Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya"
(2) Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang: Batasan usia remaja berdasarkan WHO adalah 10-19 tahun. Seks pranikah merupakan masalah yang sangat rentan terjadi pada remaja. Faktor penyebab munculnya perilaku seksual adalah kurangnya pengetahuan tentang kesehatan reproduksi. Pemberian pendidikan kesehatan reproduksi pada remaja sangat penting, Berbagai penelitian telah merekomendasikan pentingnya pendidikan kesehatan reproduksi sejak dini.

Tujuan: melakukan pengembangan video pendidikan kesehatan reproduksi remaja bagi siswa Sekolah Dasar di Kota Cirebon

Metode: Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development), dengan jenis data kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini subjek ahli/ pakar (psikolog, petugas UKS, dosen Kesehatan Reproduksi, ahli informasi dan teknologi).  Penelitian ini menggunakan instrumen berupa kuesioner dan 3 buah video. Analisis data meliputi univariabel dalam bentuk distribusi frekuensi. Data kualitatif dianalisis dengan content analysis.

Hasil dan Pembahasan: hasil analisis uji kelayakan video pendidikan kesehatan reproduksi pada siswa SD menurut psikolog, petugas UKS, dosen kespro dan ahli media adalah layak digunakan sebagai media pembelajaran kesehatan reproduksi remaja

Kesimpulan : video pendidikan kesehatan reproduksi pada siswa SD menurut psikolog, petugas UKS, dosen kespro dan ahli media adalah layak digunakan sebagai media pembelajaran kesehatan reproduksi remaja


Keywords


video pendidikan kespro remaja, siswa SD

Full Text:

PDF


References

  1. Kemenkes RI, Pusat data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI. (2012). Situasi kesehatan reproduksi remaja. Indonesia.
  2. Pertiwi, K. R. (2007). Urgensi Pendidikan Kesehatan Reproduksi Sebagai Bagian Intergratif Pembelajaran IPA. Universitas Negeri Yogyakarta.
  3. Kurniasari, D. (2010). Komunikasi Orang Tua Dan Perilaku Seksual Remaja Sekolah Menengah Kejuruan Di Kota Baturaja. Universitas Gadjah Mada.
  4. Widiyastuti, D., Nurcahyani, L., (2018) . Pengaruh Sapa Orang Tua Remaja (SAROJA) terhadap Peningkatan Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Orangtua tentang Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja di SDN Pamitran Kota Cirebon.
  5. Muthoharoh, H. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Pendidikan Kesehatan Reproduksi pada Remaja Tunarungu di SMALB MA’ARIF Lamongan. Universitas Sebelas Maret.
  6. Rahmaniah, N.A. (2014). Identifikasi kebutuhan pendidikan kesehatan reproduksi pada anak usia sekolah prapubertas di Kota Serang tahun 2014. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Indonesia.
  7. Sinta, Fitriani. (2011). Promosi Kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  8. Maulana, H. (2009). Promosi Kesehatan. Jakarta:EGC.
  9. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development), Bandung : Alfabeta
  10. Hasrida, H. (2021). Desain media edukasi kesehatan reproduksi tentang leukorea berbasis android dalam meningkatkan pengetahuan ibu hamil. Universitas Hasanuddin
  11. Isti, LA., Agustiningsih., Wardoyo, AA., (2020) Pengembangan Media Video Animasi Materi Sifatsifat Cahaya Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Universitas Jember.
  12. Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
  13. Pribadi, B. A. (2017) Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
  14. Widiyasanti, M., Ayriza, Y., (2018). Pengembangan Media Video Animasi untuk meningkatkan motivasi belajar dan karakter Tanggung Jawab Siswa kelas V. Universitas Negeri Yogyakarta.
  15. Utomo, AY., Ratnawati, D., (2018). Pengembangan Video Tutorial Dalam Pembelajaran Sistem Pengapian di SMK. Universitas Sarjanwiyata Tamasiswa.
  16. Hafizh, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Menggunakan Windows Movie Maker Dalam Pembelajaran Sejarah. Universitas Negeri Padang.
  17. Mashuri, DK. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V. Universitas Negeri Surabaya



DOI: https://doi.org/10.22146/jkr.65821

Article Metrics

Abstract views : 1477 | views : 944

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 The Author(s)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kesehatan Reproduksi Indexed by:

 

 



SEKRETARIAT JURNAL KESEHATAN REPRODUKSI
Departemen Obstetri dan Ginekologi, FK-KMK, UGM/RS Dr. Sardjito
Jl. Kesehatan No. 1, Sekip Utara, Yogyakarta 55281
Tlp: (0274) 511329 / Faks: (0274) 544003
Email: jurnal.kesehatanreproduksi@ugm.ac.id
Cp: Dwi Astuti +6281802698043