Inovasi Program Sejiwa dengan Jempol di Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo

https://doi.org/10.22146/jkki.89096

Isnaini Rodiyah(1*)

(1) Universitas Muhamamdiyah Sidoarjo
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan inovasi layanan 'Sejiwa dengan Jempol' dan hambatan dari inovasi layanan tersebut di Puskesmas Jabon. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan kunci dalam penelitian ini adalah ketua coordinator program 'Sejiwa dengan Jempol'. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi pelayanan kesehatan melalui program Sejiwa dengan Jempol di Puskesmas Jabon telah dilakukan dengan adanya inisiatif dari Kepala Puskesmas Jabon melalui perjanjian kerjasama dengan Camat Jabon. Selain itu, sikap inovasi telah dibentuk melalui inisiatif Puskesmas Jabon untuk membentuk KBK (Kelompok Budaya Kerja) dari gugus bidang untuk memotivasi petugas. Kemampuan inovasi petugas dalam pelayanan kesehatan dibuktikan dengan upaya peningkatan pengetahuan dan keahlian dalam memahami Program 'Sejiwa dengan Jempol' melalui minilokakarya. Tim kerja dalam program ini menggabungkan lintas program terkait seperti Promkes KIA (Promosi Kesehatan Ibu dan Anak), gizi, gigi, lab, dan P2, serta membangun kemitraan lintas sektoral termasuk Camat Jabon, Kepala Desa, kader, Dispendukcapil, PKK, KUA, Polsek, dan Koramil. Kinerja inovasi Puskesmas dalam pelayanan program 'Sejiwa dengan Jempol' ditunjukkan dengan kunjungan ibu hamil yang meningkat 2 kali lipat, program P4K (Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi) berjalan secara otomatis, dan ibu hamil semakin sadar akan pentingnya BPJS. Saat ini ibu hamil mau tidak mau mencari donor darah sendiri. Intinya peran masyarakat menjadi lebih aktif, petugas hanya memotivasi saja. Melalui program tersebut, kasus ibu hamil yang berisiko tinggi dapat dicegah dan juga menurunkan angka kematian ibu dan bayi


Keywords


Pelayanan Kesehatan; Pelayanan Publik; Program Sejiwa dengan Jempol

Full Text:

PDF


References

  1. Moleong LJ. Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke-36, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset. 2017
  2. Miles BM, Huberman M, Saldana J. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Copyright SAGE Publications. Inc Washingt. 2014;
  3. Azwar A. Pengantar Administrasi Kesehatan. Jakarta. Bina Rupa Aksara Publisher; 2010.
  4. Maxwell JC. Developing the leaders around you: How to help others reach their full potential. HarperCollins Leadership; 1995.
  5. Sugiharto IN, Hariani D. Inovasi Pelayanan Kesehatan (Proses Inovasi Jemput Bola Di Puskesmas Ii Punggelan Kabupaten Banjarnegara). J Public Policy Manag Rev. 2017;6(3):154–69.
  6. Siagian SP. Kepemimpinan, Organisasi dan Manajemen. Penerbit Masagung, Jakarta. 1998;
  7. Trihono. ARRIMES: manajemen Puskesmas berbasis paradigma sehat. Sagung Seto; 2005.
  8. Hutagalung SS, Hermawan D. Membangun Inovasi Pemerintah Daerah. Deepublish; 2018.
  9. Saputra T, Astuti W. Suara pelayanan publik: reformasi, birokrasi, melalui inovasi pelayanan publik. Jakad Media Publishing; 2018.
  10. Wibowo SE, Phil M. Manajemen Kinerja edisi tiga. Jakarta PT Raja Graf persada. 2007;
  11. DeSeve GE. Creating managed networks as a response to societal challenges. Bus Gov Mag. 2007;47–52.
  12. Muluk K. Knowledge Management: Kunci Sukses Inovasi Pemerintahan Daerah. Malang Bayumedia Publ. 2008;
  13. Anggraini MD, Murdyastuti A, Wasiati I. Inovasi Pelayanan SAKINA di Puskesmas Sempu Kecamatan Sempu Kabupaten Banyuwangi.
  14. Albury D. Inovasi di Sektor Publik. Jakarta: PT Elex Media Komputindo; 2003.
  15. Andhika LR. Kajian Literatur: Studi Pemetaan Sistematis Indikator Inovasi Sektor Publik. J Litbang Sukowati Media Penelit Dan Pengemb. 2020;3(2):19.
  16. Darmawan D, Sakawati H, Ismail I. Inovasi Sektor Publik Dalam Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraaan Bermotor Kota Makassar. UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR; 2018.
  17. Eprilianto DF, Pradana GW, Sari YEK. Digital inovasi sektor publik: efektivitas kolaborasi dalam implementasi inovasi dega digital. J El-Riyasah. 2020;10(2):127–45.
  18. Sururi A. Inovasi kebijakan organisasi sektor publik menuju terwujudnya good public policy governance. Good Gov LAN Jakarta. 2019;15(1).
  19. Suwarno Y. Inovasi di sektor publik. Jakarta: STIA-LAN Press; 2008.
  20. Abdullah M. Manajemen dan evaluasi kinerja karyawan. Aswaja Pressindo; 2014.
  21. Fauzi A. Manajemen Kinerja. Airlangga university press; 2020.
  22. Robbins SP. Perilaku Organisasi, PT Indeks. Kelompok Gramedia, Jakarta; 2006.
  23. Suryani NK, Sugianingrat IAPW, Laksemini KDIS. Kinerja Sumber Daya Manusia: Teori, Aplikasi dan Penelitian. Nilacakra; 2020.
  24. Uno HB, Nina Lamatenggo SE. Teori kinerja dan pengukurannya. Bumi Aksara; 2022.
  25. Ginarta K, Tukiyat I, Jamili M. Kinerja pegawai dalam pelayanan publik pada Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Barito Timur. Adm J Ilmu Adm dan Manaj. 2017;1(1):26–39.
  26. Munadifah S. Peran Pengelola SKB Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Tutor di Sanggar Kegiatan Belajar. J+ PLUS UNESA. 2019;8(1).
  27. Suwarto S, Japlani A. Pengaruh Reward dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Great Giant Pineapple. Deriv J Manaj. 2019;13(2).



DOI: https://doi.org/10.22146/jkki.89096

Article Metrics

Abstract views : 647 | views : 587

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia : JKKI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia : JKKI [ISSN 2089 2624 (print); ISSN 2620 4703 (online)] is published by Center for Health Policy and Management (CHPM). This website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Built on the Public Knowledge Project's OJS 2.4.8.1.
 Web
Analytics View My Stats