Evaluasi Pelaksanaan Sistem Rujukan Berjenjang dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional
Rahmah Hida Nurrizka(1*), Marina Ery Setiawati(2)
(1) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini mengevaluasi pelaksanaan sistem rujukan berjenjang dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Tujuan penelitian adalah mengevaluasi kesesuaian pelaksanaan sistem rujukan berjenjang dan mengukur tingkat kepuasaan pasien terhadap pelayanan sistem rujukan berjenjang di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Penelitian ini menggunakan pendekatan survey terhadap pasien dan in-depth interview terhadap petugas pelayanan kesehatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa ketepatan dalam sistem rujukan sudah baik. Semua responden (100%) mendapatkan rujukan sesuai dengan prosedur sistem rujukan berjenjang. Namun kelengkapan surat rujukan masih bermasalah. Data dan informasi penting dalam surat rujukan seperti hasil diagnosa, pemeriksaan fisik, anamnesa, dan terapi yang sudah diberikan banyak tidak diisi oleh petugas kesehatan. Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan rujukan juga masih rendah. Ada 34,9% responden yang memiliki tingkat kepuasan rendah. Penyebabnya adalah tidak seimbangnya antara jumlah pasien yang dilayani dan petugas dan infrastruktur pelayanan kesehatan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Nurmansyah, IM, Kilic, B. Impact National Health Insurance Policy towards the Implementation of Health Promotion Program at Public Health Centers in Indonesia. Kesmas: National Public Health Journal. 2017; 11 (3): 113-110. doi: 10.21109/kesmas.v11i3.1262.
Agustina, R. et.al. Universal Health Coverage in Indonesia: Concept, Progress, and Challenges. Lancet Online Publishing, December 19, 2018. doi: 10.1016/S0140-6736(18)31647-7
Pisani, E, Oliver Kok M, Nugroho, K. Indonesia’s Road to Universal Health Coverage: A Political Journey. Health Policy Plan 2017; 32: 67-76.
Widjaja, FF. Universal Health Coverage in Indonesia: The Forgotten Prevention. Med J Indonesia 2014; 23:1, 25-26.
Mboi, N. Indonesia: On the Way to Universal Health Care. Health System & Reform, 1(2):91-97,2015. doi: 10.1080/23288604.2015.1020642.
Thabrany, H, Setiawan, E. Report of the Study on Referral Care. Jakarta: Universitas Indonesia. 2016.
Darmawan, RI, Thabrany, H. Refleksi Implementasi Jaminan Kesehatan Nasional Pada Pelayanan Dokter Gigi di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Kota Tangerang Tahun 2017. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia, Volume 06, Nomor 04, Desember 2017.
Dahlan, M, Setyopranoto, I, Trisnantoro, L. Evaluasi Implementasi Program Jaminan Kesehatan Nasional terhadap Pasien Stroke di RSUP Dr. Sardjito. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia, Voluem 06, Nomor 02, Juni 2017.
Faulina, CA, Khoiri, A, Herawati, YK. Kajian Pelaksanaan Sistem Rujukan Berjenjang dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di UPT. Pelayanan Kesehatan Universitas Jember. Jurnal IKESMA Volume 12 Nomor 2, September 2016.
BPJS Kesehatan. Panduan Praktis Sistem Rujukan Berjenjang. Jakarta: BPJS Kesehatan.
Hardhantyo, M, Armiatin, Utarini, A, Djasri, H. Audit Mutu Layanan Rujukan Primer Guna Mengurangi Jumlah Rujukan ke Layanan Sekunder. Studi Kasus pada Provinsi DKI Jakarta. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia, Voluem 05, Nomor 04, Desember 2016.
Abidin. Pengaruh Kualitas Pelayanan BPJS Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Cempae Kota Parepare. Jurnal MKMI, Vol. 12, No. 2, Juni 2016.
Ratnasari, Dwi. Analisis Pelaksanaan Sistem Rujukan Berjenjang Bagi Peserta JKN di Puskesmas X Kota Surabaya. JAKI Volume 5, Nomor 2, Juli-Desember 2017.
Indrianigrum, I, Handayani, KWO. Input Sistem Rujukan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Kabupaten Jepara. Public Health Perspective Journal 2(2) (2017) 140-147.
Febriawati, H, Yandrizal, Afriza, Y, Pratiwi, AB, Yanuarti, R, Suryani, D. Analisis Besaran Dana Pembayaran Kapitasi berbasis Komitmen Pelayanan terhadap Pengendalian Rujukan di Puskesmas Kota Bengkulu. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia, Vol. 6, No. 4, Desember 2017.
Asyary, A. Indonesia Primary Care Through Universal Health Coverage Systems: A Felling Bones. Public Health of Indonesia 2018, September; 4(3): 138-145.
Wiseman, V, et.al. An Evaluation of Health System Equity in Indonesia. Study Protocol. International Journal for Equity in Health (2018) 17:138. doi: 10.1186/s12939-018-0822-0.
Hidayat, B, Mundihardjo, Nemec, J, Rabosvkaja, V, Rozanna CS, Spatz, J. Financial Sustainability of the National Health Insurance in Indonesia: A First Year Review. Policy Brief. Jakarta: The Indonesian-German Social Protection Programme. 2015.
Primasari, LK. Analisis Sistem Rujukan Jaminan Kesehatan Nasional RSUD. Dr. Adjimarno Kabupaten Lebak. Jurnal Administrasi Kebijakan Kesehatan Volume 1 Nomor 2, Januari 2015.
Idris, F. Optimalisasi Sistem Pelayanan Kesehatan Berjenjang pada Program Kartu Jakarta Sehat. Kesmas, Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, Vol. 9, No. 1, Agustus 2014.
Tirtaningrum, AD, Sriatmi, A, Suryoputro, A. Analisis Response Time Penatalaksanaan Rujukan Kegawatdaruratan Obstetri Ibu Hamil. Jurnal MKMI, Vol. 14 No. 2, Juni 2018.
Shihab, AN, Nurdin, A, Kadir, A, Thabrany, H, Paturusie, I. Equity in Utilization of Inpatient for National Health Insurance (JKN) Program in Indonesia. Int J Sci 2017; 31: 58-74.
Istiqna, N. Harapan dan Kenyataan Pasien JKN terhadap Pelayanan Rawat Jalan di Rumah Sakit UNHAS. Jurnal MKMI, Desember 2015, hal. 263-269.
Djunawan, A. Pengaruh Jaminan Kesehatan terhadap Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Primer di Perkotaan Indonesia: Adilkah bagi Masyarakat Miskin. Third UGM Public Health Symposium, Yogyakarta, 7-9 May 2018.
Hidayati, P, Hakimi, M, Claramita, M. Analisis Pelaksanaan Rujukan Berjenjang Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Kasus Kegawatdaruratan Maternal Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial di 3 Puskesmas Perawatan Kota Bengkulu. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia, Voluem 06, Nomor 02, Juni 2017.
Mustofa, A, Dewi A. Analisis Kebijakan Regionalisasi Rujukan terhadap Jumlah Kunjungan dan Kepuasan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional. Journal of Health Studies, Vol. 2, No. 1, Maret 2018. doaj: 2549-3353.
Hazfiarni, A, Ernawaty. Indeks Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan terhadap Pelayanan Rumah Sakit Mata di Jawa Timur. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, Volume 4, Nomor 2, Juli-Desember 2016.
DOI: https://doi.org/10.22146/jkki.43843
Article Metrics
Abstract views : 8840 | views : 26221Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia : JKKI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia : JKKI [ISSN 2089 2624 (print); ISSN 2620 4703 (online)] is published by Center for Health Policy and Management (CHPM). This website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Built on the Public Knowledge Project's OJS 2.4.8.1.
View My Stats