Perancangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Pengodean Penyakit Berdasarkan ICD-10

https://doi.org/10.22146/jkesvo.30336

Dyah Alfiyatun Fitriani(1*), Nuryati Nuryati(2)

(1) Mahasiswa Diploma III Rekam Medis Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada
(2) Staf Pengajar Diploma III Rekam Medis Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang: Perkembangan IPTEK yang pesat mendorong semua aspek kehidupan mengalami perubahan termasuk pembelajaran. Masih banyak mahasiswa rekam medis yang kesulitan dalam mempelajari pengkodean penyakit, padahal nantinya perekam Medis harus memiliki kompetensi tersebut. Menyikapi adanya perkembangan teknologi dan kesulitan dalam mempelajari pengodean penyakit tersebut, mendorong untuk membuat suatu multimedia interaktif terkait pembelajaran pengodean penyakit berdasarkan ICD-10.
Tujuan: Menghasilkan multimedia interaktif pengodean penyakit bagi mahasiswa rekam medis pada bab tersulit dalam ICD-10.
Metode: Perancangan ini menggunakan metode pengembangan multimedia menurut Luther dengan ICD 10, modul Praktik Klasifikasi dan Kodefikasi Penyakit dan Masalah Terkait (PKKPMT). dan Kamus Kedokteran Dorlan sebagai objek. Perancangan multimedia interaktif ini didasari oleh hasil survey terhadap mahasiwa rekam medis UGM dan wawancara dengan dosen PKKPMT. Perancangannya menggunakan Adobe Flash CS6.
Hasil: Hasil dari perancangan berupa multimedia interaktif pengodean penyakit yang berisi rule, terminologi, struktur ICD-10, contoh soal dan latihan soal. Perancangan menggunakan lima tahap yaitu pembuatan konsep, desain, pengumpulan bahan, assembly, testing dan distribusi.
Kesimpulan: Setelah dilakukan perancangan, bab yang paling sulit dalam ICD-10 menurut mahasiwa D3 Rekam Medis SV UGM adalah Bab XV tentang kehamilan, persalinan dan masa nifas. Perancangan multimedia interaktif pengodean penyakit berdasarkan ICD-10 membutuhkan isi berupa berupa rule bab XV, struktur ICD-10 bab XV, terminologi, contoh soal dan latihan soal yang dirancang dengan Adobe Flash CS6 dengan tahapan perkembangan multimedia menurut Luther (1994). Multimedia interaktif telah diuji cobakan kepada mahasiswa D3 Rekam Medis SV UGM dengan respon multimedia pengodean penyakit berdasarkan ICD-10 bisa dimanfaatkan pada mata kuliah praktek pengodean penyakit.


Keywords


perancangan; multimedia; pengodean penyakit; pembelajaran

Full Text:

PDF


References

Adobe Systems Incorporated. (2012). Overview of the Adobe Flash Professional CS6 Workspace. http://www.georgetownisd.org/cms/lib/TX01001838/Centricity/Domain/781/cs6_p5_flash_workspace.pdf. Diakses tanggal 28 Maret 2017.

Chasanah. (2009). Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Fisika Pokok Bahasan Suhu dan Kalor dengan Macromedia Flash. Tesis. Universitas Gadjah Mada.

Fauzi. (2013). Pengembangan Multimedia Pada Pembelajaran Muatan Lokal Batik di SMK Negeri 4 Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Hatta, G. (2013). Manajemen Informasi Kesehatan di Sarana Pelayanan Kesehatan. Jakerta: UI Press.

Keputusan Menteri Kesehatan RI No.50/MENKES/SK/I/1998 tentang Pemberlakuan Klasifikasi Statistik Internasional Mengenai Penyakit Revisi ke-10 tertanggal 13 Januari 1998. www.depkes.go.id. Diakses tanggal 1 Mei 2017.

Mukhtar dan Iskandar. (2010) Desain Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (Sebuah Orientasi Baru). Jakarta: Gaung Persada (GP) Press Jakarta.

Nuryati. (2015). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Klasifikasi & Kodefikasi Penyakit dan Masalah Terkait. JMIKI Vol 3 (1).

Peraturan Menteri Kesehatan RI No 55 tahun 2013 tentang Pentelenggaraan Pekerjaan Perekam Medis. www.depkes.go.id. Diakses tanggal 1 Januari 2017.

Sutopo. (2003). Multimedia Interaktif Dengan Flash. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suyanto. (2004). Analisis dan Desain Aplikasi Multimedia untuk Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

World Health Organization. (2010). International Statistical of Disease and Related Health Problem Tenth Revision (ICD-10). Geneva: World Health Organization.



DOI: https://doi.org/10.22146/jkesvo.30336

Article Metrics

Abstract views : 1844 | views : 3869

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Jurnal Kesehatan Vokasional

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


site
stats View My Stats