Hubungan Pemanfaatan Media Internet Dengan Sikap Siswa Terhadap Kemampuan dalam Antisipasi Tindak KSA (Kekerasan Seksual Anak) di Pengajian Anak-anak Al-Falaah Blunyahgede Yogyakarta

https://doi.org/10.22146/jkesvo.30334

Indriana Widya Puspitasari(1*), Diah Wulandari(2), Fitra Duhida(3)

(1) Kebidanan Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada
(2) Kebidanan Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada
(3) Kebidanan Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang: Anak dan remaja merupakan masa pencarian jati diri. Internet berperan besar bagi kehidupan mereka sehingga paparan pornografi mudah diterima. Oleh sebab itu, internet menjadi salah satu penyebab KSA (Kekerasan Seksual Anak).
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemanfaatan media internet dengan sikap siswa terhadap kemampuan dalam antisipasi tindak KSA.
Metode: Penelitian ini merupakan studi analitik cross sectional. Populasi target yaitu siswa usia 10-14 tahun, sedangkan populasi terjangkau yaitu seluruh siswa kelas TA PAA Al-Falaah Blunyahgede Yogyakarta. Pengambilan sampel menggunakan Total Sampling sebanyak 34 anak. Penelitian dilakukan pada 8–13 September menggunakan instrumen yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunkan uji Spearman ra nk (α = 5%).
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 34 siswa PAA AL-Falaah 19 anak 55,88% memanfaatkan media internet tinggi dan 20 anak 58,82% memiliki sikap positif terhadap kemampuan dalam antisipasi tindak KSA. Uji korelasi Spearman Rank menujukkan p value 0,047 < 0,05 dan nilai ρ sebesar 0,344. Artinya ada hubungan pemanfaatan media internet dengan sikap siswa terhadap kemampuan dalam antisipasi tindak KSA dengan kekuatan lemah
Kesimpulan: Pemanfaatan media internet berhubungan dengan sikap anak terhadap kemampuan dalam antisispasi tindak KSA namun internet juga memiliki dampak positif bagi penggunanya.


Keywords


pemanfaatan internet; sikap; KSA

Full Text:

PDF


References

Azwar. S. (2010). Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat. (2011). Buku Profil Gender dan Anak 2011. Yogyakarta. Badan Pemberdayaan Perempuan dan masyarakat.

Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat. (2014). Kajian Data Perlindungan Anak dari Kekerasan terhadap Anak 2014. Yogyakarta. Badan Pemberdayaan Perempuan dan masyarakat.

Komisi Nasional Perlindungan Anak. (2011). Database Peningkatan Hak Anak. 2010. Jakarta: Komisi Nasional Perlindungan Anak

Monk, F. J; Knoers, A. M. P; Hadinoto, Siti. R. (2014). Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Gadjah Mada university Press

Ningsih, Nike Putria. (2012). Gambaran Pengetahuan dan Sikap tentang Pelecehan Seksual melalui Internet pada Remaja di tingkat Sekolah Menengah Atas. Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Program Studi Sarjana Universitas Indonesia.

Oh, Hyun Jung; Ozkaya, Elif; LaRose, Robert, (2013). How does online social networking enhance life satisfaction? The relationships among online supportive interaction, affect, perceived social support, sense of community, and life satisfaction. USA. Michigan State University.

Soetjiningsih. (2012). Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC

Sukmadinata, Nana Syodiq. (2003). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda

Tim Edukom. (2006). Pengenalan Internet. Jakarta: CV Sinar Cemerlang.



DOI: https://doi.org/10.22146/jkesvo.30334

Article Metrics

Abstract views : 787 | views : 2251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Jurnal Kesehatan Vokasional

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


site
stats View My Stats