Tingkat Kepuasan Dokter dan Perawat Poliklinik Terhadap Pelayanan Rekam Medis di RSUD dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga

https://doi.org/10.22146/jkesvo.30329

Zain Azmii Nadhiirah Fathoni(1*), Akhmadi Akhmadi(2)

(1) Program Studi Diploma Rekam Medis, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada
(2) Bagian Ilmu Keperawatan FK UGM
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang: Setiap fasilitas kesehatan memiliki berbagai bagian pelayanan yang berkesinambungan satu sama lain dan tidak dapat berdiri sendiri. Setiap pelayanan harus saling melengkapi demi terciptanya mutu pelayanan yang baik untuk penyembuhan pasien. Dalam peningkatan kualitas mutu pelayanan, hubungan antar tenaga kesehatan dalam satu fasilitas kesehatan harus baik. Salah satunya hubungan antara perekam medis dengan dokter dan perawat. Oleh karena itu, penilaian internal oleh dokter dan perawat terhadap pelayanan rekam medis di RSUD dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga sangat dibutuhkan untuk meningkatkan mutu pelayanan rekam medis di rumah sakit tersebut.
Tujuan: Mengetahui tingkat kepuasan dokter dan perawat terhadap pelayanan rekam medis di RSUD dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga berdasarkan dimensi kualitas jasa/ pelayanan.
Metode: Jenis penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif. Responden dari penelitian ini adalah dokter dan perawat poliklinik RSUD dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga berjumlah 42 orang. Teknik pengambilan data menggunakan kuisioner (angket).
Hasil: Hasil dari penelitian ini adalah tingkat kepuasan dokter dan perawat poliklinik terhadap pelayanan rekam medis secara keseluruhan berada dalam kategori cukup puas. Dengan masing-masing persentase pada setiap dimensi yaitu dimensi penampilan sebesar 50,00%, dimensi keandalan sebesar 47,62%, dimensi ketanggapan sebesar 40,48%, dimensi kepastian sebesar 45,24%, dan dimens empati sebesar 42,86%.
Kesimpulan: Setiap dimensi kualitas pelayanan berada dalam kategori cukup puas.
Persentase terendah berada pada dimensi ketanggapan.


Keywords


Tingkat Kepuasan; Rekam Medis

Full Text:

PDF


References

Hatta, G.R. (2010). Pedoman Manajemen Informasi Kesehatan di Sarana Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Universitas Indonesia.

Kemenkes RI. (2013). Undang-Undang Nomor 71 Tahun 2013 tentang pelayanan kesehatan pada jaminan kesehatan nasional. Diakses dari www.depkes.go.id. pada tanggal 11 Januari 2016.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. (2000). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.



DOI: https://doi.org/10.22146/jkesvo.30329

Article Metrics

Abstract views : 628 | views : 1322

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Jurnal Kesehatan Vokasional

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


site
stats View My Stats